Ayo Ketahui Tips-tips Agar Bisa Cepat Hamil

Dipublish tanggal: Feb 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ayo Ketahui Tips-tips Agar Bisa Cepat Hamil

Mungkin bagi Anda sebagai seorang wanita yang baru saja menikah, pasti mengidam-idamkan  memiliki seorang anak, lebih tepatnya ingin segera memiliki momongan atau hamil, atau mungkin Anda berharap bisa memiliki bayi dalam waktu dekat atau dalam satu tahun ini. 

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil dengan cepat serta beberapa panduan tentang kapan harus khawatir tentang kemungkinan masalah kesuburan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

1. Datanglah ke Dokter Kandungan

Anda lebih mungkin mengalami kehamilan yang sukses saat tubuh Anda memenuhi kriteria. Jadwalkan pemeriksaan prakonsepsi dengan dokter atau bidan untuk mengetahui apakah Anda dalam kritetia yang tepat untuk program hamil dan untuk mengetahui perubahan apa yang bisa membantu.

2. Rencanakan kehamilan yang sehat

Mulailah mengkonsumsi asam folat setidaknya satu bulan sebelum Anda mulai mencoba untuk hamil. Nutrisi inigt;dapat secara drastis mengurangi risiko cacat pada saat lahir.

Saran – saran lainnya  agar dapat membantu Anda mengandung bayi yang sehat adalah dengan menjauhi kebiasaan tidak sehat (seperti minum alkohol, merokok, atau menggunakan narkoba), target berat badan yang sehat dan ideal , dan batasi asupan kafein Anda hingga kurang dari 300 miligram per hari.

3. Cari tahu saat Anda berovulasi

Ovulasi merupakan proses pelepasan telur yang telah matang tersebut dari dalam rahim untuk kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi. 

Kunci untuk hamil cepat adalah mencari tahu kapan Anda akan berovulasi, atau melepaskan telur dari indung telur Anda. Anda berovulasi hanya sekali setiap siklus haid

Jika Anda tahu kapan Anda akan berovulasi, Anda dan pasangan bisa melakukan hubungan intim untuk mendapatkan kesempatan terbaik untuk hamil dalam siklus itu. (Jika Anda memiliki menstruasi yang tidak teratur, menunjukkan ovulasi bisa menjadi sulit. Maka mintalah saran dari dokter.)

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

4. Berhubungan seks pada waktu yang tepat

Begitu Anda tahu kerangka waktu Anda untuk ovulasi, rencanakan untuk melakukan hubungan seks selama jendela atau siklus Anda yang paling subur, yaitu dua sampai tiga hari sebelum ovulasi .

Jika Anda tidak yakin kapan masa subur Anda, lakukan seks setiap hari atau setiap hari selama minggu kedua dan ketiga siklus Anda. Dengan cara itu Anda cenderung memiliki sperma yang sehat di tuba falopi Anda setiap kali tubuh Anda melepaskan sel telur.

Tips lain: Jika Anda dan pasangan Anda sedang menunggu untuk berhubungan seks sampai masa subur Anda, pastikan Anda belum melewati masa kering yang terlalu lama. 

Pasangan Anda harus ejakulasi setidaknya sekali dalam hari-hari sebelum masa subur Anda. Jika tidak, mungkin ada penumpukan sperma mati dalam air maninya.

5. Sperma yang sehat pada pasangan Anda

Sperma yang kuat dan sehat memiliki kesempatan terbaik untuk membuahi sel telur. Pasangan Anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini untuk mencoba memperbaiki kesuburannya:

  • Jauhilah penggunaan rokok dan narkoba.
  • Batasi minuman beralkohol hingga tidak lebih dari tiga kali dalam sehari.
  • Dapatkan berat badan yang ideal dan sehat jika pasangan Anda kelebihan berat badan .
  • Dapatkan cukup nutrisi penting - seperti zinc, asam folat, dan vitamin C - yang membantu menghasilkan sperma yang kuat dan berlimpah.
  • Jangan menggunakan bak air panas dan sauna atau mandi air panas karena panas dapat membunuh sperma. (Testis berfungsi paling baik pada 94 sampai 96 derajat Fahrenheit, beberapa derajat lebih dingin dari suhu tubuh normal.)

Semakin cepat pasangan Anda memperbaiki kualitas sperma dengan beberapa saran diatas , maka hasil kualitas sperma juga akan lebih baik. 

Sperma memerlukan waktu untuk matang, jadi setiap perbaikan sekarang akan menghasilkan spesimen sperma yang lebih baik dalam waktu sekitar tiga bulan. Berapa Berapa lama waktu yang diperlukan setelah mencoba dan sebelum mendatangi dokter 

  • Jika usia Anda lebih muda dari 35 tahun dan belum hamil setelah mencoba selama setahun, saatnya untuk menemui dan berkonsultasi ke spesialis kandungan. Jika Anda berusia 35 tahun atau lebih, bicaralah dengan dokter spesialis kandungan setelah Anda mencoba enam bulan tanpa hasil
  • Namun jika Anda tahu ada alasan mengapa Anda atau pasangan Anda cenderung memiliki masalah kesuburan, ada baiknya Anda menemui spesialis kandungan bahkan sebelum Anda mulai mencoba.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to get pregnant fast. BabyCenter. (Accessed via: https://www.babycenter.com/0_how-to-get-pregnant-fast_10337115.bc)
How to Get Pregnant Fast. TheBump.com. (Accessed via: https://www.thebump.com/a/how-to-get-pregnant-fast-tips)
How to Get Pregnant Fast. Verywell Family. (Accessed via: https://www.verywellfamily.com/how-to-get-pregnant-faster-1960275)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app