Apa Bedanya Dokter Gigi dan Ortodontis? Cek di Sini!

Dipublish tanggal: Jul 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Bedanya Dokter Gigi dan Ortodontis? Cek di Sini!

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Dokter gigi dan ortodontis sama-sama berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut, tapi tugasnya berbeda.
  • Profesi sebagai dokter gigi dapat disamakan dengan profesi dokter umum, sedangkan ortodontis ibarat dokter yang mengambil spesialis khusus.
  • Ortodontis hanya fokus menangani cara memperbaiki posisi gigi dan memastikan struktur wajah Anda tidak terganggu oleh posisi rahang yang tidak sejajar. 
  • Waktu yang tepat untuk pergi ke ortodontis adalah ketika Anda merasa perlu memperbaiki posisi gigi Anda, misalnya saat mengalami masalah menggigit atau posisi gigi yang tidak beraturan. 
  • Ketika Anda mengalami berbagai keluhan pada gigi dan rongga mulut, seperti gigi copot atau gigi berlubang, maka Anda bisa datang ke dokter gigi.

Keberadaan dokter gigi dan ortodontis terkadang membingungkan bagi beberapa orang yang sedang sakit gigi. Anda sebagai pasien mungkin masih bingung untuk memutuskan harus pergi ke mana untuk mengobati sakit gigi.

Dua profesi ini sama-sama berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut, tetapi pasti ada satu atau beberapa hal yang membedakan keduanya. Bagi Anda yang penasaran dengan perbedaannya, simak penjelasannya di bawah ini. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemasangan Behel via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket pemasangan behel hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d06 pemasangan behel

Perbedaan dokter gigi dan ortodontis

Menelusuri perbedaan antara dokter gigi dan ortodontis mirip dengan saat Anda membayangkan perbedaan antara dokter umum dan dokter spesialis. Pada dasarnya, profesi sebagai dokter gigi dapat disamakan dengan profesi dokter umum. 

Sedangkan ortodontis bisa dikatakan mirip dengan dokter yang mengambil spesialis khusus. Dalam hal ini, ortodontis adalah dokter gigi yang sudah mengambil spesialis khusus di bidang ortodonti

Kata ortodonti mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang. Ortodonti merupakan ilmu dalam bidang kedokteran gigi yang secara khusus mempelajari tentang posisi gigi, rahang, dan wajah. 

Jadi, perbedaan dokter gigi dan ortodontis adalah profesi ortodontis hanya fokus menangani cara memperbaiki posisi gigi. Mereka juga bertugas untuk memastikan struktur wajah Anda tidak terganggu oleh posisi rahang yang tidak sejajar. 

Bila Anda mengalami masalah mengunyah atau berbicara, maka ortodontis lah yang harus Anda tuju. Pasalnya, masalah mengunyah dapat memicu munculnya masalah lain seperti gingivitis, gigi berlubang, serta plak gigi yang menumpuk dengan sangat cepat. 

Baca Juga: Cara untuk Memilih Dokter Gigi yang Tepat untuk Anda

Iklan dari HonestDocs
Paket Scalling dan Vitamin C Shot di Medizen Clinic

Pembersihan karang gigi dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah.

Paket scalling dan vitamin c shot di medizen clinic

Kapan waktunya ke ortodontis?

Mengetahui perbedaan dokter gigi dan ortodontis sangat penting bagi Anda dan keluarga. Dengan begitu, Anda tak perlu membuang-buang waktu untuk pergi ke tempat yang tidak sesuai dengan masalah kesehatan gigi yang Anda alami. 

Waktu yang tepat untuk pergi ke ortodontis adalah ketika Anda merasa perlu memperbaiki posisi gigi Anda. Contohnya seperti saat Anda mengalami masalah dalam menggigit atau posisi gigi yang tidak beraturan. 

Ortodontis akan melakukan penanganan sesuai dengan masalah yang Anda alami, baik dengan melakukan pemasangan kawat gigi (behel), merapikan gigi dengan invisalign (plastik bening khusus), atau teknik lainnya.

Anda sebetulnya juga bisa konsultasi dengan dokter gigi untuk memperbaiki posisi gigi Anda. Akan tetapi, kemungkiann teknik dan proses penanganannya akan sedikit berbeda dengan ortodontis. Pilihan pengobatannya pun juga akan berbeda.

Baca Selengkapnya: Kapan Harus Memeriksakan Gigi Anda ke Dokter?

Lalu, saya harus ke mana saat mengalami sakit gigi?

Ketika Anda mengalami berbagai keluhan pada gigi dan rongga mulut, seperti gigi copot atau gigi berlubang, maka Anda bisa datang ke dokter gigi. Rutin setiap enam bulan, Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi untuk melakukan scaling dan membersihkan gigi. 

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi dan Dental Spa 1 Kali di Upstairs Dental Clinic

Pembersihan karang gigi menggunakan alat ultrasonik sehingga permukaan gigi tidak ada yang diasah maupun dirusak. Dental spa dilakukan untuk menutrisi gusi setelah karang gigi telah dibersihkan secara keseluruhan dengan dikumur selama 1 menit.

Pembersihan karang gigi dan dental spa   1 kali   upstairs dental clinic

Scaling perlu dilakukan agar gigi dan gusi Anda selalu dalam keadaan bersih serta terbebas dari karang dan plak yang menumpuk. Periksa gigi secara rutin ke dokter gigi bahkan semestinya sudah dilakukan sejak dini dan tidak hanya 1 kali dalam 6 bulan.

Apabila Anda sudah memilki buah hati, mulailah ajak si kecil untuk rutin memeriksakan kesehatan giginya sedini mungkin. Terlebih lagi jika anak Anda memiliki masalah kesehatan mulut, seperti gigi berlubang atau gigi hitam, yang rentan terjadi di masa pertumbuhan.

Baca Juga: 5 Jenis Tambal Gigi Paling Umum di Dokter Gigi

Sementara itu, jika Anda merasakan keluhan lain atau gejala tertentu pada gigi atau mulut, dokter gigi merupakan tempat yang tepat untuk berkonsultasi. Namun, apabila keluhan yang Anda alami membutuhkan perawatan dan penanganan yang lebih lanjut, maka Anda akan dirujuk ke dokter spesialis. 

Oleh karena itu, kesehatan gigi dan mulut harus selalu diperhatikan untuk menghindari beberapa masalah yang dapat menggangu aktivitas Anda dan si kecil. Pemeriksaan rutin ke dokter gigi juga perlu dilakukan sejak dini untuk membersihkan sisa-sisa minuman yang menjadi tumpukan plak pada gigi Anda.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Apa Perbedaan Antara Ortodontis dan Dokter Gigi?
Apa Perbedaan Antara Ortodontis dan Dokter Gigi?

Kedokteran gigi adalah spesialisasi medis yang luas yang berhubungan dengan gigi, gusi, saraf, dan rahang, sedangkan ortodontik adalah spesialisasi dalam kedokteran gigi yang berfokus pada mengkoreksi bentuk gigi. Satu perbedaan penting adalah bahwa semua ortodontis adalah dokter gigi, tetapi tidak semua dokter gigi adalah ortodontis.

Kapan Harus Memeriksakan Gigi Anda Ke Dokter?
Kapan Harus Memeriksakan Gigi Anda Ke Dokter?

Anda dapat mulai mengunjungi atau berkonsultasi dengan dokter gigi satu kali dalam 6 bulan. Terutama ketika ada masalah gigi, gusi atau mulut dengan gejala yang memerlukan perawatan gigi:

Buka di app