Bagaimana Cara Memilih Foundation yang Tepat?

Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 5 menit
Bagaimana Cara Memilih Foundation yang Tepat?

Foundation merupakan salah satu produk kosmetik yang digunakan untuk meratakan warna kulit melalui menutup lubang pori-pori dan menyamarkan noda kemerahan pada wajah. Foundation digunakan sebelum memakai bedak dan bisa membuat bedak lebih merata pada wajah. 

Namun, pada saat ini, terdapat banyak sekali macam foundation tersebut, mulai dari beragamnya merk, hingga kualitas dan kelebihan masing-masing produk harus menjadi pertimbangan kita dalam memilih foundation selain faktor harga. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain itu, warna, coverage (kemampuan produk menutupi muka), formula, dan komposisi setiap foundation pun beragam. Yuk, kenali berbagai macam jenis foundation.

Foundation Cair

Foundation cair adalah foundation yang berbentuk cair dan memiliki formula yang paling ringan sehingga foundation ini paling mudah digunakan dibanding foundation jenis lain. Foundation cair dapat menyatu dengan sangat baik di kulit wajah Anda. 

Foundation cair dapat diaplikasikan ke muka dengan jari, sponge make up, ataupun dengan kuas foundation. Foundation cair dapat dikemas dengan 2 cara, yaitu di botol pompa maupun di tabung spray. Selain itu, foundation cair juga dapat dibedakan lagi berdasarkan warna dan formulanya. 

Ada berbagai macam warna yang tersedia dan Anda tinggal pilih yang sesuai dengan warna kulit wajah Anda. Untuk formulanya, ada yang berbasis minyak (oil-based) dan ada yang berbasis air (water-based). 

Bagi Anda yang memiliki kulit cenderung kering dan keriput, dapat memilih foundation yang berbasis minyak, sedangkan untuk Anda yang kulitnya berminyak, normal, ataupun kombinasi, dapat memilih foundation yang berbasis air.

Macam dari foundation cair yang lain adalah BB cream, CC cream, dan pelembap berwarna (tinted moisturizer). Foundation jenis ini daya coverage nya paling ringan dibandingkan dengan foundation cair jenis lain, namun menghasilkan hasil make up yang terlihat alami.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Foundation krim

Foundation krim ini lebih cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kulit normal dan cenderung kering. Hal ini disebabkan karena foundation krim mengandung minyak, teksturnya juga tebal dan lembut sehingga menjadikan kulit wajah Anda kenyal dan lembap. 

Biasanya, foundation krim dikemas dalam stick padat, botol tabung, dan pot kecil. Foundation krim dapat dijadikan sebagai concealer dan paling baik jika diaplikasikan ke wajah menggunakan sponge makeup yang lembap. 

Daya coverage dari foundation krim ini juga paling menyeluruh karena teksturnya yang tebal, sehingga dapat menutupi ketidaksempurnaan maupun noda pada wajah, serta memberikan efek lembap yang paling baik dibanding foundation jenis lain. 

Namun sayangnya, tekstur dari foundation krim ini berat sehingga dapat menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan komedo serta jerawat

Salah satu varian lain dari foundation krim adalah mousse foundation. Foundation mousse adalah foundation berbasis air yang ringan dan formulanya cepat kering. Foundation ini terbuat dari campuran bubuk dan pelembab

Tampilan akhir yang dihasilkan bila menggunakan mousse foundation adalah matte atau tidak mengkilap sehingga emberikan efek yang lebih alami pada wajah. Mousse foundation ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit wajah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Foundation bubuk

Foundation bubuk atau powder foundation biasa dijumpai dalam bentuk loose powder maupun bedak padat. Foundation ini memiliki formula yang sangat kering dan hampir tidak mengandung air sama sekali. Dengan bentuk bubuk, Anda dapat menghasilkan tampilan apapun yang Anda inginkan, mulai dari yang alami hingga yang sangat dramatis sekalipun. 

Foundation bubuk cenderung lebih mudah digunakan sehingga foundation ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang baru belajar makeup dan tidak terbiasa menggunakan makeup. 

Foundation bubuk ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit normal hingga berminyak. Anda yang memiliki kulit kering justru harus menghindari foundation bubuk ini. 

Foundation bentuk loose powder dapat diaplikasikan ke wajah dengan menggunakan kuas yang halus dan lembut, sedangka bila Anda menggunakan foundation yang berbentuk bedak padat, Anda bisa menggunakan sponge makeup lembap untuk mengaplikasikannya ke wajah Anda.

Varian lain dari foundation bubuk ini adalah mineral foundation. Mineral foundation adalah foundation yang terbuat dari batu mineral bumi yang sudah melalui proses penumbukan dan penggilingan, sehingga teksturnya menjadi bubuk yang sangat halus. 

Foundation jenis ini merupakan foundation yang aman dan alami untuk semua jenis kulit, namun sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit sensitif karena kandungan mineralnya. 

Berikut tips-tips untuk memoleskan foundation supaya lebih sempurna : 

Merias wajah dalam pencahayaan ruang yang tepat

Merias wajah harus dalam pencahayaan ruangan yang pas. Apabila Anda merias wajah dapam pencahayaan lampu kuning, Anda akan terlihat dekil. Namun apabila Anda merias wajah dalam pencahayaan lampu neon, Anda akan terlihat pucat. Pencahayaan terbaik untuk merias wajah  adalah sinar matahari alami. 

Namun, sinar matahari alami sulit untuk didapatkan setiap kali, karena tidak mungkin Anda merias wajah di luar ruangan atau di jalanan. Maka dari itu, apabila tidak ada sinar matahari yang bisa masuk ke kamar Anda, Anda bisa menggunakan cermin dengan lampu LED putih hangat.

Mengetahui warna dasar kulit Anda

Kesalahan terbesar yang biasanya terjadi dalam memilih foundation adalah salah pilih warna. Warna foundation yang utama ada 3, yaitu : 

Dingin

Dingin ditandai dengan huruf C, yaitu untuk kulit yang memiliki semburat merah muda, kemerahan, kebiruan, urat di pergelangan tangan dalam biru atau ungu.

Netral

Netral ditandai dengan huruf N, yaitu untuk kulit yang warnanya antara kemerahan atau kekuningan. Urat  pada pergelangan tangan Anda berwarna biru kehijauan.

Hangat,

Hangat ditandai dengan huruf W, yaitu untuk kulit yang cenderung berwarna kekuningan, keemasan, peach dengan warna urat di pergelangan tangan berwarna hijau atau hijau kekuningan.

Dengan mengetahui warna kulit Anda, akan semakin mudah untuk mencari foundation yang cocok untuk Anda. Anda bisa mencoba kecocokan foundation dengan  mengoleskannya di dada atau rahang, bukan di lengan atau leher Anda.

Mengetahui jenis kulit Anda

Untuk mengetahui jenis kulit Anda, Anda bisa mencoba menempelkan potongan tisu di beberapa titik wajah seperti dahi, pipi, hidung, dan dagu yang sudah Anda bersihkan dan keringkan. 

Semakin cepat kertas tisu terjatuh dari wajah, artinya kulit Anda cenderung normal atau kering. Lalu apabila tisu menempel di dagu, berarti kulit Anda cenderung kombinasi.

Dengan mengetahui jenis kulit Anda, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan foundation yang tepat untuk Anda. Misalnya, untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak, maka fpundation dengan formula bebas minyak (oil-free) yang memberikan tampilan akhir matte lebih cocok untuk Anda. 

Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit kering, cocok untuk menggunakan foundation yang berformula pelembap. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif atau rentan alergi, lebih baik menggunakan foundation berformula nonkomedogenik atau hypoallergenic

Sedangkan Anda yang memiliki kulit normal dan kombinasi, dapat mencoba beberapa foundation dengan formula yang berbeda untuk melihat mana yang terbaik untuk kulit Anda.

Jangan mengusap foundation, tapi tepuk dan pantulkan

Cara mengaplikasikan foundation adalah dengan gerakan memutar, menepuk, dan memantulkan, serta jangan menggosoknya. Anda bisa memulai dari bagian tengah wajah hingga menyebar ke pinggir batas rambut. 

Mengusap foundation berarti sebagian besar dari sisa produk akan menempel dan tertinggal di jari Anda, kuas, atau sponge yang Anda gunakan untuk mengaplikasikan foundation. Setelah itu, Anda dapat menggunakan bedak sesuai selera untuk hasil yang lebih optimal.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Your Crash Course on Choosing the Right Foundation. InStyle. (Accessed via: https://www.instyle.com/beauty/makeup/how-choose-foundation)
Problems with Foundation: The Puzzle Solved. Oprah.com. (Accessed via: https://www.oprah.com/style/how-to-choose-and-use-the-right-foundation/all)
6 essential tips for choosing the perfect foundation shade. Cosmopolitan.com. (Accessed via: https://www.cosmopolitan.com/uk/beauty-hair/makeup/a42677/6-essential-tips-for-choosing-the-perfect-foundation-shade/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app