Waspadai Tanda-Tanda Serangan Jantung Berikut

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mei 11, 2019 Waktu baca: 2 menit
Waspadai Tanda-Tanda Serangan Jantung Berikut

Serangan jantung tidak bisa diabaikan begitu saja, karena sangat berisiko mengancam jiwa. Salah satu alasan mengapa serangan jantung ini mematikan adalah karena kebanyakan orang terlambat mencari pertolongan ketika tanda-tanda atau gejala serangan jantung itu muncul. Kebanyakan dari mereka tidak menyadari bahwa yang sedang ia alami adalah serangan jantung.

Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki resiko tinggi seperti usia diatas 45 tahun pada pria dan diatas 55 tahun pada wanita, perokok, diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi, obesitas, dan riwayat keluarga, maka harus lebih waspada.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Serangan jantung terkadang tidak selalu menunjukkan tanda-tanda atau gejala yang intens atau jelas, dan seringkali bervariasi dari orang ke orang dan menurut jenis kelamin. Karena sulitnya memahami gejala serangan jantung, sehingga disini kami sajikan tanda-tanda peringatan serangan jantung agar jangan diabaikan.

Gejala dan Tanda-tanda serangan Jantung

  • Nyeri Dada. Nyeri di dada merupakan gejala klasik serangan jantung. Tapi tidak semua serangan jantung menyebabkan nyeri dada, dan nyeri dada dapat berasal dari penyakit yang tidak ada hubungannya dengan jantung. Nyeri dada akibat serangan jantung biasanya berpusat di bawah tulang dada sedikit ke kiri yang berlangsung lebih dari beberapa menit, bisa hilang timbul. Rasa sakitnya seperti ada benda berat yang menimpa dada, tetapi terkadang juga bisa seperti dada ditekanan, diremas, atau rasa penuh. Nyeri dada karena serangan jentung dikenal juga dengan istilah Angina Pektoris. ilustasi : nyeri dada
  • Ketidaknyamanan di area lain dari tubuh bagian atas. Gejalanya bisa berupa rasa sakit atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang atau perut. Dalam kebanyakan serangan jantung, nyeri dimulai di dada dan menyebar ke bahu, lengan, siku, punggung, leher, rahang, atau perut. Bahkan terkadang tidak ada nyeri dada - hanya rasa sakit di daerah-daerah tubuh lainnya tersebut.
  • Sesak napas dengan atau tanpa ketidaknyamanan dada.
  • Cemas/gelisah. Serangan jantung bisa menyebabkan kecemasan intens atau ketakutan akan kematian.
  • Pusing. Serangan jantung dapat menyebabkan pusing ringan bahkan kehilangan kesadaran. Hal ini bisa disebabkan oleh kelainan irama jantung yang berbahaya yang dikenal sebagai aritmia.
  • Tanda-tanda lain yang mungkin termasuk serangan jantung yaitu keluar keringat dingin, mual dan pusing.

Seperti pria, gejala serangan jantung yang paling umum perempuan adalah nyeri atau ketidaknyamanan di dada. Tetapi perempuan agak lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengalami beberapa gejala umum lainnya, terutama sesak napas, mual / muntah, dan nyeri punggung atau nyeri rahang.

Jika anda mengalami gejala-gejala atau tanda-tanda serangan jantung tersebut segeralah mencari pertolongan medis agar dapat di berikan pertolongan segera.

 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Heart Attack: Symptoms, Warning Signs, and Treatments. Healthline. (https://www.healthline.com/health/heart-attack)
Heart attack: Symptoms, what to do, and risk factors. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325308.php)
11 Possible Heart Symptoms You Shouldn't Ignore. WebMD. (https://www.webmd.com/heart-disease/features/never-ignore-symptoms)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app