Bagaimana Cara Mencegah Pembentukan Terjadinya Varises?

Anda dapat mencegah perburukan gejala varises. Anda juga bisa menjalani gaya hidup sehat untuk menunda masalah dengan vena selama mungkin. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:
Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bagaimana Cara Mencegah Pembentukan Terjadinya Varises?

Varises berkembang karena berbagai alasan. Faktor risiko termasuk usia, riwayat keluarga, menjadi seorang wanita, kehamilan, obesitas, penggantian hormon atau terapi kontrasepsi, duduk atau berdiri yang berkepanjangan, dan lainnya. 

Beberapa faktor risiko ini seperti riwayat keluarga atau usia, lebih sulit untuk dihindari daripada yang lain. Tetapi apakah ada cara untuk mencegah pembentukan varises?

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Sayangnya, jawabannya tidak. Namun, Anda dapat mencegah perburukan gejala varises. Anda juga bisa menjalani gaya hidup sehat untuk menunda masalah dengan vena selama mungkin. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Hindari duduk atau berdiri dalam waktu lama

Berdiri atau duduk dalam satu posisi untuk waktu yang lama membuat darah menjadi lebih sulit berjalan di pembuluh darah kaki melawan gravitasi. 

Hal ini akan menyebabkan tekanan pada pembuluh darah meningkat, dan pada akhirnya menyebabkan darah menggenang di sekitar pergelangan kaki dan kaki serta betis mengalami pembengkakan dan terasa pegal.

Kebiasaan bergerak aktif akan mengurangi tekanan vena dan meningkatkan sirkulasi darah Anda. Jika pekerjaan Anda membutuhkan duduk dalam waktu lama, lakukan latihan kecil, seperti berikut:

  • menjajakan kaki
  • meregangkan pergelangan kaki 
  • tekuk lutut Anda seperti “berbaris”

Cobalah untuk mengangkat kaki Anda setidaknya tiga kali sehari, selama 15 menit setiap kali. Mengangkat kaki Anda di atas jantung dapat menghasilkan sirkulasi darah yang lebih baik dan pembengkakan pergelangan kaki akan berkurang.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

2. Kenakan kaus kaki kompresi

Kompres kaus kaki dapat membantu menjaga katup vena Anda pada posisi yang tepat. Ini membuatnya lebih mudah untuk pembuluh darah berfungsi dengan baik dan mengurangi pengumpulan darah, pembengkakan, dan rasa sakit.

Gejala kram malam juga akan membaik apabila Anda menggunakan kompresi kaus kaki pada siang harinya. 

Ada berbagai jenis tingkat kompresi tergantung pada seberapa rusak pembuluh darah Anda. Sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda mengenai pilihan jenis kaus kaki yang paling tepat untuk Anda.

3. Jalani gaya hidup sehat

Varises dapat berkembang berdasarkan faktor risiko yang tidak dapat Anda pengaruhi. Maka, penting untuk mencoba mempraktikkan pilihan gaya hidup sehat agar dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada pembuluh darah Anda.

Obesitas, dengan tekanan lebih tinggi di dalam pembuluh darah, adalah salah satu faktor yang memberatkan. Makan makanan sehat berdasarkan karbohidrat kompleks, jumlah protein yang cukup, dan lemak sehat adalah yang terpenting. 

Hindari makanan tinggi garam, dan sertakan makanan tinggi serat dan kalium. Minumlah cukup air sepanjang hari. Hidrasi yang tepat menandai sirkulasi darah yang sehat.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

4. Olahraga harus menjadi bagian dari rutinitas Anda

Latihan yang paling bermanfaat untuk mencegah varises adalah berjalan.

Yoga juga merupakan pilihan yang baik. Anda dapat berlatih banyak pose yang membuat kaki Anda lebih tinggi dari hati Anda. Postur ini disebut dengan inversi, yang termasuk dengan sandaran kepala, pundak bahu, dan Pose Kaki-Atas-Dinding.

Yoga juga dapat membantu meregangkan dan mengencangkan otot-otot terdalam di betis dan paha belakang Anda. 

Jenis latihan bermanfaat lainnya termasuk bersepeda dan berenang.

5. Posisi tidur untuk wanita hamil

Kehamilan adalah salah satu penyebab terbesar varises.

Tidur di sisi kiri Anda dapat membantu mencegah pembentukan varises dan meringankan gejala varises yang ada. 

Posisi tidur ini membantu mengurangi tekanan yang terjadi pada rahim yang membesar di pembuluh darah besar di daerah panggul, yang terletak di sisi kanan tengah tubuh Anda.

Seiring dengan waktu, katup vena cenderung akan melemah dan menyebabkan varises semakin buruk. Anda tidak dapat mengubah apapun mengenai faktor usia, jenis kelamin, atau riwayat keluarga Anda. 

Tetapi mengikuti diet sehat, berolahraga teratur, tetap terhidrasi dengan baik, dan menjaga tekanan darah adalah semua aspek yang dapat membantu mencegah perburukan gejala varises.

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Riggin EA. AllScripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. Oct. 20, 2015.
Horse chestnut. National Center for Complementary and Integrative Health. https://nccih.nih.gov/health/horsechestnut.
Comparative effectiveness chart for chronic venous insufficiency. Natural Medicines. https://naturalmedicines.therapeuticresearch.com.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app