Kehamilan

Apakah Norit Aman Untuk Ibu Hamil ?

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Apakah Norit Aman Untuk Ibu Hamil ?

Kabar kehamilan seorang istri d tengah keluarga memang selalu menjadi kabar yang ditunggu-tunggu dan sangat membahagiakan baik untuk si suami, orang tua dan si istri itu sendiri. 

Umumnya setiap keluarga akan memberikan apapun yang terbaik bagi si istri ketika sedang hamil baik dari segi kenyamanan dan makanan karena apapun yang dikonsumsi si istri tentunya juga akan masuk ke dalam tubuhnya dan dikonsumsi juga oleh janin yang dikandungnya. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Kondisi ini juga menyebabkan banyak sekali ibu hamil yang tidak mengkonsumsi sembarang obat ketika sedang mengandung karena dikhawatiirkan bisa mengganggu kesehatan janin yang dikandungnya. 

Lalu bagaimana bila seorang ibu hamil sedang mengalami diare? Apakah Norit yang merupakan obat diare yang umum diminum sebelum masa kehamilan ini aman juga bila dikonsumsi oleh ibu hamil? Yuk simak artikel dibawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Apa itu Norit ?

Norit ialah obat diare yang juga mampu menyerap racun di dalam tubuh khususnya di saluran penceraan serta membuang racun tersebut keluar dari tubuh.  Selain saat diare, obat norit juga dapat dikonsumsi ketika seseorang mengalami keracunan makanan dan perut kembung

Obat norit biasanya dikemas dengan ukuran kecil bewarna kuning dan sudah umum dipakai oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi penyakit diare. Obat Norit sendiri mengandung karbon aktif atau carbon activus yang berasal dari tumbuh tumbuhan herbal yang diaktifkan dengan kuat secara kimia sehingga menghasilkan arang aktif. 

Proses kerja norit juga termasuk sangat aman bagi tubuh karena obat norit tidak akan diserap oleh darah sehingga tidak mengganggu fungsi normal tubuh.  

Obat norit yang telah dikonsumsi oleh tubuh, akan membuang zat berbahaya dan racun melalui proses BAB (Buang Air Besar) dan tinja yang dikeluarkan umumnya akan bewarna hitam dan gelap.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Amankah obat Norit bila dikonsumsi oleh ibu Hamil ?

Seperti yang kamu ketahui bersama, ibu hamil akan lebih rentan dan terbatas dalam mengkonsumsi  segala macam makanan, minuman apalagi obat obatan karena apapun yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh ibu hamil otomatis juga akan masuk dan dikonsumsi oleh janin yang dikandungnya. Oleh sebab itu banyak sekali ibu hamil yang merasa takut bila harus mengkonsumsi obat obatan. 

Biasanya ketika si ibu hamil sedang dalam kondisi kurang fit atau kurang enak badan, si ibu hamil akan bertahan untuk tidak mengkonsumsi obat obatan sampai sakitnya tidak tertahankan lagi baru si ibu hamil mulai mencari obat obatan apa yang cocok dan aman untuk dikonsumsi. 

Lalu bagaimana bila si ibu hamil terserang diare? Ya, kondisi badan yang sedang hamil umumnya akan lebih letih dan lelah apalagi bila diare menyerang, tentunya akan sangat menyiksa bagi ibu hamil. 

Nah di saat saat seperti inilah biasanya ibu hamil akan mencari obat apa yang cocok dikonsumsi untuk menghentikan diare dan rasa sakitnya. Obat norit merupakan salah satu obat yang aman dan cocok dikonsumsi oleh ibu hamil yang terserang diare. 

Obat norit terbukti secara klinis dan medis aman dan cocok digunakan oleh para ibu hamil yang sedang mengalami diare karena obat ini terdiri dari kandungan bahan karbon aktif dimana berbagai macam tumbuh tumbuhan seperti kayu, kulit kacang, serbuk gergaji, batu bara dan lainnya diaktifkan kembali secara proses kimia dengan memberi zat asam dan mengukus berbagai campuran tumbuhan tadi dengan uap yang tinggi sehingga menghasilkan arang berwarna hitam pekat yang tidak berbau dan tidak memiliki rasa. 

Hal inilah yang menyebabkan obat norit memiliki warna hitam pekat di setiap tabletnya. Karbon aktif yang terkandung dalam setiap obat norit memiliki pori pori dengan ukuran yang cukup besar dan mampu menyerap segala racun dan zat berbahaya dalam saluran penceraan seseorang tanpa melalui peredaran darah sehingga tidak mengganggu fungsi tubuh lainnya. 

Oleh sebab itu maka obat norit dikatakan aman bagi ibu hamil untuk dikonsumsi karena fungsinya yang hanya memang membuang racun dan zat berbahaya dalam saluran pencernaan si ibu tanpa melewati aliran darah. 

Namun untuk lebih amannya, sebaiknya sebelum meminum obat norit, kamu bisa terlebih dahulu bertanya pada dokter kandunganmu berapa banyak dosis yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena aturan kadar dosis akan berbeda beda tergantung kondisi dari diare si ibu hamil itu sendiri. 

Selain pada bu hamil, obat norit juga aman dikonsumsi oleh anak-anak, namun bila anak masih berusia batita sebaiknya dosisnya juga disesuaikan dengan anjuran dokter.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What Is Activated Charcoal?. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/drugs/activated-charcoal)
Charcoal Pregnancy and Breastfeeding Warnings. Drugs.com. (https://www.drugs.com/pregnancy/charcoal.html)
Constipation After Diarrhea: Causes, Treatments, and Home Remedies. Healthline. (https://www.healthline.com/health/digestive-health/constipation-after-diarrhea)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app