Boneset: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: May 14, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 396.591 orang

Apa Anda pernah mendengar kata boneset? Atau apakah Anda mengetahui apa itu boneset?

Bagi sebagian orang mungkin boneset sudah tidak asing lagi karena tanaman ini sudah sejak dulu dijadikan sebagai herbal pengobatan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Akan tetapi, bagi Anda yang tidak tahu, sangatlah penting untuk mengetahui karakteristik herbal boneset.

Jadi, mari simak detil herbal boneset di bawah ini.

Mengenai Boneset

Boneset adalah tanaman herbal yang berasal dari anggota keluarga Asteraceae atau bunga aster. Tanaman ini ditemukan di Kanada, Florida, Texas, serta Nebraska. Boneset biasanya tumbuh di rawa-rawa, dan pantai.

Boneset memiliki batang yang kekar, daun yang panjang, dan bunga berwarna putih. Daun, dan bunga kering boneset digunakan untuk membuat obat. Bahkan boneset telah digunakan sebagai obat selama berabad-abad oleh penduduk asli Amerika Utara.

Golongan

Obat atau suplemen boneset ini dijual bebas, namun lebih disarankan untuk mendiskusikan penggunaannya dengan dokter. Boneset umumnya digunakan dalam kombinasi dengan herbal lain.

Kemasan

Boneset dijadikan obat atau suplemen herbal berupa ekstrak tingtur (cairan), bubuk, dan kapsul.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Kandungan

Saat ini, belum ada informasi yang cukup mengenai kandungan boneset.

Manfaat Boneset

Boneset memiliki banyak manfaat, namun belum ada informasi yang cukup untuk menilai efektivitas kegunaan boneset.

Adapun manfaat boneset, yaitu untuk mengurangi demam, meningkatkan produksi urin, mengatasi muntah, dan mengobati sembelit. Selain itu, digunakan pula untuk mengobati flu, flu babi, bronchitis akut, radang hidung, rematik, retensi cairan, malaria, demam berdarah, pneumonia, merangsang sistem kekebalan tubuh, dan melawan bakteri.

Boneset juga kadang ditemukan dalam produk kombinasi herbal untuk pilek, dan demam. Akan tetapi, masih diperlukan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas penggunaan boneset ini.

Efek Samping Boneset

Boneset diklasifikasikan sebagai herbal yang keamanannya tidak terdefinisi. Akan tetapi, tidak aman bila menelannya dalam jumlah yang besar karena dapat menyebabkan diare parah. Selain itu, bila dikonsumsi jangka panjang pun dapat menyebabkan gangguan hati.

Dosis Boneset

Saat ini, belum ada informasi yang cukup dalam menentukan dosis yang tepat untuk boneset.

Akan tetapi, pada penggunaan tradisional dosisnya yaitu 2 gram daun atau bunga boneset.

Dosis boneset yang tepat, tergantung pada beberapa faktor individu seperti usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk pada label produk herbal boneset, dan berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan boneset.

Interaksi Boneset

Saat ini, belum ada informasi yang cukup mengenai interaksi boneset.

Perhatian

Jika Anda sedang hamil atau menyusui, tidak dianjurkan untuk menggunakan boneset. Boneset mungkin mengandung bahan kimia perusak hati yang disebut alkaloid pirolizidin sehingga dianggap tidak aman. Jadi, hindarilah penggunaan.

Jika Anda memiliki alergi terhadap keluarga Asteraceae, berkonsultasilah pada dokter sebelum menggunakan bonset. Boneset dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang sensitif terhadap tanaman dalam keluarga Asteraceae. 

Adapun anggota keluarga ini meliputi, ragweed, krisan, marigold, aster, dan lainnya.

Jika Anda memiliki penyakit hati, hindarilah penggunaan boneset. Boneset mengandung bahan kimia yang disebut hepatotoksik pirolizidin alkaloid. Zat kimia ini dapat membahayakan hati, dan membuat penyakit hati semakin buruk.

Demikian berbagai hal mengenai herbal boneset yang dapat Anda ketahui. Bila Anda tertarik atau memerlukan pengobatan dengan boneset, konsultasikanlah pada dokter Anda. Hal tersebut dilakukan agar kondisi Anda selalu terpantau, dan Anda bisa mendapatkan manfaat penuh dari herbal ini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp