Cara Ampuh Kecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Ampuh Kecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang mulus, bersih dan bebas dari pori-pori yang membesar. Selama ini pori-pori yang membesar menjadi salah satu masalah pada kulit wajah wanita. Lalu bagaimana solusi mengecilkan pori-pori wajah tersebut? Yuk simak penjelasan dan tipsnya berikut ini.

Sekilas Mengenai Pori-Pori Wajah

Pori-pori merupakan saluran yang berfungsi untuk mengalirkan kelenjar minyak dan kelenjar keringat menuju ke permukaan kulit. Salah satu manfaatnya yaitu menjaga kondisi tubuh dari perubahan lingkungan supaya suhu tubuh tetap seimbang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pori-pori pada wajah dapat menghasilkan sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak serta membantu menyerap skin cara yang dipakai pada wajah. Bila anda mempunyai pori-pori yang bersih serta tidak tersumbat maka kulit akan mudah menyerap bahan aktif dari skin care sehingga pemakaian skin care menjadi lebih efektif.

Faktor yang Berpengaruh Pada Pori-Pori Wajah

Perlu anda ketahui bahwa kondisi pori-pori wajah seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya sebagai berikut.

Genetik

Genetik ternyata berpengaruh pada kesehatan seseorang secara menyeluruh termasuk pori-pori wajah. Bila orang tua, kakek, nenek dan anggota keluarga lainnya mempunyai pori-pori yang besar maka anda juga akan mempunyainya. Faktor genetik ini tidak dapat diubah dan akan tetap begitu sampai anda dewasa.

Sekresi Sebum

Ukuran pori-pori yang berbeda pada setiap orang disebabkan oleh seberapa banyak minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebum. Dengan demikian jenis kulit kering biasanya memiliki pori-pori yang kecil dibandingkan pemilik wajah berminyak.

Elastisitas Kulit

Semakin tua seseorang maka elastisitas kulitnya juga semakin berkurang sehingga membuat pori-pori wajah semakin terlihat.

Adakah Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah yang Ampuh ?

Sebetulnya pori-pori bisa bukanlah otot yang bisa dibesarkan maupun dikecilkan. Tetapi berbagai perawatan rumahan maupun media bisa memperbaiki tampilan pori-pori. Meskipun tidak bersifat permanen tetapi bila perawatan tersebut tidak dilakukan lagi maka tampilan pori-pori akan kembali seperti semula.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara Memperbaiki Tampilan Pori-Pori Pada Kulit Wajah

Untuk memperbaiki tampilan pori-pori wajah maka anda perlu memperhatikan perawatan wajah sehari-hari. Upayakan merawat wajah secara rutin dan tepat yang disesuaikan dengan jenis kulit. Untuk kulit berminyak pilih produk perawatan non-komedogenik serta bebas minyak lalu pakailah pelembab secara rutin agar elastisitas kulit tetap terjaga.

Lakukan pula eksfoliasi secara rutin agar kulit terbebas dari kotoran yang menyumbat maupun sel-sel kulit mati. Dengan begitu maka pori-pori kulit wajah akan terlihat bersih dan semakin mengecil. 

Selain itu anda bisa menggunakan perawatan wajah melalui dokter di klinik dermatologis. Pastikan dokter tersebut merupakan spesialis kulit dan kelamin lalu berkompeten dan bersertifikat sesuai dengan bidangnya.

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Bahan Alami

Selama ini banyak dari anda yang memilih bahan alami untuk merawat kulit wajah. Padahal bahan alami tersebut belum tentu sepenuhnya aman bagi kulit wajah anda. Bagi pemilik wajah tidak sensitif terhadap bahan-bahan alami maka anda bisa memakai bahan alami karena tidak begitu berdampak pada kulit anda. 

Namun bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya perlu waspada karena bahan alami kemungkinan bisa menimbulkan masalah baru pada kulit wajah.

Saat ini berbagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami bisa anda temukan secara mudah melalui media sosial atau internet. Namun cara-cara tersebut masih banyak yang belum terbukti secara ilmiah sehingga anda perlu berhati-hati ketika akan memakai bahan alami untuk merawat kulit wajah.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Meier L, et al. (2012). Clay jojoba oil facial mask for lesioned skin and mild acne — Results of a prospective, observational pilot study. DOI: (https://doi.org/10.1159/000338076)
Jung YR, et al. (2017). Hyaluronic acid decreases lipid synthesis in sebaceous glands. DOI: (https://doi.org/10.1016/j.jid.2017.01.017)
Han X, et al. (2017). Anti-inflammatory activity of clove (eugenia caryophyllata) essential oil in human dermal fibroblasts. DOI: (http://dx.doi.org/10.1080/13880209.2017.1314513)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app