Buclizine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 18, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Mei 31, 2019 Waktu baca: 3 menit

Ketika Anda terkena alergen (sesuatu yang membuat Anda alergi) tubuh Anda akan bereaksi dengan memproduksi suatu zat kimia yang disebut histamin. Histamin menimbulkan berbagai macam gejala alergi seperti gatal, bengkak bahkan kesulitan bernapas. 

Untuk mengatasi kondisi ini, dibutuhkan obat antihistamin. Salah satunya  adalah Buclizine. Buclizine adalah obat golongan antihistamin, yang berarti obat ini bekerja dengan cara menetralkan aksi histamin sehingga membantu Anda mengurangi gejala-gejala alergi yang ditimbulkan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Di Afrika Selatan Buclizine terdaftar sebagai pengobatan hay fever, mual dan obat dan untuk merangsang nafsu makan. Karena obat ini memiliki efek sedasi Anda harus berhati-hati saat mengemudi, atau ketika Anda harus melakukan apa pun yang mengharuskan Anda untuk waspada. Hindari aktivitas berbahaya lainnya sampai pengaruh sedasi obat ini hilang.

Di Indonesia, Buclizine lebih digunakan untuk mencegah mual dan penambah nafsu makan. Buclizine bekerja dengan cara memblokir reseptor histamin di area otak yang dikenal sebagai pusat muntah, secara efektif memblokir sinyal saraf yang menyebabkan mual. 

Mengenai Buclizine

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Kandungan:

Obat golongan antihistamin

Bagaimana cara penggunaan Buclizine?

Obat ini digunakan untuk meredakan atau mencegah gejala mabuk perjalanan atau vertigo (pusing yang disebabkan oleh masalah medis lainnya).Buclizine adalah obat yang bisa dibeli hanya dengan resep dokter. Gunakan obat ini sesuai petunjuk dokter. Jangan mengambil lebih banyak atau lebih sering daripada yang tercantum pada label atau diresepkan oleh dokter Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Berapa dosis Buclizine?

Dosis penggunaan Buclizine berbeda pada tiap-tiap orang. Informasi berikut hanya mencakup dosis rata-rata obat ini. Jika dosis Anda berbeda, jangan mengubahnya kecuali dokter Anda menyuruh Anda melakukannya.

Jumlah obat yang Anda minum tergantung pada kekuatan obat. Jumlah dosis yang Anda minum dan lamanya waktu Anda meminum obat tergantung pada masalah kesehatan yang Anda derita.

Untuk bentuk sediaan oral (tablet kunyah): Buclizine digunakan untuk mencegah mabuk perjalanan:

Dewasa dan remaja — Dosis umum adalah 50 miligram (mg), diminum tiga puluh menit sebelum bepergian. Dosis dapat diulang setiap empat hingga enam jam jika diperlukan. Dosis yang diminum dalam satu hari tidak boleh melebihi 150 mg.

Anak-anak — Dosis harus ditentukan oleh dokter Anda, karena dosis pengobatan untuk anak-anak membutuhkan penghitungan yang spesifik.

Kontraindikasi dan efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan Buclizine

Buclizine tidak boleh digunakan pada pasien yang menderita sindrom Reye, glaukoma sudut tertutup, obstruksi gastrointestinal, hiperplasia prostat, dan hipersensitivitas terhadap Buclizine.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Efek samping yang paling sering muncul dari penggunaan obat ini adalah efek sedasi, dimana pengguna merasa sangat mengantuk. Selain rasa kantuk, yang merupakan efek samping yang paling sering muncul pada penggunaan obat ini seperti penglihatan kabur, gugup, sakit perut, sakit kepala, mulut kering, masalah pada hidung dan tenggorokan juga dapat muncul.

Obat ini juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu lainnya seperti amfetamin, benzephetamine, dll. Dan dilaporkan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan. Oleh karena itu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai dosis Buclizine yang akan sesuai untuk Anda berdasarkan riwayat kesehatan Anda dan penggunaan obat-obatan yang ada.

Interaksi Obat

Obat ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya termasuk:

  • Amifampridine
  • Cisapride
  • Droperidol
  • Furazolidone
  • Dronedarone
  • Iproniazid
  • Isocarboxazid
  • Linezolid
  • Piperaquine
  • Procarbazine
  • Terfenadine
  • Metoclopramide
  • Linezolid
  • Venlafaxine
  • Ziprasidone

Hal lain yang harus diperhatikan pada penggunaan Buclizine

Penggunaan pada kehamilan

Obat-obatan ini belum terbukti secara klinis dapat menyebabkan cacat bawaan lahir atau masalah lain pada manusia. Namun, penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa Buclizine yang diberikan dalam dosis yang sangat tinggi (berkali kali lipat dosis biasa) berpotensi menyebabkan bibir sumbing.

Penggunaan pada ibu menyusui

Meskipun obat-obatan ini dapat masuk ke ASI, tetapi penggunaan obat ini belum pernah dilaporkan menyebabkan masalah pada bayi menyusui. Namun, karena obat-obatan ini cenderung menurunkan sekresi tubuh, mungkin saja aliran ASI dapat berkurang pada beberapa pasien.

Penggunaan pada anak-anak dan orang tua

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa obat ini memberikan efek tertentu bila digunakan pada orang tua maupun anak-anak. Namun penggunaan semua obat-obatan pada orang tua maupun anak-anak tetap harus berhati-hati.

Penggunaan bersamaan dengan alkohol Penggunaan obat ini bersamaand dengan konsumsi alkohol dapat memperburuk efek sedasinya. Oleh karena itu tidak disarankan mengkonsumsi obat ini bersamaa


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Buclizine Hydrochloride Drug Information, Professional. Drugs.com. (https://www.drugs.com/mmx/buclizine-hydrochloride.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app