Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Seks dan Hubungan

Benarkah Darah Haid adalah Darah Kotor? Yuk Ketahui Penjelasan Medisnya

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.374.428 orang

Benarkah Darah Haid adalah Darah Kotor? Yuk Ketahui Penjelasan Medisnya

Banyak wanita yang mengaitkan darah haid dengan darah kotor. Darah yang keluar dari vagina ini memiliki siklus bulanan yang teratur. Namun benarkah dari menstruasi merupakan darah yang kotor? Apa bedanya dengan darah yang keluar karena luka? Untuk mengetahui penjelasan darah haid secara medis, simak ulasannya dibawah ini.

Darah Haid adalah Darah Kotor, Benarkah?

Menstruasi atau yang lebih dikenal dengan datang bulanan merupakan pendarahan dari vagina. Kondisi ini memiliki siklus bulanan tertentu. Anggapan bahwa darah haid merupakan darah kotor nyatanya tidak benar. Hal ini bisa dibuktikan secara medis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Darah menstruasi sama dengan darah yang keluar karena luka. Yang membedakan adalah darah menstruasi mengandung jaringan peluruhan dinding rahim usai proses ovulasi. Jadi darah haid merupakan peluruhan dinding rahim yang keluar lewat vagina.

Sel telur dihasilkan oleh tubuh setiap bulannya sebagai persiapan kehamilan. Proses pelepasan sel telur inilah yang disebut dengan ovulasi. Apabila sel telur tidak dibuahi oleh sperma, maka sel tersebut akan larut dan keluar bersama dengan darah haid. Kadar estrogen dan progesteron selanjutnya akan menurun. Akibatnya tubuh akan terangsang untuk memulai menstruasi.

Tumpukan bulanan pada dinding rahim akan dibuang saat Anda mengalami menstruasi. Jaringan pada dinding rahim dan darah haid akan mengalir dari rahim melalui lubang kecil di leher rahim. Selanjutnya dikeluarkan dari tubuh melalui vagina. Saat mengalami menstruasi, pasokan darah yang mengandung hemoglobin akan berkurang. Sebab itulah tubuh Anda akan terasa lemas karea kekurangan zat besi.

Apa itu Darah Kotor?

Anda pasti sering mendengar istilah darah kotor bukan? Lantas apa sebenarnya darah kotor tersebut? Darah yang kandungan karbondioksidanya terlalu tinggi atau kekurangan oksigen dinamakan darah kotor. Sementara darah bersih memiliki keadaan sebaliknya, yaitu kaya akan oksigen.

Organ yang berperan penting dalam peredaran darah adalah jantung. Darah akan mengalir dari jantung menuju ke paru-paru untuk menghasilkan oksigen. Darah tersebut kemudian kembali dialirkan ke jantung untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Darah kotor akan dipompa oleh bilik kanan jantung. Selanjutnya darah akan dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis. Paru-paru lantas akan mengikat oksigen, sehingga darah yang dialirkan ke jantung dan seluruh tubuh merupakan darah yang kaya oksigen.

Apabila kadar oksigen dalam darah rendah. Maka oksigen yang dialirkan paru-paru ke jantung dan seluruh tubuh menjadi berkurang. Kondisi ini dikenal dengan istilah hipoksemia. Masalah tersebut bisa mengganggu fungsi beberapa organ tubuh. Misalnya saja jantung, hati, otak, dan organ lainnya. Gejala yang akan Anda rasakan jika kadar oksigen dalam darah rendah diantaranya adalah:

  • Badan terasa lemas
  • Perasaan menjadi gelisah
  • Mudah linglung
  • Sesak nafas. Kondisi ini merupakan respon paru-paru agar kadar oksigen meningkat
  • Detak jantung meningkat. Gejala ini menandakan respon jantung agar peredaran oksigen menjadi lancar
  • Nyeri pada bagian dada sebab jantung kekurangan oksigen
  • Kepala terasa pusing

Jadi jika jumlah darah kotor pada tubuh Anda meningkat, gejala diatas akan terasa. Hal ini berlaku untuk perempuan dan laki-laki. Lantas apakah darah haid termasuk darah kotor? Jawabannya tidak. Darah menstruasi tidak kelebihan karbon dioksida atau kekurangan oksigen. Darah menstruasi sama dengan darah biasa yang keluar saat Anda mengalami luka. Anggapan bahwa menstruasi mengeluarkan darah kotor merupakan pernyataan yang keliru.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini