GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Cara Ampuh Mengobati Jerawat dengan Bahan Alami

Dipublish tanggal: Agu 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Ampuh Mengobati Jerawat dengan Bahan Alami

Memiliki jerawat di wajah tentu sangat menyebalkan. Apalagi jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering dialami oleh remaja kebanyakan, baik wanita maupun pria. Bahkan terkadang kehadiran jerawat juga dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dengan penampilan wajahnya.

Selain membersihkan wajah secara rutin dengan sabuh muka berbahan lembut terutama setelah pemakaian make up dan berkeringat, Anda juga perlu menggunakan pelembab yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah munculnya jerawat pada wajah. Tak hanya itu, penggunaan sunscreen atau tabir surya juga disarankan untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kesehatan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 2

Baca juga: Cara Menyimpan Produk Skincare dengan Benar

Tetapi ternyata penggunaan berbagai jenis skincare yang bersifat menjaga kesehatan kulit termasuk mencegah munculnya masalah kulit tidak sepenuhnya menjamin kulit Anda bersih dari komedo ataupun jerawat. Maka terkadang jerawat dapat muncul ketika Anda kurang merawat dan menjaga kebersihan wajah.

Sebenarnya ada beragam cara untuk mengobati jerawat yang membandel pada wajah, entah dengan perawatan wajah di dokter kulit atau cukup dengan penggunaan bahan alami dalam masker atau produk perawatan wajah yang bisa digunakan sehari-hari. Lantas, bagaimana cara mengobati jerawat yang ampuh dengan menggunakan bahan alami?

Cara ampuh mengobati jerawat dengan bahan alami

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat. Kandungan polifenol pada lidah buaya (aloe vera) memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat pada kulit jika digunakan secara teratur. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil gel lidah buaya dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Putih Telur

Putih telur kaya akan kandungan lisozim yang dapat dijadikan sebagai bahan alami yang efektif untuk menghilangkan jerawat karena dapat membantu meredakan peradangan akibat jerawat. Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu memisahkan putih telur dengan kuningnya dan beri tambahan perasan air lemon lalu gunakan sebagai masker wajah. Diamkan sekitar 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.

Bawang Putih

Zat sulfur dipercaya sangat efektif untuk membantu menghilangkan jerawat dalam waktu singkat, bahkan Anda dapat dengan mudah menemukan zat yang satu ini pada bawang putih yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur. Caranya hanya perlu menempelkan potongan bawang putih ke bagian yang berjerawat, tunggu selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Baca juga: Cara Gunakan Pelembap Agar Kulit Cerah dan Bebas Jerawat

Mentimun

Tak hanya kaya akan kandungan antioksidan saja, mentimun juga memiliki kandungan asam amino dan vitamin yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat dalam waktu singkat. Pastikan Anda menggunakan masker mentimun secara teratur untuk mendapatkan kulit wajah yang kembali bersih tanpa bekas jerawat.

Air Lemon

Buah lemon juga kaya akan kandungan asam askorbat yang efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan jerawat sekaligus membantu menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Caranya dengan mengambil perasan air lemon dan oleskan pada bagian kulit yang berjerawat. Tunggu hingga 10-15 menit lalu cuci wajah dengan air bersih.

Es Batu

Bagi Anda yang ingin menghilangkan jerawat dalam waktu singkat, maka es batu merupakan solusi terbaik yang bisa dipilih. Pasalnya es batu sangat efektif untuk mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan karena jerawat. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menempelkan es batu pada kulit yang berjerawat selama beberapa saat hingga terasa dingin di kulit wajah.

Baca juga: Cara Aman Memencet Jerawat

Pasta Gigi

Nah bagi Anda yang bingung mencari cara menghilangkan jerawat dalam waktu singkat, maka pasta gigi dapat menjadi solusi terbaik yang bisa dicoba. Sebab dalam pasta gigi terdapat kandungan hidrogen, fluoride, dan triclosan yang efektif untuk mencegah timbulnya iritasi pada kulit. Tak hanya itu, pasta gigi juga efektif untuk mengeringkan jerawat yang meradang.

Alpukat

Tak hanya lezat saat dimakan dan bermanfaat bagi kesehatan, ternyata alpukat juga menjadi salah satu buah yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat dalam waktu singkat. Terlebih lagi alpukat kaya akan kandungan vitamin E yang mampu membantu kulit menjadi lebih lembut sekaligus mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat. Anda dapat menggunakan alpukat sebagai bahan alami masker wajah.

Berbagai jenis bahan alami di atas dapat Anda coba untuk membantu menghilangkan jerawat pada wajah dalam waktu singkat. Meski ada banyak sekali obat jerawat yang dijual di pasaran, namun penggunaan bahan alami tentunya akan lebih aman untuk digunakan karena tidak menimbulkan efek samping. Pastikan Anda menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tuntas

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
6 Natural Remedies for Acne That Actually Work. Byrdie. (Accessed via: https://www.byrdie.com/natural-remedies-for-acne)
The top 10 home remedies for acne, according to dermatologists. TODAY. (Accessed via: https://www.today.com/style/top-10-home-remedies-acne-according-dermatologists-t145253)
12 Surprising Home Remedies for Acne. The Healthy. (Accessed via: https://www.thehealthy.com/skin-health/acne/home-remedies-for-acne/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app