Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Azelaic Acid: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.298.848 orang

Siapa sih yang tidak merasa terganggu dengan munculnya jerawat? Pastinya hampir setiap orang baik wanita maupun pria akan merasa risih dan terganggu dengan munculnya jerawat, dimanapun jerawat itu muncul. Selain akan merasa terganggu jerawat juga dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Jerawat sendiri merupakan suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan  kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit  kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang  merangsang  kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi,  kehamilan, pemakaian pil KB, stres dan lain-lain.

Saat ini terdapat banyak pengobatan ataupun terapi untuk mengatasi masalah jerawat. Kalau berbicara mengenai jerawat, kandungan yang kerap disebut-sebut ampuh melawannya adalah  salicylic acid, benzoyl peroxide, tea tree oil, atau   sulfur. 

Namun, pernahkah Anda mendengar nama Azelaic Acid sebelumnya? Obat ini termasuk ke dalam  kandungan yang digunakan untuk eksfoliasi, ternyata Azelaic Acid juga menyimpan manfaat untuk kulit berjerawat. Berikut simak penjelasan lebih lanjut mengenai Azelaic acid. Selamat membaca.

Kegunaandari obat Azelaic acid

Azelaic acid merupakan sebuah komponen organik yang bisa ditemui di gandum dan barley. Senyawa ini digunakan untuk mengobati jerawat ringan sampai sedang, jerawat komedo dan jerawat inflamasi. Azelaic acid termasuk kelas pengobatan yang disebut asam dikarboksilat.

Asam azelat ini mempunyai efek anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-komedogenik, dan zat keratolitik. Senyawa ini bekerja dengan membunuh bakteri jerawat yang menginfeksi pori-pori kulit dan juga menurunkan produksi keratin, yang merupakan zat alami yang mendorong pertumbuhan bakteri jerawat.

Selain dapat menangani masalah jerawat, Azelaic acid juga dapat digunakan sebagai pengobatan gel topikal untuk penyakit  rosacea, karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Senyawa ini dapat membersihkan benjolan dan pembengkakan yang disebabkan oleh Rosacea. Mekanisme kerjanya dianggap melalui penghambatan aktivitas protease hiperaktif yang mengubah katoda menjadi peptida kulit antimikroba.

Dosis dari obat Azelaic acid

Jerawat vulgaris

  • Dewasa: krim 20% atau gel 15%: Oleskan tipis-tipis ke daerah yang terkena jerawat (pagi dan sore) setelah pembersihan. Perubahan baru dapat dilihat dalam waktu 4 minggu. Lama pengobatan hingga 6 bulan.
  • Anak: ≥12 thn Sama dengan dosis dewasa.

Rosacea

  • Dewasa: Gel 15%: Oleskan tipis ke daerah yang terjadi peradagan (pagi dan sore). perubahan baru akan terjadi dalam 4-8 minggu.
  • Anak: ≥12 thn Sama dengan dosis dewasa.

Berikut nama merek untuk asam azelaic yaitu Azepur99, Azetec99, Azaclear (azelaic acid dan niacinamide), AzClear Action, Azelex, krim White Action, Finacea, Finevin, Melazepam, Skinoren, Ezanic, Azelac, Azaderm, dan lain-lain.

Efek samping dari obat Azelaic acid

Pastinya hampir setiap penggunaan obat memiliki efek samping, sama seperti halnya pada Azelaic acid. Berikut efek samping yang mungkin muncul pada penggunaan Azelaic acid (setiap individu memiliki reaksi yang berbeda-beda:

  • Kulit kering
  • Gatal
  • Kulit terasa terbakar
  • Kehilangan pigmen

Jika terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan di atas atau gejala lainnya yang menetap dan mengganggu aktivitas Anda, segera konsultasikan ke dokter kulit untuk penanganan yang lebih lanjut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Perhatian dan peringatan penggunaan obat Azelaic Acid

  • Hindari makanan pedas, minuman beralkohol dan minuman panas yang dapat memprovokasi eritema, kemerahan dan memerah selama pengobatan rosacea.
  • Jangan gunakan Azelaic acid selama lebih dari 12 bulan
  • Konsultasikan ke dokter jika selama pengobatan terjadi berubahan abnormal pada kulit Anda.
  • Pasien dengan kulit gelap berisiko untuk hipopigmentasi.
  • Senyawa ini hanya dapat digunakan pada kulit saja
  • Untuk penggunaan pada ibu hamil dan menyusui sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter mengenai keamanannya.

Kalau Anda dengan kulit berjerawat dan pernah mengalamiiritasi dengan glycolic acid atau salicylic acid, produk dengan Azelaic acid ini bisa jadi alternatif lain untuk dicoba. 

Kuncinya yang penting sabar, karena kulit biasanya baru regenereasi setelah satu bulan pemakaian rutin. Jangan lupa juga untuk selalu ingat pakai sunscreen setiap memakai produk-produk eksfoliasi.

Sebaiknya Anda rajin untuk kontrol keadaan kulit Anda setelah menggunakan Azelaic acid. 

Jika tidak ada perbaikan setelah penggunaan 6 bulan atau bahkan terjadi perburukan kondisi, segera konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini