Perawatan Wajah

Cara Alami & Medis Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Dipublish tanggal: Feb 27, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jul 30, 2019 Waktu baca: 3 menit
Cara Alami & Medis Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat bisa dikatakan sebagai hal yang paling tidak diharapkan muncul pada wajah setiap orang, baik pria maupun wanita. Walaupun jerawat adalah hal lumrah dan umum yang terjadi pada setiap kulit wajah manusia, namun kehadirannya dapat mengganggu kualitas hidup seseorang. 

Jerawat biasanya ditimbulkan oleh beberapa faktor seperti perubahan hormonal, kurang bersihnya seseorang merawat kebersihan wajahnya, faktor makanan seperti konsumsi minyak berlebih, faktor lingkungan sekitar seperti polusi udara, dan sebagainya. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Namun saat jerawat sudah muncul di wajah, pastinya sebagian besar dari Anda tidak akan tahan melihatnya dan cenderung ingin memencet jerawat tersebut agar jerawat cepat menghilang. Tahukah Anda bahwa dengan memencet jerawat justru akan menimbulkan bekas jerawat yang lebih sulit untuk dihilangkan di kemudian hari? 

Anda tidak perlu khawatir, terdapat beberapa pilihan alternatif baik secara alami atau medis dalam menghilangkan bekas jerawat.

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

Jika Anda ingin menghilangkan bekas jerawaT tanpa merogoh kocek mahal, Anda bisa menggunakan beberapa pilihan cara alami dibawah ini untuk menghilangkan bekas jerawatmu. 

Selain harganya yang murah, bahan-bahan yang diperlukan pun dapat ditemui dengan mudah di lingkungan sekitarmu. Walaupun perawatan alami cenderung memakan waktu lebih lama dalam menghilangkan bekas jerawatmu, perawatan alami dibawah ini tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan kulit wajahmu. 

Adapun beberapa bahan dan cara alami yang dimaksud adalah:

1. Menggunakan Lemon

Perasan Air Lemon merupakan cara paling ampuh dan super cepat dalam mengatasi bekas jerawat yang membandel di wajah. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Vitamin C yang sangat tinggi dalam buah lemon dapat membantu kulit dalam memproduksi dan membentuk kolagen dengan lebih cepat dan merangsang sel kulit baru, sehingga lemon sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan warna kulit wajah. 

Anda cukup memeras air lemon pada kapas, tempelkan kapas tersebut pada bekas jerawatnmu, diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih yang hangat. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

2. Menggunakan Kulit Jeruk

Di dalam kulit jeruk terdapat kadar vitamin C dan asam alpha hidroksi yang cukup tinggi dan terbukti mampu membersihkan pori–pori kulit yang tersumbat oleh debu dan kotoran. Selain itu, senyawa ini juga dapat mengangkat sel kulit mati. Jika digunakan secara rutin, kulit jeruk dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. 

Caranya yaitu dengan mengeringkan kulit jeruk dibawah paparan sinar matahari selama beberapa hari sampai benar-benar kering, tumbuk kulit jeruk hingga halus dan menjadi bubuk, tambahkan air pada bubuk kulit jeruk hingga seperti masker, lalu oleskan pada bekas jerawatmu selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Menggunakan Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Efek antiseptik madu dapat mengurangi peradangan pada wajah dan melembabkan kulit. Madu sangat cocok digunakan pada semua jenis kulit, terutama kulit sensitif

Cara penggunaan madu bisa dibilang sangat mudah, hanya perlu mengolesi bekas jerawat dengan tetesan madu, diamkan sampai kering, dan bilas dengan air hangat. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Selain itu, Anda bisa membuat campuran antara madu dengan aspirin. Meskipun aspirin bukanlah bahan alami tetapi, namun berguna untuk penggunaan dengan madu dapat menyingkirkan bekas jerawat. Asam salisilat dalam aspirin akan memberikan efek pengelupasan kulit yang sempurna.

Cara Medis Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain cara-cara alamiah, bagi Anda yang tidak sabaran menghilangkan bekas jerawat, Anda bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini untuk mendapatkan hasil yang lebih instan namun harus berada di bawah pengawasan dokter kulit.

1. Menggunakan Krim Pemudar Tropikal

Apabila bekas jerawat memerah dan tak kunjung membaik, krim tropikal kortison umumnya akan diresepkan dokter kulit untuk mengurangi kemerahan dan menenangkan iritasi kulit. Krim muka dengan retinoid atau silikon dapat membantu memperbaiki tampilan atau bekas jerawat. 

2. Chemical Peel

Chemical peel umumnya digunakan untuk mengobati kerusakan kulit akibat sinar matahari yang menimbulkan bekas jerawat. Dalam prosedur ini, dermatologis atau dokter akan mengoleskan bahan kimia ke kulit wajahmu. 

Setelah beberapa saat, dokter Anda akan mengangkat bahan kimia tersebut yang secara otomatis akan mengangkat lapisan teratas kulit. Ketika kulit baru terbentuk, bekas luka jerawat dapat berkurang dan menjadi tampak samar-samar. 

3. Cosmetic Fillers

Cosmetic fillers adalah prosedur kecantikan di mana dermatologis ataupun dokter akan menyuntikkan fillers ke bawah kulit untuk menyuplai kolagen ke area yang bermasalah sehingga bekas dan noda jerawat dapat lebih samar dan menghilang. Pengobatan ini bersifat sementara dan efeknya dapat menghilang dalam 1 tahun.

Demikianlah beberapa cara yang dapat menjadi pilhan alternatif Anda untuk menghilangkan bekas jerawat. Anda sebaiknya mengonsultasikan keadaan wajah dengan dokter Anda, untuk mengetahui cara medis yang cocok untuk perawatan muka Anda. 

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vijaya, K., Nishteswar, K. (2012). Wound healing activity of honey: A pilot study. AYU, 33(3), 374-377 (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3665090/)
Valeron-Almazan, P., Gomez-Duaso, A., Santana-Molina, N., Garcia-Bello, M., Carretero, G. (2015, June). Evolution of post-surgical scars treated with pure rosehip seed oil. Journal of Cosmetics, Dermatological Sciences and Applications, 5(2), 161-67 (http://www.scirp.org/journal/PaperInformation.aspx?paperID=57497)
Oryan, A., Mohammadalipour, A., Moshiri, A., Tabandeh, M. (2014, July 4). Topical application of aloe vera accelerated wound healing, modeling and remodeling: An experimental study with significant clinical value. Annals of Plastic Surgery (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25003428)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app