GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Tips Menggunakan Pelembab Wajah untuk Hasil Maksimal

Dipublish tanggal: Agu 12, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Menggunakan Pelembab Wajah untuk Hasil Maksimal

Saat ini setiap wanita yang hendak keluar rumah wajib memakai pelembab sebagai bagian dari bentuk perawatan wajah sekaligus perlindungan dari sinar matahari dan debu akibat polusi udara. Selain itu, ada berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan pelembab, salah satunya memiliki kulit yang bersinar dan cerah.

Namun seiring pemakaian pelembab wajah yang rutin, ada sebagian wanita yang mengeluhkan tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Bagaimanakah hal tersebut dapat terjadi? Padahal setiap pagi sudah mengaplikasikan pelembab pada wajah. Jika diteliti lebih jauh, mungkin cara pemakaiannya yang keliru.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Memang pelembab hanya dapat digunakan dengan cara dioles ke permukaan kulit, namun jangan sampai prosedurnya salah. Berikut ini penjelasan akan beberapa kesalahan saat memilih pelembab dan panduan penggunaan pelembab yang tepat.

Kesalahan saat memilih jenis pelembab

Sebelum mengulas panduan menggunakan pelembab wajah yang baik demi hasil yang maksimal, ada dua jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan wanita, sehingga dari awal, jenis pelembab yang dipilih sudah tidak tepat.

1. Tidak memilih pelembab yang sesuai jenis kulit

Seperti yang diketahui, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Oleh karena itu, maka diperlukan tipe pelembab yang berbeda pula. Jangan sembarangan memilih pelembab dengan formula yang tidak jelas karena malah akan merusak kulit.

Apabila memiliki kulit kering, gunakanlah pelembab wajah yang memiliki kandungan hyaluronic acid dan ceramides. Kandungan tersebut dinilai mampu menjaga kelembaban kulit. Sedangkan untuk kulit berminyak sebaiknya gunakan pelembab dengan bentuk gel atau produk bebas minyak dan bagi pemilik kulit berjerawat, disarankan menggunakan jenis pelembab dengan kandungan alkohol.

Baca juga: 5 Jenis Kulit

2. Tidak melakukan tes kulit saat memilih pelembab

Untuk memastikan apakah jenis pelembab yang dipilih sudah tepat dengan jenis kulit yang dimiliki, diperlukan juga tes kulit sebelum membeli pelembap. Misalnya, mencoba sampel pelembab tersebut di area leher sebelum digunakan di seluruh wajah. Lalu perhatikan efek penggunaannya, apakah timbul reaksi alergi atau tidak. Jika tidak, berarti produk tersebut aman dan cocok bagi kulit Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Cara menggunakan pelembab wajah untuk hasil maksimal

Setelah memilih pelembab yang cocok dengan jenis kulit, perhatikan pula cara pemakaiannya yang tepat supaya hasilnya juga maksimal pada wajah. Bagaimana caranya?

Ratakan dari sisi luar ke dalam

Cara pemakaian pelembab yang asal mengoles tidak akan memberikan manfaat bagi kulit. Oleh karena itu, terapkan cara berikut ini:

  • Pertama, totol atau tempelkan krim pelembab ke seluruh area wajah
  • Ratakan krim tersebut dari sisi terluar wajah ke bagian tengah dengan gerakan memutar ke atas
  • Dimulai dari area tengah dagu, pijatlah perlahan dengan gerakan melingkar lembut ke arah garis rahang menuju dahi dan berakhir ke hidung

Apabila gerakan memutar dilakukan dari arah sebaliknya, yakni area hidung menuju telinga, maka sisa pelembab akan tertinggal ke garis rambut. Cara ini hanya akan menyebabkan pori-pori tersumbat di area garis rambut tersebut dan ketika pori-pori tersumbat maka dapat mengakibatkan timbul jerawat dan komedo di area tersebut.

Jangan lupakan area leher

Terkadang banyak orang berpikir bahwa pelembab hanya berguna untuk mengenyalkan area kulit wajah supaya tetap halus dan tidak kering tanpa memedulikan bagian leher. Padahal area leher ini merupakan perpanjangan dari kulit wajah yang membutuhkan perawatan pula.

Pola pikir bahwa pelembab sebaiknya digunakan di area wajah, kemudian area leher hanya sisanya merupakan kesalahan besar. Sebagai gantinya, oleskanlah pelembab di wajah dan satu oles juga di bagian leher. Jangan sampai mengoleskannya setengah-setengah, karena tentunya Anda tidak ingin area kulit wajah dengan bagian leher berbeda terlalu jauh, kan?

Hal penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah gunakanlah pelembab sesegera mungkin usai mandi. Tak perlu khawatir dengan kondisi kulit yang masih sedikit basah, karena hal ini akan jauh lebih baik dan pelembap akan tetap menempel dan teresap ke dalam kulit. Itulah tips menggunakan pelembab yang baik untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: Cara Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 Tips for Choosing Your Best Moisturizer. AARP® Official Site. (Accessed via: https://www.aarp.org/entertainment/style-trends/info-2019/10-tips-for-choosing-your-best-moisturizer.html)
Moisturizers: Options for softer skin. Mayo Clinic. (Accessed via: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/in-depth/moisturizers/art-20044232)
How to Choose a Moisturizer for Your Skin Type — Best Moisturizer for You. Good Housekeeping. (Accessed via: https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a36464/types-of-face-moisturizer/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app