HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Cara Benar Menyikat Gigi (2)

Dipublish tanggal: Agu 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 24, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Benar Menyikat Gigi (2)

Menyikat gigi merupakan kebiasaan sederhana yang dilakukan dua kali setiap hari, yaitu saat pagi dan menjelang tidur. Dengan menyikat gigi secara teratur dan benar maka kesehatan gigi dan mulut akan terjaga. 

Beberapa masalah gigi dapat dicegah dengan menyikat gigi seperti kerusakan gigi, penyakit gusi, dan bau mulut. Plak penyebab bau mulut dan sisa makanan akan dibersihkan saat Anda menyikat gigi. Sudah benarkah cara menyikat gigi Anda?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Langkah menyikat gigi yang baik dan benar

Untuk mendapatkan gigi dan mulut yang sehat, perlu usaha untuk membuatnya bersih dan terbebas dari kuman. Salah satu langkah sederhana dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan menyikat gigi. 

Namun, terkadang cara menyikat gigi yang dilakukan saat menyikat gigi salah dan berujung pada terlukanya jaringan yang ada di sekitar gigi seperti gusi, dan lain-lain. 

Menggosok gigi yang baik dan benar perlu diterapkan agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga. Sebelum menyikat gigi, sebaiknya Anda melakukan flossing gigi dan menyikat lidah terlebih dahulu. 

Flossing gigi merupakan tahap awal membersihkan gigi. Flossing gigi adalah kegiatan membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi menggunakan benang gigi atau dental floss. 

Banyak orang yang menganggap bahwa flossing gigi merupakan kegiatan yang membuang-buang waktu. Namun jika Anda tahu manfaatnya tentu Anda tak akan meninggalkan kebiasaan baik ini. 

Flossing gigi dapat membantu mencegah timbulnya timbunan plak di permukaan gigi. Plak merupakan salah satu penyebab terjadinya karang gigi

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain flossing, hal yang tak boleh ketinggalan adalah menyikat lidah. Lidah merupakan salah satu bagian mulut yang rawan bakteri. Menyikat lidah dapat membantu untuk menghilangkan bakteri anaerob yang menjadi penyebab dari bau mulut tak sedap. 

Anda dapat menyikat lidah dengan bagian bulu sikat gigi yang halus. Anda perlu berhati-hati agar tidak terlalu keras menggosok lidah dan menyebabkan luka. 

Untuk sikat gigi, pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut dan tidak terlalu kaku. Selain itu pilih sikat gigi yang memiliki kepala sikat yang kecil sehingga mudah menjangkau bagian gigi yang paling belakang. Pilih juga sikat gigi yang memiliki pegangan yang nyaman. 

Sedangkan untuk pasta gigi, pilih pasta gigi yang tepat sesuai dengan kondisi dan keadaan gigi dan gusi Anda. Jika Anda memiliki kondisi gigi yang sensitif, maka pilih pasta gigi khusus untuk gigi sensitif

Jika gigi Anda normal, maka pilih pasta gigi yang mengandung fluoride atau mengandung bahan-bahan alami yang dapat menjaga kesegaran dan kesehatan gigi dan mulut. 

Jika semua sudah lengkap, Anda dapat memulai sikat gigi dengan langkah yang baik dan benar.

  • Letakkan bulu sikat gigi pada permukaan gigi yang dimulai dari bagian gigi yang terletak paling dekat dengan gusi dengan membentuk sudut 45 derajat. Anda dapat menyikat gigi dengan pola gerakan melingkar dari atas ke bawah secara lembut dan berhati-hati. 
  • Mulai sikat gigi Anda dari bagian gigi geraham atas atau gigi belakang di salah satu sisi mulut menuju ke bagian depan. Sikat gigi secara perlahan dan menyeluruh, sehingga sisa makanan dan plak dapat hilang.
  • Bagian permukaan dalam gigi depan dapat dibersihkan dengan memegang sikat gigi secara vertikal atau menggunakan ujung kepala sikat gigi. sikat gigi dengan pola melingkar dari bagian tepi gusi sampai atas gigi.
  • Ubah pola menyikat gigi Anda agar seluruh bagian gigi dapat dibersihkan.
  • Sikat gigi selama 2-3 menit sampai Anda membersihkan seluruh bagian gigi.
  • Jika sudah bersih, berkumur dan bersihkan mulut dengan menggunakan air bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, sikat gigi dengan perlahan dan jangan terlalu keras. Jika menyikat gigi terlalu keras, lapisan gigi dan gusi akan terkikis dan terluka. Jika lapisan enamel gigi sampai terkikis, Anda dapat mengalami gigi sensitif. 

Bagi Anda yang menggunakan sikat gigi elektrik, Anda dapat menggunakan sikat gigi dengan memiringkan sikat gigi dengan sudut 45 derajat ke arah gusi. Gerakkan sikat gigi secara perlahan pada permukaan gigi. Sikat gigi Anda selama paling tidak 5 detik di setiap gigi. 


9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app