Bahaya Radiasi Handphone bagi Kesehatan dan Tips Mengatasinya

Selain dapat mempermudah komunikasi dan pekerjaan manusia, handphone juga dapat menyebabkan ketergantungan bagi penggunaannya. Bahaya radiasi handphone bagi kesehatan adalah sebagai berikut:
Dipublish tanggal: Sep 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Kemajuan teknologi dan informasi di zaman modern membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien untuk dilakukan. Salah satu alat komunikasi yang tengah digandrungi kaum milenial saat ini yaitu handphone atau smartphone. 

Banyak sekali fasilitas yang ditawarkan oleh handphone dan semakin berkembang dengan seiringnya waktu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Tidak hanya sebagai alat komunikasi, handphone era modern yang berkembang saat ini juga dapat digunakan untuk membantu pekerjaan, mengabadikan momen, atau untuk mencari hiburan. Tapi tahukah Anda bahwa handphone juga memiliki efek buruk bagi kesehatan? 

Radiasi pada handphone dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan manusia. Hal tersebut dikarenakan radiasi gelombang radio yang diterima dan dikirimkan oleh handphone dapat menyebar ke segala arah, tak terkecuali tubuh. 

Walaupun belum diketahui secara pasti mengenai bahaya radiasi handphone bagi kesehatan, tetapi ada kemungkinan radiasi handphone membawa efek buruk bagi kesehatan. Apa saja bahaya radiasi handphone? Dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak uraian di bawah ini.

Bahaya radiasi handphone bagi kesehatan

Selain dapat mempermudah komunikasi dan pekerjaan manusia, handphone juga dapat menyebabkan ketergantungan bagi penggunaannya. Bahaya radiasi handphone bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan kesuburan pria

Pria cenderung lebih suka menyimpan handphone di saku celana atau menyisipkannya pada ikat pinggang. Padahal kebiasaan tersebut memberi efek buruk bagi kesehatan reproduksi pria

Hal tersebut dikarenakan letak handphone yang berdekatan dengan organ intim pria yang mungkin dapat mengganggu produksi sperma. Sperma yang terkena radiasi mungkin akan mengalami kerusakan, kemampuan bergerak menjadi lebih rendah, serta memiliki daya tahan hidup yang singkat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Tetapi temuan ini masih membutuhkan banyak penelitian lanjutan lagi.

2. Mengganggu janin pada ibu hamil

Sebaiknya Anda bijak dalam menggunakan handphone, terutama jika Anda sedang hamil. Pasalnya radiasi yang dihasilkan handphone dapat mengganggu janin pada ibu hamil. 

Efek buruk radiasi handphone mungkin dapat menyebabkan gangguan perilaku seperti sulit bersosialisasi, hiperaktif, dan tidak peka dengan lingkungannya. Selain itu, radiasi handphone dapat mempengaruhi lapisan pelindung yang mengelilingi sel saraf otak pada janin.

3. Memicu depresi

Radiasi yang dihasilkan dari handphone dapat masuk ke otak untuk mengendalikan pola pikir Anda. Sehingga Anda bisa mengalami ketergantungan untuk menggunakan handphone dalam waktu yang lama. Hal ini bisa membuat Anda depresi jika suatu saat Anda tidak bisa menggunakan handphone lagi.

4. Memicu sakit kepala

Menggunakan handphone yang terlalu dekat dengan kepala juga memberi efek buruk bagi kesehatan, misalnya seperti sakit kepala atau muntah-muntah. Pada suatu kondisi tertentu pengguna handphone dapat mengalami vertigo.

5. Menyebabkan kerusakan otak

Radiasi yang dihasilkan dari handphone mampu menembus jaringan otak. Apabila handphone digunakan tanpa henti bisa menyebabkan glaukoma dan memicu munculnya sel otak akustik neuroma.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

6. Memicu penyakit katarak

Paparan radiasi handphone dapat menyebabkan pemadatan kabut secara perlahan dan berpotensi menghalangi kornea, serta membentuk katara. Sebaiknya Anda tidak meletakkan handphone terlalu dekat dengan mata atau telinga. 

7. Memicu kanker

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut, tapi radiasi handphone mungkin dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Kebiasaan menaruh handphone yang masih aktif pada saku baju dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara

Hal tersebut akan terakumulasi selama bertahun-tahun, lalu mengaktifkan sel kanker dan mempercepat munculnya kanker payudara.

Tips mengatasi radiasi handphone

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi radiasi handphone supaya tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan Anda:

  1. Bijaklah dalam menggunakan handphone, gunakan apabila Anda benar-benar membutuhkannya.
  2. Saat tidak digunakan, letakkan handphone berjauhan dengan tubuh Anda.
  3. Saat menerima panggilan, ANda bisa menggunakan hands-free atau loudspeaker.
  4. Berkomunikasi melalui pesan singkat daripada telpon guna meminimalisir rasiadi.
  5. Jangan menaruh handphone di saku celana, saku baju, dan pada ikat pinggang.
  6. Gunakan handphone ketika sinyal kuat, karena saat sinyal lemah handphone mengeluarkan banyak energi untuk berkomunikasi.
  7. Jauhkan handphone dari jangkauan anak-anak.

Itulah beberapa efek buruk radiasi handphone dan tips untuk mengatasinya. Gunakan handphone jika Anda memerlukannya. Berkomunikasilah secara langsung dengan pasangan, keluarga, atau rekan kerja Anda.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What are the health risks associated with mobile phones and their base stations?. World Health Organization (WHO). (https://www.who.int/features/qa/30/en/)
Electromagnetic fields and public health: mobile phones. World Health Organization (WHO). (https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/electromagnetic-fields-and-public-health-mobile-phones)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app