Bahaya Pada Bayi Bila Ibu Terlentang Saat Hamil Tua

Dipublish tanggal: Okt 1, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Hamil tua atau trimester ketiga kehamilan Anda adalah dari minggu 29 hingga minggu 40. Perasaan pada tahap kehamilan ini cenderung berubah dari kelelahan dan kekhawatiran menjadi kegembiraan tentang bayi.

Bayi Anda terus tumbuh, dan ketika trimester ketiga berlangsung, mereka akan memiliki peluang yang lebih baik jika mereka dilahirkan lebih awal. Anda akan mendapat lebih banyak pemeriksaan dengan bidan di trimester ketiga, karena penting untuk mengawasi kesehatan Anda dan bayi Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Posisi bayi Anda menjadi lebih penting sekarang dan Anda mungkin mulai berpikir tentang apa yang terjadi selama persalinan. Jika Anda bisa, gunakan beberapa minggu terakhir ini untuk bersiap-siap untuk bayi dan nikmati waktu untuk mengadaptasikan jelang melahirkan.

Satu hal penting yang perlu diingat pada trimester ketiga adalah Anda sekarang harus tidur menyamping di malam hari.

Tidur Terlentang Saat Hamil Tua

Penelitian telah menunjukkan bahwa pada hamil tua (setelah 28 minggu kehamilan) dengan tidur terlentang akan meningkatkan risiko bayi lahir mati. Karena tautannya sekarang telah diperlihatkan dalam empat percobaan penelitian terpisah, saran kami adalah tidur miring  pada trimester ketiga karena lebih aman untuk bayi Anda. 

Saran tidur menyamping saat hamil tua terutama pada :

  1. tidur di malam hari
  2. kembali tidur setelah bangun malam
  3. tidur siang hari.

Risiko lahir mati pada bayi cenderung meningkat pada ibu hamil yang memiliki kebiasaan tidur terlentang.

Posisi tidur pada hamil tua penting karena gabungan berat bayi dan kandungan memberi tekanan pada organ-organ lain di tubuh Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Para peneliti tidak tahu pasti apa yang sebenarnya menyebabkan peningkatan risiko lahir mati, tetapi kita sudah tahu yang berikut, yang bisa berperan pada beberapa kondisi.

Ketika tidur atauberbaring telentang, bayi dan rahim memberi tekanan pada pembuluh darah utama yang memasok rahim dan ini dapat membatasi aliran darah dan oksigen ke bayi.

Studi terbaru lebih lanjut telah menunjukkan bahwa ketika seorang wanita berbaring telentang di akhir kehamilan (dibandingkan dengan berbaring miring) bayi kurang aktif dan memiliki perubahan dalam pola denyut jantung. Ini diduga karena kadar oksigen yang lebih rendah pada bayi ketika ibu berbaring telentang.

Bahaya Pada Bayi 

  • Tidur telentang: Hal ini dapat menyebabkan masalah dengan sakit punggung, pernapasan, sistem pencernaan, wasir, tekanan darah rendah dan menyebabkan penurunan sirkulasi ke jantung dan bayi Anda. Kondisi ini adalah diakibatkan hasil dari perut Anda bertumpu pada usus dan pembuluh darah utama (aorta dan vena cava).
  • Tidur tengkurap: Saat kehamilan Anda semakin jauh ke trimester tiga, perut Anda mengalami perubahan fisik dan membuatnya lebih sulit bagi Anda untuk berbaring tengkurap.

Cara Tidur Miring Dengan Benar

Letakkan bantal di belakang Anda agar tidak jatuh terlentang. Itu tidak akan mencegah Anda berada di punggung Anda dengan pasti tetapi cenderung membuatnya lebih tidak nyaman.

Jika Anda memiliki rambut panjang, coba ikat dengan sanggul atau ikat rambut rendah, yang mungkin membuatnya tidak nyaman untuk tidur terlentang dalam waktu lama.

Jika Anda bangun dengan pada malam hari, periksa posisi Anda dan kembali tidur posisi miring Anda sebelumnya.  Jika Anda cenderung tidur siang, perhatikan posisi tidur yang sama di siang hari seperti pada malam hari.

Perhatikan Diet Anda saat hamil tua

Untuk saat ini, bayi masih menerima semua nutrisi dari ibu, itulah sebabnya Anda harus mencoba mempertahankan pola makan yang bervariasi dan seimbang untuk memberikan porsi dan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan tubuh si kecil.

  • Penting untuk memastikan bahwa makanan Anda termasuk protein hewani dan nabati, kalsium, zat besi, dan serat.
  • Disarankan agar Anda mengurangi makanan yang kaya lemak atau karbohidrat, dan menghindari makanan alergi.
  • Merokok dan minum alkohol sangat tidak diperkenankan selama kehamilan. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Exactly How Bad Is It to Sleep on Your Back When You’re Pregnant?. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/exactly-how-bad-is-it-to-sleep-on-your-back-when-youre-pregnant/)
Advice to pregnant women - 'avoid sleeping on your back during last trimester'. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/news/pregnancy-and-child/pregnant-women-should-avoid-sleeping-back-last-trimester/)
Sleeping Positions in Pregnancy: Can I Sleep on My Back?. Parents. (https://www.parents.com/pregnancy/my-body/can-i-still-sleep-on-my-back-while-im-pregnant/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app