Seks dan Hubungan

Tips Agar Menstruasi Bersih & Sehat

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips Agar Menstruasi Bersih & Sehat

Menstruasi adalah siklus alami yang terjadi pada setiap wanita yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Pada saat menstruasi terjadi peluruhan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan perdarahan. Dengan kondisi ini, menjaga kebersihan daerah kewanitaan tentunya menjadi hal yang penting. Apalagi  sepanjang mesntruasi, kondisi area di sekitar vagina menjadi lembap yang merupakan lingkungan yang nyaman bagi tumbuhnya jamur dan bakteri. Hal ini tentunya akan meningkatkan risiko infeksi

Agar menstruasi bersih dan sehat, lakukan langkah berikut ini: 

  1. Membasuh dengan lembut area kewanitaan, pantat, hingga anus dengan menggunakan air hangat. Lakukan gerakan dari depan ke belakang. Anus dibasuh terakhir untuk menghindari kontaminasi vagina dan saluran kencing oleh bakteri.
  2. Bila ingin menggunakan sabun atau pembersih (cleanser), pilihlah yang berbahan ringan tanpa tambahan pewangi atau bahan kimia lainnya. Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists, pada dasarnya pembasuhan vagina paling baik adalah dengan menggunakan  air hangat. Sabun dapat digunakan untuk membasuh pantat dan area luar anus. 
  3. Pastikan tidak ada sisa sabun atau pembersih (clenser) yang tertinggal. Karena sisa sabun berbahan ringan sekalipun dapat membuat kulit iritasi jika dibiarkan terlalu lama. 
  4. Gunakan handuk bersih untuk menyeka bagian yang basah hingga kering. Pastikan seluruh area kewanitaan sudah kering sebelum kembali memakai pembalut dan pakaian dalam.  Karena jika Anda mengenakan pembalut saat vagina masih basah dapat mendukung pertumbuhan bakteri dan organisme lainnya.
  5. Seringlah mengganti pembalut atau tampon yang Anda gunakan, setidaknya minimal dua sampai tiga kali dalam sehari-terutama saat Anda buang air kecil, agar kelembapan kulit area genital tidak berlebihan dan justru dapat meningkatkan risiko infeksi jamur

Beberapa hal ini perlu Anda perhatikan dalam menjaga kebersihan vagina : 

  1. Kenakan celana dalam berbahan dasar katun dan hindari bahan sintetis. Bahan katun akan memperlancar pertukaran udara sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya. 
  2. Hindari penggunaan produk kebersihan yang memiliki pewarna, pewangi buatan dan bahan keras lainnya karena dapat mematikan bakteri baik yang ada di area kewanitaan. 
  3. Jika Anda mengalami keputihan, disertai bau tidak sedap, nyeri, gatal, keluhan lainnya, segera konsultasikan kondisi ini pada dokter.

Jadi, selama menstruasi berlangsung, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan vagina beserta area sekitarnya dengan melakukan langkah-langkah di atas. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Irregular periods: What home remedies could help?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324781.php)
How to Regulate Periods: 20 Home Remedies, Natural Options, More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-regulate-periods)
What Your Period Says About Health Explained. WebMD. (https://www.webmd.com/women/ss/slideshow-period-related-to-health)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app