Apa Perbedaan Antara Ortodontis dan Dokter Gigi?

Kedokteran gigi adalah spesialisasi medis yang luas yang berhubungan dengan gigi, gusi, saraf, dan rahang, sedangkan ortodontik adalah spesialisasi dalam kedokteran gigi yang berfokus pada mengkoreksi bentuk gigi. Satu perbedaan penting adalah bahwa semua ortodontis adalah dokter gigi, tetapi tidak semua dokter gigi adalah ortodontis.
Dipublish tanggal: Jul 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Perbedaan Antara Ortodontis dan Dokter Gigi?

Dokter gigi dan ortodontis sama-sama membantu pasien dalam meningkatkan kesehatan mulut, tetapi dengan cara yang berbeda.

Kedokteran gigi adalah spesialisasi medis yang luas yang berhubungan dengan gigi, gusi, saraf, dan rahang, sedangkan ortodontik adalah spesialisasi dalam kedokteran gigi yang berfokus pada mengkoreksi bentuk gigi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Satu perbedaan penting adalah bahwa semua ortodontis adalah dokter gigi, tetapi tidak semua dokter gigi adalah ortodontis.

Persamaan antara keduanya?

Kesamaan utama antara dokter gigi dan ortodontis adalah bahwa mereka berdua fokus pada perawatan mulut. Seorang ortodontis dapat bekerja di kantor gigi dan memberikan perawatan yang sama dengan dokter gigi. 

Jadi dalam hal ini, keduanya sangat mirip. Keduanya dianggap dokter, dan berurusan dengan gigi dan gusi.

Apa tugas dokter gigi?

Sementara dokter gigi dan ortodontis akan memiliki latar belakang pendidikan yang sama, tetapi kedokteran gigi adalah spesialisasi medis yang sangat luas yang berhubungan dengan gusi, gigi, saraf dan rahang.

Penyedia perawatan gigi utama Anda akan menjadi dokter gigi Anda dan ia bertanggung jawab untuk mendiagnosis, merawat, dan mengelola keseluruhan perawatan kesehatan mulut Anda. 

Ini termasuk melakukan pekerjaan gigi biasa seperti pemeriksaan, pembersihan dan perawatan mulut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Secara umum, pekerjaan seorang dokter gigi adalah menghilangkan atau memperbaiki gigi bermasalah, menambal gigi yang bolong, melakukan operasi minor pada mulut dan membuat model untuk gigi palsu.

Kebanyak dokter gigi melanjutkan studi mereka dengan  mengkhususkan diri dalam praktik ortodontik. Ketika perawatan yang Anda butuhkan terkait dengan penyelarasan gigi atau koreksi bentuk rahang atau gigi, maka disarankan Anda untuk pergi ke ortodontis.

Apa tugas ortodontis?

Ortodontis adalah seseorang yang spesialisas dalam penyelarasan rahang dan gigi menggunakan metode non-bedah. Kasus-kasus umum yang sering dirujuk ke ortodontis adalah kasus-kasus gigi yang tidak selaras atau tidak rata.

Ketika Anda mengunjungi seorang ortodontis, dokter akan mengevaluasi susunan gigi Anda untuk menentukan apakah Anda memerlukan perawatan gigi. 

Tergantung pada kasus Anda secara spesifik, Anda mungkin disarankan untuk melakukan pemasangan kawat gigi, memakai retainers, atau menjalani beberapa perawatan koreksi lainnya.

Meskipun ortodontis terutama dipikirkan untuk administrasi dan perawatan kawat gigi, keahlian mereka juga dapat memainkan peran utama dalam kesehatan keseluruhan mulut dan tubuh seseorang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Memperbaiki gigi yang bengkok atau tidak selaras bukan hanya masalah kecil; mereka dapat berkontribusi pada masalah yang lebih serius seperti sakit kepala, gangguan bicara, kondisi rahang terkunci dan / atau kerusakan tulang.

Kapan Anda perlu ke dokter gigi atau ortodontis?

Sekarang Anda tahu bahwa dokter gigi dan ortodontis memiliki latar belakang pendidikan yang luas sebelum mereka mulai mempraktikkan profesi mereka. Dan ortodontis lebih berspesialisasi dalam pendidikan yang lebih tinggi. 

Tapi yang mana yang Anda butuhkan untuk masalah gigi Anda?

Biasanya penyedia perawatan gigi utama Anda, adalah seorang dokter gigi. Dokter gigi bertugas untuk mendiagnosis, merawat dan mengelola perawatan kesehatan mulut Anda secara keseluruhan. 

Termasuk melakukan perawatan gigi rutin seperti pemeriksaan, pembersihan, dan rontgen. Selain itu seorang dokter gigi juga dapat atau memperbaiki masalah gigi, menambal gigi dan membuat model untuk gigi palsu. 

Kantor dokter gigi mempekerjakan beberapa ahli kesehatan gigi, yang biasanya bertugas dalam mengurus foto rontgen dan membantu dokter gigi dengan tugas-tugas lain sesuai kebutuhan.

Beberapa dokter gigi menyelesaikan kursus tambahan dan menawarkan layanan ortodontik. Tetapi biasanya, jika Anda memerlukan perawatan atau prosedur di luar lingkup keahlian dokter gigi, mereka akan merujuk Anda ke jenis spesialis gigi yang lain. 

Sebagai contoh, jika gigi Anda perlu diluruskan kembali, dokter gigi akan merujuk Anda ke dokter gigi spesialis ortodontis. 

Kasus-kasus yang perlu ditangani oleh ortodontis meliputi:

  • Perawatan Gigi
  • Perawatan gusi
  • Saluran akar
  • Tambalan
  • Mahkota
  • Veneer
  • Jembatan
  • Pemutihan gigi

Seorang ahli ortodonti berspesialisasi dalam pelurusan gigi dan rahang Anda menggunakan prosedur non-bedah. Mereka bertugas untuk mendiagnosis, mencegah dan mengobati "maloklusi", atau susunan gigi yang buruk. 

Jadi, jika Anda memiliki susunan gigi yang buruk Anda akan dirujuk ke dokter ortodontis. Ortodontis akan menentukan perawatan mana yang dapat membuat gigi Anda lebih rapi dan melatih otot mulut Anda dengan baik.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What's the difference between an orthodontist and a dentist?. Burk & Flinn Orthodontics. (https://www.smilesmadebeautiful.com/blog/2014/03/whats-the-difference-between-an-orthodontist-and-a-dentist)
Orthodontics (Dentistry). Bradford Teaching Hospitals NHS Foundation Trust. (https://www.bradfordhospitals.nhs.uk/orthodontics-2/)
Choosing an Orthodontist: When to Go, Costs, and Reasons to See an Orthodontist. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/features/when-to-see-orthodontist)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app