GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Gigi Hitam Bikin Kurang Percaya Diri? Ini Tips Mengatasinya!

Dipublish tanggal: Agu 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Gigi Hitam Bikin Kurang Percaya Diri? Ini Tips Mengatasinya!

Memiliki gigi yang bersih dan putih tentunya menjadi impian semua orang. Meski demikian warna gigi sangat mudah berubah, salah satunya adalah warna gigi yang dapat berubah menjadi kuning bahkan menghitam. Kondisi gigi hitam tentunya akan membuat kurang percaya diri. Nah berikut ini beberapa tips mengatasi warna gigi yang menghitam beserta penyebabnya.

Penyebab gigi menghitam

Penyebab gigi berubah warna menjadi hitam dapat disebabkan karena beberapa faktor, baik faktor internal (dalam gigi) maupun eksternal (luar gigi). Berikut ini penyebab gigi menghitam yang perlu diketahui:

Iklan dari HonestDocs
Paket Scalling dan Vitamin C Shot di Medizen Clinic

Pembersihan karang gigi dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah.

Paket scalling dan vitamin c shot di medizen clinic

Faktor internal penyebab gigi menghitam

Beberapa faktor internal yang dapat menyebabkan gigi berubah warna menjadi hitam, antara lain adanya kerusakan di bagian dalam gigi, baik terjadinya infeksi pulpa atau gigi mati. Jika hal ini terjadi dan dibiarkan dalam waktu yang lama, warna hitam akan mulai muncul dalam bentuk titik-titik dan lama kelamaan akan menutupi keseluruhan gigi.

Faktor eksternal penyebab gigi menghitam

Sementara itu, faktor lain yang dapat membuat gigi menjadi hitam lebih banyak dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi, antara lain adanya karang gigi, kerusakan enamel gigi, kerusakan lapisan gigi, sering mengonsumsi makanan atau minuman berwarna gelap seperti kopi, menggunakan larutan kumur, mengonsumsi rokok tembakau, dan tambalan gigi.

Baca juga: Kerusakan Bagian Tubuh Akibat Merokok

Apa saja tanda gigi mulai menghitam?

Sebelum gigi berubah warna menjadi menghitam biasanya akan muncul titik berwarna cokelat atau abu-abu terlebih dahulu, bahkan bintik ini lama kelamaan akan berubah dan menutupi seluruh permukaan gigi. Perubahan ini juga bisa terjadi secara instan dalam kurun waktu semalam, namun ada juga yang terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Jika menemukan bintik hitam yang tak kunjung hilang dan bukan merupakan sisa makanan yang menempel pada gigi maka ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini bertujuan agar bintik hitam tersebut tidak semakin meluas dan menutupi seluruh permukaan gigi. Bahkan dalam jangka waktu yang lama hal ini bisa menyebabkan gigi berlubang dan menjadi pertanda bahwa email gigi sudah rusak.

Baca juga: Penyebab Sakit Gigi Lain yang Sering Terjadi

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi Dan Remove Stain 1 Kali di Fre DentalCare

1. Pembersihan karang gigi dan stain dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah. Paket ini tidak termasuk tindakan pemutihan gigi maupun tindakan medis lainnya. 2. Tidak ada limit untuk pembelian

Pembersihan karang gigi dan remove stain   1x   fre dentalcare

Cara mengatasi gigi hitam

Jika bagian plak gigi sudah berubah menjadi hitam biasanya dokter gigi akan menyarankan Anda untuk membersihkan karang gigi dengan bantuan alat khusus. Alat ini akan berfungsi untuk mengikis plak dan karang gigi, bahkan jika karang gigi sudah mengeras, dokter biasanya membutuhkan alat getar khusus untuk membantu menghancurkannya.

Jika penyebab gigi menghitam bukan karena faktor karang gigi, tetapi disebabkan karena adanya pembusukan dari dalam gigi, maka dokter gigi akan melakukan penanganan dan pengobatan yang berbeda dari cara sebelumnya. Hal ini biasanya didasarkan pada tingkat pembusukannya.

Secara umum, dokter gigi akan menghilangkan gigi yang telah membusuk dengan cara mengisi bagian lubang gigi. Sedangkan bila pembusukannya sudah mencapai bagian dentin gigi atau bagian dalam email gigi, maka hal ini membutuhkan penggunaan mahkota gigi. Mahkota gigi sendiri merupakan penutup yang berbentuk seperti gigi yang diletakkan pada bagian atas gigi yang membusuk. Namun dalam beberapa kasus yang parah, gigi yang menghitam tidak bisa disembuhkan.

Bagaimana cara mencegah gigi menghitam?

Pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya gigi hitam. Mulai dari rutin menyikat gigi 2 kali sehari, membersihkan gigi dengan menggunakan flossing (benang gigi), memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi, mengurangi makanan manis, hingga mengurangi konsumsi berbagai makanan seperti soda, kopi, teh hitam, anggur merah, dan berbagai produk tembakau yang dapat membuat gigi hitam.

Baca juga: Cara Sikat Gigi yang Benar

Pada dasarnya warna gigi yang berubah warna menjadi hitam dapat disebabkan karena beberapa faktor tertentu, baik faktor dari dalam maupun luar gigi. Untuk itu, pastikan Anda selalu menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari masalah gigi dan mulut yang satu ini. Tentunya Anda tak ingin gigi berubah warna menjadi hitam yang justru hanya akan membuat Anda merasa kurang percaya diri, kan?

38 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tooth Cavities: Symptoms, Causes, and Treatments. Healthline. (https://www.healthline.com/health/dental-oral-health-cavities)
Tooth Decay Prevention: 8 Daily Dental Care Tips. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/guide/tooth-decay-prevention)
The Tooth Decay Process: How to Reverse It and Avoid a Cavity. National Institute of Dental and Craniofacial Research. (https://www.nidcr.nih.gov/health-info/childrens-oral-health/tooth-decay-process)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Beda Karies Gigi Dan Gigi Berlubang
Beda Karies Gigi Dan Gigi Berlubang

Karies gigi terjadi karena rusaknya struktur dan lapisan gigi. Kerusakan ini terjadi secara bertahap. Berawal dari terkikisnya lapisan terluar gigi atau enamel gigi, kerusakan berlanjut dengan rusaknya dentin atau lapisan tengah gigi.

Buka di app