Tak Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Berkumur Pakai Mouthwash

Dipublish tanggal: Jul 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tak Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Berkumur Pakai Mouthwash

Menurut penelitian, angka kejadian penyakit gusi di dunia ternyata lebih tinggi dibandingkan kasus serangan jantung. Faktanya, sekitar 9 dari 10 orang berusia dewasa pernah mengalami penyakit gusi. Tahukah Anda bahwa berkumur dengan mouthwash alias obat kumur dapat membantu mengurangi risiko penyakit gusi. Yuk, simak manfaat obat kumur selengkapnya pada ulasna berikut ini.

Rongga mulut menjadi sarang bakteri yang paling banyak

Jumlah mikroba yang ada dalam tubuh manusia lebih banyak daripada jumlah sel tubuh, yaitu hingga 20 kali lipatnya. Dari semua anggota tubuh, rongga mulut ternyata menyimpan bakteri paling banyak yang tentunya berasal dari makanan maupun minuman yang dikonsumsi.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Ada sekitar 700 jenis bakteri yang diketahui ada di dalam rongga mulut. Bakteri bersamaan dengan sisa makanan di dalam mulut, lendir, dan partikel lain akan membentuk plak yang menempel pada gigi Anda.

Seperti yang dikatakan oleh drg. Sri Angky Soekanto, Ph.D., PBO dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (UI), walaupun rongga mulut menjadi sarang bakteri terbanyak, proses penyembuhan luka dalam mulut lebih cepat dibandingkan luka di organ tubuh lainnya. Dengan kata lain, bakteri di mulut cenderung lebih mudah dikendalikan.

Plak yang menumpuk mengakibatkan kerusakan gigi dan juga penyakit gusi

Plak adalah biofilm yang terbentuk dari lapisan tipis protein dan bakteri, kemudian menumpuk pada permukaan gigi. Kombinasi plak dan bakteri ini akan menghasilkan zat asam yang memicu kerusakan pada gigi.

Sisa-sisa makanan di dalam mulut juga akan menghasilkan racun yang membuatnya semakin parah. Lambat laun, hal ini dapat mengakibatkan timbulnya gingivitis, yaitu infeksi gusi yang menjadi gejala awal penyakit periodontal atau penyakit gusi.

Belum berhenti sampai di situ, penyakit gusi yang terus dibairkan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya seperti timbulnya rasa nyeri dan sakit kepala, gusi berdarah, masalah mengunyah yang menyakitkan, gigi berlubang, gigi copot, dan berbagai komplikasi lainnya.

Baca Juga: Gusi Belakang Bengkak? Ini yang Harus Anda Lakukan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Drg. Sri Angky juga menuturkan apabila kondisi yang parah terjadi, kemungkinan besar pembuluh darah akan membawa 700 jenis bakteri dari rongga mulut lalu tersebar ke seluruh organ tubuh, bahkan organ vital seperti otak dan jantung sekalipun. Hal ini tentu akan menjadi sangat berbahaya.

Manfaat obat kumur mampu menghilangkan plak penyebab sakit gusi

Terkadang, menyikat gigi saja belum cukup untuk membersihkan plak dan sisa-sisa makanan di dalam mulut. Pasalnya, bulu sikat gigi terkadang tidak mampu menjangkau seluruh bagian gigi dengan baik, sehingga rentan mengalami gigi berlubang atau karies.

Nah, akan lebih lengkap jika Anda juga menggunakan mouthwash alias obat kumur. Kebiasaan menyikat gigi yang dibarengi dengan flossing (benang gigi) serta berkumur menggunakan mouthwash akan lebih efektif mengurangi risiko penyakit pada rongga mulut Anda, termasuk pada gigi dan gusi. 

Baca Juga: Pandungan Pakai Obat Kumur yang Benar dan Efektif

Kombinasi ketiganya dapat membantu menghilangkan plak sekaligus membersihkan sisa bakteri dalam mulut. Jika kebiasaan sehat ini dilakukan secara rutin setiap hari, maka kesehatan rongga mulut Anda dijamin akan tetap terjaga. 

Memang, membersihkan gigi dengan benang (fossing) itu sedikit merepotkan. Namun tak perlu khawatir, sebab sudah ada interdental brush atau sikat antar gigi yang lebih mudah digunakan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Ada juga berbagai jenis obat kumur di pasaran dengan kandungan zat tertentu yang dapat menghilangkan bakteri penyebab plak. Bila dilakukan secara berkelanjutan, maka Anda akan terhindar dari risiko penyakit gusi.

Akan tetapi, jika plak dalam mulut sudah telanjur mengeras dan membentuk tartar, tentu akan sulit dihilangkan. Kondisi ini biasanya membutuhkan penanganan lebih lanjut ke dokter gigi untuk membantu menghilangkannya.

Secara umum, setiap orang dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan giginya setiap 6 bulan ke dokter gigi. Namun, hal ini tergantung dari kondisi dan kebutuhan masing-masing orang. Tanyakan lebih lanjut pada dokter gigi mengenai jadwal rutin pemeriksaan gigi Anda, apakah harus setiap 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau setahun sekali.

Baca Selengkapnya: Apa Bedanya Dokter Gigi dan Ortodontis? Cek di Sini!

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Walsh LJ. (2000). Safety issues relating to the use of hydrogen peroxide in dentistry. (http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1834-7819.2000.tb00261.x/epdf)
Lizarelli RFZ, et al. (2017). Antimicrobial photodynamic therapy with mouth rinse for general oral disinfection. (http://www.imedpub.com/articles/antimicrobial-photodynamic-therapy-with-mouth-rinse-for-general-oral-disinfection.pdf)
Karadas M, et al. (2015). Efficacy of mouthwashes containing hydrogen peroxide on tooth whitening. DOI: (http://dx.doi.org/10.1155/2015/961403)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app