Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN
Perawatan Tubuh

4 Cara Alami Menghilangkan Varises Tanpa Obat

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.155.108 orang

4 Cara Alami Menghilangkan Varises Tanpa Obat

Munculnya guratan berwarna biru kehijauan yang sedikit menonjol pada kaki merupakan pertanda Anda mengalami varises di kaki. Kondisi ini tentunya bikin Anda jadi tidak percaya diri, apalagi jika kesehariannya Anda sering memakai rok atau celana pendek. Bahkan terkadang juga menimbulkan rasa tidak nyaman atau nyeri. Lalu, adakah cara alami mengatasi varises di kaki dengan mudah di rumah? Berikut informasi lengkapnya.

Penyebab dan bahaya varises bila tidak ditangani dengan benar

Varises terjadi ketika aliran darah masuk ke kaki dan gagal kembali ke jantung. Hal ini disebabkan karena katup vena yang berperan untuk mengangkut darah ke jantung tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, tekanan pembuluh darah vena di kaki jadi meningkat dan memicu varises.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Varises sebetulnya bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, tapi lebih sering muncul di betis. Hal ini dikarenakan betis atau kaki terletak jauh dari jantung, sehingga gaya gravitasinya jauh lebih besar daripada bagian tubuh yang lain.

Karena gaya gravitasinya lebih besar, maka darah akan semakin sulit kembali ke jantung. Maka tidak heran jika varises lebih sering muncul di kaki.

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko varises, mulai dari riwayat varises dalam keluarga hingga faktor usia. Semakin bertambahnya usia, katup pembuluh darah semakin lemah dan fungsinya menurun. Alhasil, orang yang berusia tua lebih rentan terkena varises daripada orang usia muda.

Masalah varises juga rentan dialami oleh ibu hamil. Semakin bertambahnya usia kehamilan, janin akan semakin tumbuh dan memberikan tekanan berlebih pada pembuluh darah di kaki. Ini sama halnya dengan orang-orang yang mengalami kegemukan atau obesitas.

Bila dilihat dari jenis kelamin, wanita ternyata lebih berisiko terkena varises daripada pria. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai perubahan hormon yang terjadi terutama saat menstruasi, kehamilan, hingga menopause.

Perubahan hormon dalam tubuh dapat melemahkan dinding dan katup pembuluh darah vena. Jika varises terus dibiarkan, perlahan akan terjadi kebocoran ke pergelangan kaki dan memicu pembengkakan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Varises juga membuat orang yang menderitanya sering mengalami kram saat malam hari. Selain itu, varises yang tak segera diobati juga menyebabkan nyeri, pembengkakan, bahkan perdarahan.

Baca Juga: Penyebab Varises Setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Cara alami menghilangkan varises di kaki

Anda tidak perlu khawatir jika memiliki varises. Pasalnya, Anda bisa mencegah varises menjadi lebih buruk dengan menjalani operasi atau terapi laser untuk menghilangkan varises. 

Bila tak ingin menempuh jalan operasi atau laser, tenang, ada beberapa cara alami menghilangkan varises yang bisa Anda lakukan di rumah, antara lain:

1. Rajin berolahraga

Olahraga dapat melancarkan sirkulasi darah di kaki Anda yang terdapat varises. Dengan berolahraga, pembuluh darah akan bergerak memompa darah kembali ke jantung dengan efisien sehingga pembengkakan dan varises akan berkurang.

Dari sekian banyak jenis olahraga yang ada, awali dengan olahraga yang ringan terlebih dahulu, misalnya bersepeda atau berenang. Kedua olahraga tersebut dapat membantu menguatkan dan merenggangkan pembuluh darah di kaki, sehingga varises bisa berkurang secara bertahap.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Namun, bila Anda merasakan sakit saat berolahraga, segera turunkan intensitas Anda. Yang terpenting, Anda harus lebih banyak bergerak agar aliran darah di kaki Anda lancar.

2. Menjaga berat badan ideal

Kegemukan dan obesitas merupakan penyebab varises yang paling umum. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga berat badan tetap ideal untuk menghindari atau menghilangkan varises. 

Berat badan yang ideal akan membantu mengurangi tekanan pada kaki, sehingga aliran darah jadi lebih lancar. Hati-hati, varises yang disebabkan karena obesitas cenderung lebih sulit untuk disembuhkan karena pembuluh vena telanjur melebar dan lebih meradang. Maka itu, Anda perlu menghindarinya dari sekarang sebelum terlambat.

3. Pakai minyak zaitun

Minyak zaitun bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu cara alami mengatasi varises. Minyak zaitun diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi pembesaran pembuluh darah sekaligus membantu melancarkan aliran darah.

Cukup oleskan minyak zaitun secukupnya pada area kulit yang terdapat varises. Selanjutnya, minyak tersebut akan diserap oleh kulit dan perlahan meningkatkan aliran darah pada pembuluh vena.

4. Menjaga asupan makanan

Yang tak kalah penting, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi setiap hari. Penuhi kebutuhan gizi lengkap seperti karbohidrat, protein, serat, dan lemak dalam menu makanan Anda.

Selain itu, batasi juga asupan gula, garam, dan lemak jenuh dari makanan. Hindari pula kafein, alkohol, dan makanan olahan karena bisa menyebabkan kerusakan arteri.

Baca Juga: 6 Tindakan Medis untuk Menghilangkan Varises

Referensi

Mayo Clinic. (2019). Varicose Veins.

Medical News today. (2018). Home Remedies for Varicose Veins.

Dr. Axe. (2016). How to Get Rid of Varicose Veins with 5 Natural Remedies.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit