Perawatan Wajah

Kebiasaan Ini Merusak Wajah Cantik Anda

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Apr 7, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kebiasaan Ini Merusak Wajah Cantik Anda

Paras yang sedap dipandang tentunya menjadi dambaan semua orang. Beberapa orang memang beruntung dikaruniai wajah yang cantik dan tampan secara genetik, namun demikian, wajah yang indah tidak akan bertahan lama jika beberapa kebiasaan yang merusak kecantikan ini terus-menerus dilakukan.

Penyebab Kerusakan Wajah

Hindari kebiasaan berikut untuk menjaga tampilan wajah tetap sedap dipandang.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

1. Menggunakan Sarung Bantal dan Guling yang Kotor

Tidur yang cukup jelas dibutuhkan oleh tubuh dan kesehatan diri Anda. Namun, jika Anda tidur beralaskan sarung bantal yang kasar dan tidur tanpa berganti posisi dalam waktu yang lama, garis-garis bekas tekanan yang terjadi selama tidur dapat menempel di kulit. Jika spot yang sama berulangkali mendapatkan tekanan, lama-kelamaan  akan menyerap kelembapan alami kulit dan membuat penuaan dini terjadi di tempat terjadinya tekanan. Untuk mengatasinya, pilihlah sarung bantal berbahan kain halus seperti sutra. Sutra sendiri merupakan bahan olahan dari tanaman yang mengandung asam amino seperti yang ada di dalam pelembap kulit. 

2. Memakai makeup

Berbagai produk kecantikan dapat merusak tampilan wajah Anda, begitu juga dengan berbagai krim wajah, pelembap, foundation dan sebagainya. Kebanyakan penyebabnya ada pada tangan yang tidak bersih saat melakukannya. Ingatlah untuk selalu mencuci tangan sebelum melakukan perawatan wajah yang menggunakan tangan Anda. Di jari-jari tangan kita terdapat bakteri dan mengoleskan sesuatu di wajah menggunakan tangan yang tidak bersih lama-kelamaan akan merusak kulit wajah, menyebabkan infeksi dan jerawat

3. Minum menggunakan sedotan

Tujuan menggunakan sedotan mungkin agar Anda tidak tersedak, tapi kebiasaan ini malah merusak wajah cantik Anda, lho. Tanpa Anda sadari, saat Anda menggunakan sedotan, bibir Anda akan mengerucut dan membuat munculnya garis-garis halus di sekitar mulut, hampir sama dengan Anda yang merokok. Untuk menghindari hal ini, minumlah langsung mulut gelas dan hindari minum dari botol maupun melalui sedotan.

4. Berbicara terlalu lama lewat telepon

Menempelkan telepon ke wajah, entah itu telepon biasa atau handphone, dapat juga merusak wajah dalam jangka waktu yang lama. Telepon yang kita pakai sudah ditempeli banyak bakteri dan kuman, mulai dari bakteri yang asalnya dari tangan orang lain atau akibat meletakkan handphone secara sembarangan. Terkadang, Anda bahkan membawa telepon genggam ke kamar mandi, yang dapat mengundang lebih banyak kuman menempel di lapisan terluar handphone. Akibatnya, handphone yang kotor itu akan menempel pada kulit wajah dan menimbulkan jerawat. Gunakanlah tisu basah anti bakteri untuk membersihkan telepon genggam sebelum menempelkan telepon ke telinga dekat wajah dan perhatikan di mana saja Anda meletakkan handphone Anda saat ada di luar maupun di dalam rumah.

5. Keramas dengan sampo dan kondisioner yang salah

Produk perawatan rambut juga akan menentukan tampilan wajah Anda. Meski hanya rambut yang terkena sampo maupun kondisioner, pasti wajah Anda  juga akan terpapar  produk rambut yang Anda gunakan. Kebanyakan sampo dan kondisioner mengandung senyawa kimia yang disebut dengan sodium laureth sulphate. Senyawa kimia ini berpotensi merusak tidak hanya rambut, tapi juga kulit yang tersentuh serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. Volume rambut dapat berkurang, dan wajah dapat berjerawat. Pilihlah sampo dan kondisioner yang berbahan organik sebagai gantinya.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 Bad Skin Habits – and How to Break Them. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/skin-beauty-pictures/bad-skin-habits-to-break.aspx)
5 Habits That Are Bad for Your Skin. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/features/bad-skin-habits#1)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app