Dyslipidemia - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 682.401 orang

Sering kita mendengar istilah “eh jangan makan telur banyak-banyak, nanti kolesterol”, Sebenarnya istilah kolesterol disini merujuk pada suatu kondisi medis yang disebut Dislipidemia. Dislipidemia sendiri adalah kelompok gangguan yang ditandai dengan perubahan lipid plasma atau lipoprotein, termasuk dua yang kita kenal: kolesterol dan trigliserida.

Menurut American Heart Association target kolesterol untuk orang dewasa berusia di atas 20 tahun adalah memiliki kadar kolesterol di bawah 200 miligram per desiliter (mg / dL). Namun, hampir 99 juta orang Amerika diperkirakan memiliki kadar kolesterol total darah lebih tinggi dari kisaran "normal" ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa orang dengan kolesterol total tinggi memiliki risiko dua kali lebih tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan orang dengan tingkat kolesterol yang ideal. Tapi kurang dari setengah orang dewasa dengan kolesterol LDL tinggi mendapatkan pengobatan untuk menurunkan kadar kolesterol dlam upaya mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.  

Penyebab Dislipidemia

Apa penyebab Dislipidemia yang paling umum (kolesterol tinggi atau trigliserida tinggi)?Tingginya kadar kolesterol dan trigliserida disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu genetik dan gaya hidup yang tidak sehat- seperti makan makanan olahan yang mengandung tinggi gula dan tinggi lemak, minum obat tertentu, dan kurangannya beraktivitas.

Jika seseorang didiagnosa Dislipidemia  para ahli sepakat bahwa membuat perubahan gaya hidup untuk mencegah komplikasi lebih lanjut harus menjadi prioritas utama. Pengobatan alami untuk dislipidemia dapat meliputi:  

  • Menurunkan tingkat peradangan (menurunkan kolesterol pada pembuluh darah, karena beresiko mengakibatkan stroke)
  • Memperbaiki diet Anda dan berolahraga secara teratur
  • Mengelola sumber stres fisik dan mental

Macam-macam Kolesterol

Mungkin Anda berpikir jika tingkat kolesterol Anda tinggi, maka sudah pasti hal ini adalah suatu berita buruk. Namun ternyata ada beberapa macam kolesterol, karena tidak semua kolesterol memiliki efek yang buruk pada kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi pada darah.

1. Kolesterol LDL
Kolesterol LDL dianggap sebagai jenis kolesterol "buruk". Karena kolesterol LDL bisa membentuk gumpalan atau plak di dinding arteri Anda. Terlalu banyak plak di arteri jantung Anda bisa menyebabkan serangan jantung.

2. Kolesterol HDL
HDL adalah kolesterol "baik" karena membantu mengeluarkan LDL dari darah Anda. HDL merupakan jenis kolesterol yang jika nilainya rendah, maka merupakan suatu pertanda yang buruk

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

3. Trigliserida
Trigliserida merupakan cadangan makanan yang terbentuk dari kalori yang Anda makan . Trigliserida disimpan dalam sel lemak. Trigliserida dilepaskan sebagai energi saat Anda membutuhkannya.

Jika Anda makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar, Anda bisa mendapatkan penumpukan trigliserida dan tentu saja penumpukan lemak yang berlebihan bukan merupakan hal yang baik.

Komplikasi akibat Dislipidemia

  • Berresiko terkena penyakit jantung. Hyperlipidemia, yang dapat menyebabkan pembentukan plak di dalam pembuluh darah (plak aterosklerotik), yang berkontribusi terhadap penyebab penyakit jantung koroner (CAD)
  • Memiliki kadar kolesterol HDL dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi
  • Saat trigliserida sangat tinggi, risiko pankreatitis dan hepatosplenomegali lebih tinggi 

Tips menurunkan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat penurun kolesterol seperti statin atau teh-teh herbal, namun mengkonsumsi obat penurun kolesterol tanpa melakukan perubahan gaya hidup, sama halnya dengan mengobati suatu gejala penyakit tanpa mengobati sumber penyebab penyakit tersebut.

Oleh karena itu 3 hal di bawah ini, diyakini bisa menurunkan kadar kolesterol lebih baik daripada penggunaan obat penurun kolesterol. Yaitu :

  • Pilih Makanan Sehat Konsumsi makanan sehat mutlak diperlukan, karena asal mula kolesterol tinggi pada seseorang adalah berasal dari makanan. Jadi kita harus selektif dalam hal memilih makanan yakni yang dapat menjaga kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.
  • Berikut makanan yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol: Buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan dan sayuran kaya akan serat makanan, yang berperan memperlancar pencernaan dan dapat membantu menurunkan Kolesterol.
  • Turunkan Berat Badan Langkah ini diperlukan bagi mereka yang memiliki berat badan lebih atau bahkan obesitas (cek di kalkulator berat badan apakah Anda kelebihan berat badan).
  • Target kita adalah mencapai berat badan ideal. Hal ini penting karena menurukan berat badan sebanyak 5 sampai 10 persen dapat membantu menurunkan kolesterol secara signifikan.
  • Olah Raga (Exercise) Tanpa memandang berat  badan Anda, olahraga tetap penting sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol. Dan untungnya lagi, olah raga sedang dapat membantu meningkatkan High-Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.
  • Lakukan oleh raga setidaknya 30 menit setiap hari. Hal ini juga akan membantu Anda menurunkan berat badan yang juga berperang siginifikan dalam menurunkan kolesterol tinggi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit