Kesehatan Mulut dan Gigi

Apa Saja Persiapan Sebelum Cabut Gigi dan Operasi Gigi ?

Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Saja Persiapan Sebelum Cabut Gigi dan Operasi Gigi ?

Operasi cabut gigi dilakukan karena ada beberapa alasan medis, misalnya karena gigi Anda terserang infeksi atau mengalami kerusakan sehingga harus dicabut satu atau lebih gigi Anda. Namun, bisa juga untuk merapikan lajur gigi Anda yang penuh sebelum prosedur pemasangan kawat gigi.

Mungkin bagi sebagian orang, kata operasi terdengar menakutkan. Namun, sebenarnya pada prosedur operasi cabut gigi hanya memerlukan waktu singkat dan tindakan yang sederhana. 

Iklan dari HonestDocs
Pencabutan Gigi Di Tooth's Kingdom Dental Care

Pencabutan gigi adalah tindakan di mana sebuah gigi atau beberapa gigi diangkat oleh ahli bedah mulut dan wajah-rahang (maksilofasial) menggunakan peralatan kedokteran gigi lengkap. Ini adalah teknik sederhana yang dikenal sebagai bedah mulut, biasanya membutuhkan bius lokal atau umum, dan obat penenang

Istock 181864178 %281%29

Anda hanya harus mempersiapkannya dengan baik agar nantinya proses penyembuhan pasca operasi bisa lebih cepat dan tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya di kemudian hari.

Gunakan panduan ini untuk mempersiapkan diri sebelum operasi cabut gigi demi memiliki waktu pemulihan yang singkat dan bebas stres.

Inilah yang harus dipersiapkan sebelum cabut gigi

Dokter biasanya akan memberikan obat bius lokal jika yang dicabut hanya satu gigi tunggal atau gigi dewasa normal. Lain lagi jika banyak gigi yang harus dicabut atau Anda merasa takut/gugup, dokter bisa memberikan bius total area oral.

Didampingi teman dekat, keluarga/pasangan Anda.

Hal ini, selain untuk memberikan Anda dukungan suportif untuk menunggui di dalam/luar ruangan selama prosedur operasi, juga sebenarnya untuk membantu Anda saat menuju dan kembali ke rumah dari tempat Anda menjalani operasi cabut gigi bersama dokter (menyupiri kendaraan Anda). 

Ini karena obat bius akan memberikan efek seperti pusing, mual bahkan teler yang nantinya akan menyulitkan Anda untuk berkendara sendiri, dapat membahayakan keselamatan Anda di jalan. Juga tidak disarankan untuk menggunakan task atau jasa penyedia layanan transportasi lainnya.

Apa saja makanan dan minuman yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi ?

Sebelum menjalani prosedur operasi cabut gigi, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk berpuasa. Durasi waktu puasa bisa berbeda-beda tergantung perintah dokter Anda, bisa dari delapan jam atau hingga dua belas jam sebelum operasi. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Cabut Gigi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket cabut gigi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d03 cabut gigi

Namun, idealnya Anda tidak akan diperbolehkan makan dan minum apapun (termasuk air putih) setelah tengah malam hari. Namun, Anda akan diperbolehkan makan makanan ringan/camilan satu hingga dua jam sebelum prosedur operasi apabila dokter akan menggunakan obat bius lokal saja.

Selain hal tadi, Anda disarankan untuk :

  • Gosok gigi, berkumur dengan obat kumur, dan flossing gigi sebelum pergi ke dokter;
  • Tidak boleh/sebaiknya Anda tidak merokok dalam dua belas jam sebelum prosedur operasi cabut gigi dan 24 jam setelah  Anda cabut gigi.

Hal lain yang diperhatikan adalah jika Anda mengalami diabetes/sedang konsumsi obat lain termasuk antibiotik dari dokter, Anda bisa tetap melanjutkan konsumsi seperti biasa asal konsultasikan dahulu dengan dokter.

Kenakanlah pakaian santai saja

Pakaian yang longgar dan lengan pendek bisa Anda gunakan saat akan cabut gigi agar lebih nyaman. Selain itu, pakai pakaian yang Anda tidak keberatan jika nantinya ternoda, walaupun dokter akan berusaha sebaik mungkin untuk tidak mengotori pakaian Anda saat prosedur dilakukan. 

Selanjutnya, jangan gunakan perhiasan karena nanti akan diminta untuk dilepas sebelum prosedur dilakukan.

Sebaiknya Anda tidak menggunakan make-up, kontak lensa (karena mata akan tertutup selama prosedur dilakukan) dan juga lipstik. Namun, Anda diperbolehkan memakai lip balm untuk menjaga kelembaban bibir. Karena mungkin bibir akan kering dan pecah-pecah setelah operasi cabut gigi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Bawalah makanan untuk dimakan setelah Anda operasi

Mungkin nafsu makan Anda akan menurun akibat efek ngilu dan pegal setelah gigi Anda dicabut. Namun, tubuh Anda tetap memerlukan asupan nutrisi agar tidak lemas nantinya.

Disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang bersifat asam, pedas dan keras setelah Anda cabut gigi, karena dapat melukai gusi. Pilih makanan yang lembut seperti jelly, oatmeal atau bubur, apalagi jika Anda menjalani prosedur pemasangan gigi palsu. Hal ini untuk melindungi gigi baru Anda.

Untuk minuman, sebaiknya Anda konsumsi minuman yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin, agar proses pemulihan lebih cepat. Misalnya seperti minuman jus, smoothies, atau protein shake 

Tetapi, perlu Anda ingat, jangan menggunakan sedotan saat minum karena dapat mengakibatkan kondisi bernama dry socket (sangat menyakitkan setelah cabut gigi dan mengharuskan Anda kembali ke dokter gigi).

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Prepare for Oral Surgery. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/how-to-prepare-for-oral-surgery-1059320)
Tooth extraction: Procedure, costs, and what to expect. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327170)
Tooth Extraction (Having a Tooth Pulled): Procedure, Recovery, Aftercare. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/guide/pulling-a-tooth-tooth-extraction)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app