Perawatan Tubuh

Cara Cepat dan Efektif Melangsingkan Perut

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Mei 3, 2019 Waktu baca: 2 menit
Cara Cepat dan Efektif Melangsingkan Perut

Menumpuknya Lemak perut yang membuat perut gendut buncit merupakan suatu hal yang sering dikeluhkan baik pada pria maupun wanita. Lemak perut adalah suatu bentuk lemak visceral, yaitu lemak bagian dalam yang menempel pada organ  perut. Selain merusak penampilan, banyak wanita menyadari bahwa lemak perut yang cendrung bertambah menumpuk merupakan "masalah kesehatan" terutama setelah menopause.

Menurut Mayo Clinic, "lemak perut dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes dan beberapa jenis kanker." Lantas, bagaimana cara melangsingkan perut? Berikut tips dan triknya.

Iklan dari HonestDocs
Fat Freezing By Cristal Cryosculpt Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk mengurangi kadar lemak pada tubuh sehingga tubuh lebih langsing dan ideal. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Fat freezing by cristal cryosculpt di genese clinic

Cara melangsingkan perut dengan efektif

1. Perbanyak asupan lemak tak jenuh rantai tunggal (monounsaturated fats)

Menurut Prevention, lemak tak jenuh rantai tunggal dapat membantu menghilangkan lemak perut. Lemak tak jenuh tunggal dapat ditemukan dalam minyak, kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, zaitun, dan coklat.

2. Mempertahankan diet yang sehat

Lemak perut harus diperlakukan sama seperti lemak tempat lain di tubuh. Dalam rangka mengurangi lemak, Anda perlu mengonsumsi kalori lebih sedikit. Makanan sehat dan seimbang rendah kalori dan diet rendah lemak harus mencakup daging tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, lemak sehat dan produk susu rendah lemak.

Kontrol berat badan dimulai dengan mengurangi atau bahkan menghindari makanan pembentuk lemak, seperti makanan penutup dan makanan yang digoreng dengan lemak jenuh. Pastikan makanan Anda mengandung rendah kalori, makanlah makanan yang rendah kalori namun kaya nutrisi, termasuk ikan segar, sayuran, roti gandum dan buah.

3. Rutin latihan fisik

Orang-orang yang kehilangan 10-15 persen dari total berat badan mereka dapat mengurangi lemak visceral hingga 30%. Mayo Clinic menunjukkan bahwa latihan kekuatan bisa efektif dalam mengurangi lemak perut.

Fokus latihan pada otot perut Anda, karena lemak perut berada disekitar otot perut; Lakukan latihan secara stabil yang mencakup setidaknya 30 menit latihan aerobik setiap hari, seperti berjalan, bersepeda, dan berenang. Olahraga anaerob seperti sit up, push up, planking, sikap lilin, atau hula hoop lebih dianjurkan untuk menguatkan otot-otot perut.

4. Tidur 7 jam atau lebih setiap malam

Orang-orang yang gagal untuk cukup istirahat mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan peningkatan nafsu makan. Maka itu, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam supaya terhindar dari kalap makan yang bisa menumpuk lemak berlebih di perut.

5. Minum air putih yang banyak

Minum air putih dapat menekan rasa lapar dipusat otak yang dapat mengurangi penumpukan lemak.

6. Konsumsi obat tertentu

Pengobatan anti kolesterol seperti statin dan fibrat dapat menurunkan kadar lemak darah tubuh yang membantu proses pengecilan perut pada penderita dyslipidemia (lemak tinggi dalam darah). Pada penderita diabetes, konsumsi metformin juga digunakan untuk terapi perut buncit.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to get a flat stomach: 18 tips. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324636.php)
The 30 Best Ways to Get a Flat Stomach. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/get-a-flat-stomach)
10 Flat Belly Tips: How to Beat Bloating. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/features/10-flat-belly-tips)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app