Apa Resiko Pakai Baju Ketat Saat Hamil

Dipublish tanggal: Okt 1, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Kehamilan menjadi suatu impian pada pasangan suami isteri terutama bagi sang ibu. Kehamilan merupakan tahap menunggu si buah hati lahir dan menjadi sesuatu yang paling berharga bagi keluarga.

Banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan ibu selama dalam masa kehamilan. Seperti pola makanan, pemeliharaan kesehatan, dan hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah pakaian.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Ibu hamil nyatanya tidak diperkenankan untuk menggunakan baju ketat saat hamil. Secara lumrah bahwa memakai baju ketat saat hamil dapat menimbulkan sesak.

Apa saja resiko menggunakan baju ketat saat hamil?

Beberapa hal yang mungkin tidak diketahui banyak ibu hamil atau kehamilan baru terkait penggunaan baju ketat yang ternyata berdampak pada metabolisme hingga dapat mengganggu perkembangan bayi. Beberapa resiko pada kondisi tersebut antara lain:

Heatburn

Mengenakan pakaian ketat, terutama di bagian pinggang, dapat menyebabkan rasa nyeri maag di perut Mulas atau refluks asam adalah ketidaknyamanan umum selama kehamilan. Ini terjadi karena kelambatan pencernaan dari peningkatan progesteron dalam tubuh selama kehamilan. 

Asam lambung akan perlahan naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa panas dan tidak nyaman. Tekanan dari pakaian ketat bisa mendorong perut dan memaksa isinya ke atas.

Mengganggu Pembuluh Darah

Menemukan darah dengan bebas di seluruh tubuh Anda sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Itu harus dapat mengalir dengan mudah ke setiap bagian tubuh Anda. 

Meskipun sangat tidak mungkin celana Anda akan sangat ketat sampai Anda memotong peredaran darah secara keseluruhan, bahkan tekanan ekstra dapat memberi tekanan pada arteri yang menyempit secara paksa.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Berkurangnya aliran darah dalam waktu yang lama pada akhirnya dapat menyebabkan degenerasi otot dan kerusakan saraf.

Nyeri pinggang belakang

Wanita hamil sering mengeluhkan pegal dan nyeri pada punggung belakang. Ini dapat diperberat apabila ibu hamil mengenakan baju hingga celana ketat dapat memperberat nyeri dan dapat menjalar pada bokong hingga paha.

Konstipasi

Mengenakan baju atau celana yang ketat dapat secara signifikan menghambat pencernaan Anda. Mempersempit saluran buang Anda dengan cara membuat makanan jauh lebih sulit untuk melewati usus sepanjang hari. Ini dapat menyebabkan kram perut dan membatasi pergerakan usus.

Pusing

Wanita hamil sudah lebih rentan pusing hingga terasa ingin pingsan. Merasa pusing dapat membuat mual di pagi hari secara signifikan lebih tak tertahankan, dan kesadaran dapat menurun ketika keseimbangan Anda tertanggu yang dapat berbahaya bagi Anda dan bayi Anda. Aliran darah yang terbatas terkait dengan pusing. 

Dan pakaian ketat dikenakan menjadi penyebab umum.

Infeksi

Hasil dari penelitian oleh American Pregnancy Association  menyarankan efek lain dari mengenakan pakaian ketat adalah meningkatnya infeksi jamur vagina. Wanita hamil mengalami peningkatan sekresi vagina selama kehamilan. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Kondisi ini dikombinasikan dengan pakaian dalam yang ketat yang dapat menciptakan lingkungan yang sempurna untuk memungkinkan infeksi yang secara alami terjadi pada vagina dan menyebabkan infeksi.

Sirkulasi berkurang

Mengenakan pakaian ketat baik hamil atau tidak, dapat memperlambat sirkulasi dalam tubuh. Pada awal kehamilan, pembuluh darah wanita berkembang  untuk peningkatan volume darah yang berkembang untuk menyediakan plasenta dan bayi. 

Sebelum volume darah meningkat untuk mengisi pembuluh, seorang wanita dapat mengalami hipotensi, atau tekanan darah rendah, dengan mudah. Contohnya termasuk berdiri dengan cepat dari posisi berlutut, duduk atau berbaring.

Selulit

Menurut pengalaman ibu hamil mereka mengemukakan bahwa memakai celana ketat dapat meningkatkan pembentukan selulit pada paha atau bokong. Selulit merupakan timbunan lemak yang muncul di bawah permukaan kulit sehingga membentuk ruang lemak yang mendesak kulit pada lapisan tersebut.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What to Wear: First-Trimester Style Tips. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/pregnancy/what-to-wear.aspx)
Is it OK to wear tights during pregnancy?. BabyCenter Australia. (https://www.babycenter.com.au/x563004/is-it-ok-to-wear-tights-during-pregnancy)
10 things to wear before, during, and after pregnancy. BabyCenter. (https://www.babycenter.com/101_10-things-to-wear-before-during-and-after-pregnancy_10369711.bc)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app