Bernyanyi dan Manfaat Kesehatan Mental, Emosional dan Sosial

Sirkulasi darah yang lebih baik dan aliran darah yang teroksigenasi memungkinkan lebih banyak oksigen untuk mencapai otak, sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan mental, konsentrasi, dan memori.
Dipublish tanggal: Agu 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 22, 2020 Waktu baca: 3 menit
Bernyanyi dan Manfaat Kesehatan Mental, Emosional dan Sosial

Bernyanyi membawa kegembiraan bagi banyak orang, tetapi tahukah Anda bahwa hasrat Anda untuk bernyanyi dapat membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan fisik, emosi, dan sosial Anda? Inilah 11 alasan mengapa bernyanyi baik untuk Anda.

Manfaat bernyanyi untuk kesehatan fisik

1. Bernyanyi memperkuat sistem kekebalan tubuh

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Frankfurt, bernyanyi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian ini dilakukan dengan pemeriksaan darah anggota paduan suara profesional sebelum dan setelah latihan satu jam menyanyikan lagu "Requiem" Mozart. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Para peneliti memperhatikan bahwa dalam kebanyakan kasus, jumlah protein dalam sistem kekebalan yang berfungsi sebagai antibodi, yang dikenal sebagai Immunoglobulin A, secara signifikan lebih tinggi segera setelah latihan. 

Peningkatan yang sama tidak muncul pada anggota paduan suara yang hanya mendengarkan musik secara pasif.

2. Bernyanyi dapat dikategorikan sebagai olahraga

Bagi orang tua, orang-orang yang tidak bisa terlalu aktif secara fisik, bernyanyi bisa menjadi bentuk latihan yang sangat baik. Bahkan jika Anda sehat, paru-paru Anda akan mendapatkan latihan saat Anda menggunakan teknik menyanyi dan proyeksi vokal yang tepat. 

Manfaat bernyanyi bagi kesehatan lainnya termasuk meningkatkan kekuatan diafragma dan stimulasi sirkulasi keseluruhan. 

Karena Anda menarik jumlah oksigen yang lebih besar saat bernyanyi daripada ketika melakukan kebanyakan jenis latihan lainnya, beberapa orang bahkan percaya bahwa bernyanyi dapat meningkatkan kapasitas aerobik dan stamina Anda.

3. Bernyanyi dapat memperbaiki postur tubuh Anda

Berdiri tegak adalah bagian dari teknik yang tepat saat Anda bernyanyi, jadi seiring waktu, postur tubuh yang baik akan menjadi kebiasaan! Saat rongga dada Anda membesar dan bahu Anda sejajar, Anda memperbaiki postur Anda secara keseluruhan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

4. Bernyanyi meningkatkan kualitas tidur

Menurut sebuah artikel kesehatan di Daily Mail Online, para ahli percaya bahwa bernyanyi dapat membantu memperkuat otot-otot tenggorokan dan langit-langit mulut, yang membantu mengatasi mendengkur dan sleep apnea. Jika Anda terbiasa dengan penyakit ini, Anda tahu betapa sulitnya untuk tidur nyenyak!

Manfaat psikologis & emosional dari bernyanyi

1. Bernyanyi adalah anti-depresi alami

Dengan bernyanyi dapat membantu tubuh untuk melepaskan endorfin, zat kimia otak yang dapat berfungsi untuk meningkatkan mood, sehingga Anda merasa lebih senang dan bahagia. 

Selain itu, para ilmuwan telah mengidentifikasi organ kecil di telinga yang disebut sacculus, yang merespons frekuensi yang diciptakan oleh bernyanyi. Respon dari sacculus dapat menciptakan rasa senang secara langsung, terlepas dari seperti apa nyanyiannya. 

2. Bernyanyi  dapat menurunkan tingkat stres

Bernyanyi dapat melepaskan ketegangan otot yang tersimpan dan mengurangi kadar hormon stres yang disebut kortisol dalam aliran darah Anda.

Bernyanyi dapat meningkatkan kewaspadaan mental

Sirkulasi darah yang lebih baik dan aliran darah yang teroksigenasi memungkinkan lebih banyak oksigen untuk mencapai otak, sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan mental, konsentrasi, dan memori. 

Komunitas Alzheimer bahkan telah mendirikan layanan "Bernyanyi untuk Otak" untuk membantu penderita demensia dan Alzheimer mempertahankan ingatan mereka.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Manfaat sosial bernyanyi

  • Bernyanyi dapat memperluas lingkaran pertemanan Anda
  • Baik Anda di paduan suara atau hanya menikmati bernyanyi karaoke dengan teman-teman Anda, salah satu manfaat kesehatan yang tak terduga dari bernyanyi adalah dapat meningkatkan kehidupan sosial Anda. Ikatan yang Anda bentuk saat menyanyi dengan orang lain bisa sangat mendalam, karena ada tingkat keintiman yang secara alami terlibat.
  • Bernyanyi meningkatkan kepercayaan diri Anda

Demam panggung adalah perasaan umum bagi penyanyi baru. Namun, dengan terus berlatih dan menerima pujian dari teman dan keluarga Anda mungkin menjadi kunci untuk mengatasi ketakutan Anda dan meningkatkan kepercayaan diri Anda. 

Seiring waktu, Anda bahkan mungkin lebih mudah menyajikan segala jenis materi di depan kelompok dengan ketangkasan dan keterampilan presentasi yang baik.

Bernyanyi memperluas keterampilan komunikasi

Menurut sebuah artikel di The Guardian, bernyanyi untuk bayi dapat membantu mempersiapkan otak mereka untuk bahasa. Musik sama pentingnya dengan mengajar membaca dan menulis pada usia muda untuk mencegah masalah bahasa di kemudian hari. 

Jika Anda senang menulis lirik sendiri, mengasah bakat ini dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk berkomunikasi dengan berbagai cara!

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Livesey, Laetitia & Morrison, Ian & Clift, Stephen & Camic, Paul. (2012). Benefits of choral singing for social and mental wellbeing: Qualitative findings from a cross-national survey of choir members. Journal of Public Mental Health. 11. 10-26. 10.1108/17465721211207275. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/270800184_Benefits_of_choral_singing_for_social_and_mental_wellbeing_Qualitative_findings_from_a_cross-national_survey_of_choir_members)
Dingle, Genevieve & Brander, Christopher & Ballantyne, Julie. (2012). "To Be Heard": the social and mental health benefits of choir singing for disadvantaged adults. Psychology of Music. 41. 10.1177/0305735611430081. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/231169791_To_Be_Heard_the_social_and_mental_health_benefits_of_choir_singing_for_disadvantaged_adults)
The Surprising Psychological Benefits of Music. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/surprising-psychological-benefits-of-music-4126866)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app