Trik Cantik Alami Tanpa Makeup

Dipublish tanggal: Jul 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Trik Cantik Alami Tanpa Makeup

Makeup memang merupakan salah satu cara untuk mempercantik diri. Berbagai jenis makeup dapat digunakan untuk menambah keindahan wajah. Namun, bukan waktu yang singkat untuk mengaplikasikan makeup pada wajah, para wanita harus rela menyiapkan waktu yang cukup lama untuk memoles wajah. 

Tidak semua wanita pandai berdandan, tidak semua wanita yang suka menggunakan makeup sehari-hari. Faktanya, produk makeup memang tidak bagus jika digunakan terlalu sering, apalagi jika kurang teliti ketika membersihkannya. Bukan mendapat wajah yang cantik, malah jerawat timbul di berbagai bagian wajah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Tampil cantik bukan hanya dari makeup saja, jika tidak memiliki keahlian dalam berdandan, juga tidak mempunyai banyak waktu untuk memoles wajah, cara-cara berikut ini dapat dilakukan.

Tetap cantik walau tanpa makeup

1. Eksfoliasi wajah

Eksfoliasi adalah teknik pengelupasan sel-sel kulit mati dan sisa makeup maupun debu yang menempel pada wajah. Sabun muka saja tidak cukup untuk membersihkan wajah secara mendalam. Eksfoliasi baik dilakukan agar sel-sel kulit mati terangkat dan sel-sel baru dapat tumbuh sehingga wajah akan menjadi cerah dan lembut. Lakukan perawatan dengan scrub wajah untuk proses eksfoliasi 1 kali dalam seminggu. Jika rutin dilakukan, perubahan warna dan tekstur kulit akan semakin terlihat sehat dan cantik. Jangan lupa untuk memilih produk yang aman dan cocok untuk jenis kulit.

2. Eksfoliasi bibir

Bukan hanya kulit wajah saja yang butuh eksfoliasi, namun bibir juga memerlukannya. Cuaca panas dan makanan yang dikonsumsi dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Apalagi bagi para perokok, warna bibir akan terlihat kusam dan tidak sehat. Lakukan eksfoliasi bibir dengan scrub khusus bibir atau bisa juga menggunakan sikat gigi yang lembut. Gosok secara lembut jangan sampai melukai bibir. 

3. Menggunakan pelembab bibir

Untuk memperoleh kesan bibir yang sehat, gunakan pelembab bibir atau lipbalm sehabis mandi. Pelembab bibir melindungi bibir dari kekeringan dan juga memberikan tekstur lembut dan bercahaya. Banyak produk pelembab bibir yang telah berinovasi, tersedia dengan berbagai warna untuk menambah keindahan bibir. 

4. Menggunakan pelembab wajah

Setelah mencuci muka, keringkan wajah dengan tisu atau handuk halus. Aplikasikan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Fungsi pelembab wajah adalah memberikan perlindungan wajah dari polusi, debu, dan kotoran yang mungkin menempel pada wajah ketika beraktivitas. Selain itu pelembab juga memberikan nutrisi yang dapat melembutkan, mencerahkan, atau mengontrol minyak berlebih pada wajah. Jika memiliki warna kulit wajah yang kurang merata, gunakan produk pelembab yang memiliki tingkat coverage tinggi. Bila diperlukan gunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari langsung.

5. Merapikan alis

Jika tidak memiliki waktu untuk menggambar alis dengan pensil alis, cukup disisir saja agar terlihat rapi. Beberapa beauty blogger juga menyarankan untuk menggunakan lipbalm saat menyisir alis agar terlihat selalu rapi. Cukur dan rapikan alis setiap minggu agar bentuknya indah walau tanpa pensil alis.

6. Lentikan bulu mata

Jepit bulu mata dengan penjepitnya tanpa menggunakan maskara. Lakukan perlahan dan berulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika tidak memiliki penjepit bulu mata, cukup rapikan dengan menyisir bulu mata dengan sisir yang berbentuk seperti aplikator maskara. 

Selain rutinitas di atas, kebiasaan sehari-hari juga perlu diperhatikan. Pola tidur yang cukup akan mencegah timbulnya lingkaran hitam atau mata panda. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit wajah terlihat kusam serta timbul kerutan halus di bawah mata. Perbanyak minum air mineral agar kulit menjadi cerah dan halus, serta terhindar dari penyakit lainnya.

21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app