HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Bayi Lahir Kecil - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Apr 30, 2019 Update terakhir: Mei 10, 2020 Waktu baca: 3 menit

Bayi berat badan lahir rendah (BBLR) adalah kondisi dimana bayi memiliki berat kurang dari 2500 gram saat lahir. BBLR sering terjadi pada bayi yang lahir prematur (lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu). BBLR juga sering terjadi pada beberapa kasus kelahiran, seperti kasus kembar atau kembar tiga.

Menurut Rumah Sakit Anak Lucile Packard (LPCH) di Stanford, lebih dari 8 persen dari semua bayi yang lahir di AS setiap tahun mengalami BBLR. Jumlah bayi BBLR meningkat, karena meningkatnya potensi kelahiran kembar. Negara-negara berkembang memiliki insiden bayi BBLR jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Amerika.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Jika bayi Anda lahir dengan BBLR, mereka akan terlihat lebih kecil dari bayi normal yang baru lahir. Mereka cenderung kurus, memiliki sedikit lemak tubuh, dan memiliki ukuran kepala yang tidak proporsional.

Apa yang menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah?

Sebagian besar kasus BBLR disebabkan oleh kelahiran prematur. Karena pertumbuhan bayi paling banyak terjadi pada tahap akhir kehamilan, banyak bayi yang lahir sebelum usia kehamilan 37 tahun akan mengalami BBLR.

Kondisi lain juga dapat menyebabkan bayi Anda lahir dengan BBLR. Misalnya, BBLR dapat disebabkan oleh:

  • masalah dengan plasenta ibu
  • komplikasi dengan kehamilan ibu
  • Pertumbuhan janin terhambat (PJT)
  • cacat lahir

Nutrisi ibu yang buruk, penyalahgunaan obat-obatan atau alkohol pada ibu, atau perawatan prenatal yang tidak lengkap juga dapat meningkatkan risiko terjadinya BBLR pada bayi Anda.

Apa potensi komplikasi yang dapat disebabkan bayi BBLR?

Jika bayi Anda lahir dengan BBLR, mereka akan memiliki risiko lebih tinggi mengalami kesulitan perkembangan, komplikasi kesehatan, dan kematian dini daripada bayi yang lahir dengan berat badan normal. Mereka mungkin lebih lemah daripada bayi dengan berat lahir normal. Mereka juga mungkin mengalami kesulitan makan, menambah berat badan, tetap hangat, dan menangkal penyakit dan infeksi.

Beberapa komplikasi kesehatan umum yang terkait dengan BBLR meliputi:

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku
  • paru-paru atau organ lain yang kurang berkembang
  • masalah pernapasan
  • masalah pencernaan
  • masalah neurologis
  • masalah mata atau telinga
  • sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)

Semakin rendah berat lahir bayi Anda, semakin besar risiko komplikasi.

Bagaimana mendiagnosis bayi BBLR?

Bayi Anda akan ditimbang segera setelah lahir. Jika berat bayi Anda kurang dari 2500 gram,maka bayi Anda akan didiagnosis dengan BBLR. Jika beratnya kurang dari 1750 mereka akan didiagnosis dengan berat lahir sangat rendah (BBLSR).

Selama perawatan prenatal yang tepat, dokter Anda harus memantau perkiraan ukuran dan berat bayi Anda saat dalam kandungan. Dengan pemantauan selama perawatan prenatal, dapat membantu dokter Anda mengidentifikasi kemungkinan terjadinya kasus BBLR sejak dini, bahkan sebelum bayi Anda lahir.

Bagaimana merawat bayi BBLR?

Rencana perawatan bayi yang direkomendasikan untuk BBLR Anda akan tergantung pada kondisi bayi Anda secara spesifik. Jika bayi Anda terlahir dengan BBLR, bayi Anda mungkin perlu menjalani perawatan di rumah sakit sampai berat badannya cukup untuk dipulangkan.

Jika bayi Anda memiliki komplikasi lain, seperti paru-paru yang kurang berkembang atau masalah usus, mereka mungkin harus dirawat di rumah sakit sampai komplikasi tersebut telah diatasi melalui perawatan medis. 

Bayi Anda bisa dirawat di unit perawatan intensif neonatal (NICU), di mana profesional kesehatan dapat menggunakan tempat tidur yang memiliki kontrol suhu khusus dan cara pemberian makan khusus untuk merawat mereka.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia , bayi dengan BBLR harus diberi ASI ibu mereka jika memungkinkan. ASI (dan menyusui jika memungkinkan) dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan pertambahan berat badan. 

Jika ASI ibu kandungnya tidak tersedia, ASI donor dapat digunakan. Pemberian susu formula harus dianggap sebagai pilihan terakhir untuk pemberian nutrisi pada bayi BBLR.

Bagaimana harapan untuk bayi BBLR?

Bayi yang lahir dengan BBLR tetapi tidak memiliki komplikasi lain biasanya akan berkembang secara normal. Dalam beberapa kasus, bayi Anda mungkin mengalami keterlambatan perkembangan, cacat mental ringan, atau masalah kesehatan yang muncul sepanjang hidup mereka dengan berbagai tingkat keparahan.

Jika bayi Anda lahir dengan BBLR dan komplikasi lain, harapan kesembuhan mereka akan tergantung pada kondisi kesehatan bayi Anda secara spesifik. Kemajuan dalam ilmu kedokteran telah meningkatkan tingkat kelangsungan hidup dan meningkatkan prospek jangka panjang bagi banyak bayi BBLR dan komplikasi terkait. Tanyakan kepada dokter spesialis anak Anda mengenai informasi lebih lanjut tentang kondisi spesifik mereka, pilihan perawatan, dan rencana jangka panjang.


23 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cecelia McCarton. Behavioral Outcomes in Low Birth Weight Infants. Pediatrics Nov 1998, 102 (Supplement E1) 1293-1297. (https://pediatrics.aappublications.org/content/102/Supplement_E1/1293)
Iga Trisnawati, Harsono Salimo, Bhisma Murti. (2018). Biopsychosocial and Economic Determinants of Low Birth Weight in Jambi, South Sumatera: Path Analysis. Journal of Maternal and Child Health (2018), 3(1): 385-394. DOI: https://doi.org/10.26911/thejmch.2017.03.01.01. Journal of Maternal and Child Health. (http://thejmch.com/index.php?journal=thejmch&page=article&op=view&path%5B%5D=75)
Blencowe, Hannah et al. National, regional, and worldwide estimates of low birthweight in 2015, with trends from 2000: a systematic analysis. The Lancet Global Health, Volume 7, Issue 7, e849 - e860. (https://www.thelancet.com/journals/langlo/article/PIIS2214-109X(18)30565-5/fulltext)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app