Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Cara Cepat Kikis Lemak di Tubuh

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.319.334 orang

Cara Cepat Kikis Lemak di Tubuh

Diet kilat memang efektif mengusir lemak, namun berat badan akan kembali seperti sebelum diet, atau malah mengalami kenaikan, begitu asupan makanan kembali ke porsi normal. Anda mungkin seringkali mengalami hal ini. Melelahkan, bukan? Tapi tenang, ada cara lebih efektif untuk menurunkan berat badan yang tahan lama. Sebenarnya, cara untuk menghilangkan tumpukan lemak ada beragam dan dapat disesuaikan dengan kekuatan setiap orang. Namun, sembilan cara ini bisa diterapkan oleh hampir semua orang. Hasilnya? Tentu saja lebih efektif asal Anda menjalankannya dengan disiplin. 

1.Hindari timbangan
Saat sedang berusaha menurunkan berat badan, Anda akan cenderung ingin mengecek berat badan Anda terus-menerus. Hindari dorongan hati ini. Jauhi timbangan dalam waktu yang lama. Lagipula, komposisi tubuh dan apa yang terlihat dari luar lebih penting daripada angka di atas timbangan. Lemak yang sudah berkurang dan digantikan otot biasanya akan dihitung sama di atas timbangan, jadi apa gunanya Anda terpaku pada timbangan selain sebagai bimbingan Anda sesekali saja? Jadikan tampilan Anda dalam pantulan cermin, perasaan Anda serta muat  tidaknya pakaian Anda sebagai indicator keberhasilan menghilangkan lemak.

2.Secara bertahap namun pasti, kurangi asupan kalori.
Jangan dengan sengaja menghilangkan kalori dalam jumlah besar sekaligus karena hal ini akan membuat tubuh Anda ada dalam kondisi kelaparan, sehingga metabolism melambat dan hasilnya tubuh jadi lebih sulit untuk membakar lemak. Adakan evaluasi setiap minggu atas upaya Anda membatasi jumlah kalori, apakah jumlah kalori yang Anda pangkas sudah cukup, berlebihan atau perlu ditambah.

3.Variasikan asupan kalori yang Anda terima
Dengan memvariasikan porsi kalori setiaphari, Anda tidak mematikan kemampuan metabolism tubuh untuk membakar lemak. Jangan mengonsumsi total kalori yang sama setiap harinya agar tubuh tidak kekurangan energi yang dibutuhkan. Jika jumlah kalori yang dikonsumsi setiap harinya ada dalam jumlah yang sama, hormon dalam tubuh dapat merendahkan laju metabolism sehingga tubuh tidak bias membakar terlalu banyak lemak. Anda harus mempertahankan level hormon leptin dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan berkalori tinggi pada beberapa hari, lalu kalori rendah di hari-hari lain.

4.Lakukan olahraga angkat beban
Olahraga ketahanan tubuh akan lebih cepat membantu penurunan kadar lemak. Olahraga angkat berat sendiri membantu membakar kalori lebih efektif dibandingkan dengan olahraga aerobik yang lebih baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dengan latihan angkat berat, kalori yang dibakar di dalam tubuh dapat terbakar bahkan hingga 39 jam setelah latihan fisik. Otot yang terbentuk dalam tubuh akan membantu pembakaran kalori setiap harinya.

5.Lakukan olahraga interval tinggi
Lakukan lompat tali segera setelah pemanasan selama 10 hingga 20 detik diikuti dengan setengah menit mengayuh sepeda statis. Jika Anda baru memulai latihan fisik ini, mulailah dengan melakukan kardio dengan intensitas rendah.

6.Konsumsilah lemak sehat
Lemak sehat dapat membantu mengurangi risiko negatif lemak jahat, membangun dan membuat otot lebih cepat pulih setelah berolahraga. Selain itu, lemak sehat ini juga baik bagi jantung. Lemak sehat dapat diperoleh dari ikan, kacang, selai kacang, minyakzaitun, kuning telur dan minyak ikan.


7.Kurangi konsumsi karbohidrat
Mengurangi kandungan karbohidrat terutama gula dan zat tepung, akan membantu mengikis lemaktubuh. Dapatkan karbohidrat dari sumber yang baik seperti gandum utuh dan sayur. Atur juga kapan Anda mengonsumsi karbohidrat, seperti hanya di pagi hari dan di sekitar jam-jam berolahraga saja. Stoplah mengonsumsi karbohidrat di atas pukul tiga sore.

8.Tambah asupan protein
Menambah protein berarti menambah cepat metabolism dan membantu menyeimbangkan massa otot. Keduanya ini membantu proses pembakaran lemak. Tubuh secara alami membakar lebih banyak kalori saat Anda mengonsumsi lebih banyak protein.


9.Konsumsilah enam porsi kecil makanan sehari, bukan dua-tiga kali makan besar. 
Pengaturan makan seperti ini dapat menghindarkan rasa lapar di jam-jam kritis seperti pukul 11 pagi dan empat sore, yang biasanya Anda atasi dengan camilan. Selain itu, pola makan seperti ini akan membuat laju metabolism tubuh bertambah dan menghindarkan tubuh dari kondisi kelaparan. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Deffy Laksani Anggar Sari

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit