Bahaya Utama Merokok bagi Kesehatan Tubuh Wanita

Tidak hanya pada laki-laki, wanita yang merokok juga akan mengalami masalah yang sama. Berikut ini bahaya utama merokok bagi kesehatan tubuh wanita yang harus Anda hindari dengan berhenti merokok.
Dipublish tanggal: Jun 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bahaya Utama Merokok bagi Kesehatan Tubuh Wanita

Rokok memiliki banyak kandungan yang berbahaya. Tidak hanya pada laki-laki, wanita yang merokok juga akan mengalami masalah yang sama. Berikut ini bahaya utama merokok bagi kesehatan tubuh wanita yang harus Anda hindari dengan berhenti merokok.

1. Kanker paru

Anda bisa mengalami kanker paru-paru. Penyakit yang risikonya saat besar dengan membuat badan menjadi sangat tidak sehat. Bahaya penyakit ini akan mempengaruhi pernapasan Anda.  Tingkat penyakit ini pada wanita menunjukkan angka yang tak kalah tinggi dari penderita pria.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

2. Kanker payudara

Bahaya berikutnya dari penyakit ini adalah Anda bisa terkena kanker payudara. Kanker ini akan menyebabkan payudara tidak lagi dalam kondisi normal. Kandungan zat kimia di dalam rokok akan membuat sel kanker di dalam tubuh menjadi ganas. Risiko terburuk dari kanker ini adalah payudara diamputasi.

3. Gangguan menstruasi

Wanita yang merokok akan mengalami gangguan menstruasi. Anda bisa mengalami menstruasi yang berlebihan atau terlambat datang menstruasi. Siklus haid yang tidak teratur tentu saja akan mempengaruhi masa ovulasi Anda.

Apa lagi jika sedang dalam program hamil penting sekali untuk bisa mendapatkan haid yang teratur agar lebih mudah menjalankan program hamil. Masalah menstruasi ini terjadi karena karena adanya kandungan racun di dalam rokok yang akan mempengaruhi ovarium dan indung telur. 

Akibatnya kadar hormon estrogen akan menurun drastis.

4. Gangguan kesuburan

Selanjutnya Anda akan mengalami gangguan kesuburan karena masalah ini. Bisa dikatakan bahwa hampir 72% wanita yang merokok berisiko mengalami kemandulan. Jadi jika sampai saat ini belum memiliki anak dan mempunyai kebiasaan merokok maka saatnya untuk berhenti. 

Anda perlu hati-hati dan segera meninggalkan kebiasaan buruk mengisap rokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

5. Gangguan kehamilan

Bahaya rokok akan lebih besar lagi jika wanita yang sedang hamil merokok. Zat racun di dalam rokok dapat mengganggu pertumbuhan janin, bahkan bisa berisiko menyebabkan kelahiran prematur. Bayi yang dilahirkan pun berisiko mengalami berat badan lahir rendah.

6. Mengurangi kepadatan tulang

Rokok bahkan sangat berbahaya bagi kesehatan tulang karena dapat mengurangi kepadatan tulang Anda. Kondisi ini terjadi karena rokok memiliki kandungan radikal bebas yang mengganggu keseimbangan hormon. 

Akibatnya tubuh akan menghasilkan enzim yang dapat merusak estrogen, sehingga mempengaruhi kepadatan tulang.

Estrogen merupakan bagian yang penting bagi tubuh karena berperan penting untuk pembentukan tulang. Terlebih lagi jika Anda sudah memasuki usia menopause, sebaiknya segera berhenti untuk merokok. Risiko kerusakan tulang akan semakin buruk jika terus merokok.

7. Memicu rematik

Bahaya rokok yang juga akan Anda alami adalah memicu penyakit rematik yang membuat bagian sendi Anda mengalami bengkak dan terasa panas. Terlebih jika Anda dalam proses pengobatan rokok dapat menghambat kinerja obat sehingga menjadi tidak efektif. 

Bahkan jika akan melakukan operasi kandungan rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa berisiko komplikasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

8. Katarak

Risiko lainnya yang akan dialami wanita adalah penyakit katarak. Sebuah penyakit mata yang disebabkan kerusakan lensa mata. Risiko ini sebagian besar terjadi pada wanita yang lanjut usia. Anda yang perokok akan berisiko lebih besar mengalami penyakit katarak.

Anda yang akan merasakan akibat dari kebiasaan merokok yang terus dilakukan. Apa lagi jumlah rokok yang dihisap dalam sehari bisa mencapai setengah bungkus. Anda perlu segera memahami bahwa rokok sangat mempengaruhi kondisi kesehatan. 

Jika tidak berhenti sekarang maka Anda akan menyesal dalam waktu yang lama bahkan bisa jadi selamanya.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Smoking: A Women’s Health Issue. U.S. Food and Drug Administration (FDA). (https://www.fda.gov/tobacco-products/health-information/smoking-womens-health-issue)
The Unique Dangers of Smoking for Women. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/smoking-womens-health-perspective-3520429)
Women and Smoking: The Effect of Gender on the Epidemiology, Health Effects, and Cessation of Smoking. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4871621/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app