Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Fisik

Apa manfaat Mengkonsumsi Susu Bear Brand Saat Diare?

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.311.200 orang

Apa manfaat Mengkonsumsi Susu Bear Brand Saat Diare?

Semua pasti mengetahui susu bear brand. Susu bear brand juga disebut susu beruang. Mungkin selama ini kita mengenal susu yang berasal dari sapi, kambing, atau bahkan susu kuda.

 Menariknya, susu beruang yang kita ketahui dijual di pasaran bukan berasal dari beruang, melainkan berasal dari sapi. Selain harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan susu kemasan lainnya, susu ini juga memiliki perbedaan proses pembuatan dengan susu sapi lainnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Susu beruang atau susu bear brand telah melewati proses sterilisasi yang jauh lebih baik.

Kandungan susu bear brand

Seperti layaknya susu, susu Beruang mengandung banyak protein, vitamin dan lemak sehingga baik untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan. Kandungan yang termasuk dalam susu Beruang adalah vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, mineral, Kalori. 

Seperti yang telah diulas sebelumnya, susu dengan merek Bear Brand ini telah melewati proses sterilisasi yang jauh lebih baik dan lebih murni jika dibandingkan dengan susu lainnya yang sudah diberi perasa dan aroma tambahan.

Proses sterilisasi susu bear brand

Proses sterilisasi susu, dilakukan dengan cara memanaskan susu hingga di atas titik didih. Yang pada akhirnya menyebabkan bakteri dan kuman dan sporanya mati. Sterilisasi, Membutuhkan peralatan khusus dan biaya yang relatif mahal. 

Maka dari itu, sterilisasi susu seperti ini cukup umum dilakukan oleh Industri Pengolahan Susu (IPS). Seperti yang dilakukan oleh Perusahaan Nestle.

Cara untuk mensterilisasi susu, yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

  • Sistem UHT (Suhu Ultra Tinggi), dengan cara susu dipanaskan hingga suhu 137 ° -140 ° C selama 2-5 detik.
  • Susu dalam kemasan hermetis dipanaskan pada suhu 110 ° -121 ° C selama 20-45 detik.
  • Dengan proses seperti itu, menyebabkan kandungan vitamin yang larut sebagian akan hilang, namun riboflavin dan kasein merupakan vitamin dan protein yang tahan terhadap peningkatan suhu. Memang proses ini membuat jenis bakteri dan beberapa vitamin telah mati. 
  • Jadi, jika kemasan susu sudah dibuka, segera habiskan minuman ini, karena susu bear brand tidak dapat bertahan lama setelah kemasannya dibuka.

Diare dan susu

Diare adalah gejala dari gangguan pada saluran pencernaan. Kebanyakan orang dapat menderita diare beberapa kali dalam setahun. Biasanya diare disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus , tetapi diare juga dapat dipicu oleh makanan tertentu yang Anda makan, khususnya susu.

Namun ketika seseorang mengalami diare apakah harus berhenti mengkonsumsi susu sama sekali? Dalam kebanyakan kasus, tidak. Namun, ada kemungkinan bahwa orang-orang tertentu yang tidak toleran laktosa dapat menderita diare setelah mengkonsumsi susu.

Selain itu, orang yang menggunakan obat-obatan tertentu seperti antibiotik dapat mengalami diare yang dapat menyebabkan intoleransi laktosa sementara.

Susu sering dianggap menyebabkan diare, tetapi sebuah penelitian terbaru yang dilakukan dengan membandingkan efek susu yang mengandung laktosa dengan plasebo pada individu yang tidak memiliki masalah saluran pencernaan, menyimpulkan bahwa laktosa bukanlah penyebab utama timbulnya diare.

Diare dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk obat-obatan (terutama antibiotik), infeksi bakteri atau virus, infeksi usus dan gangguan fungsi usus, serta oleh intoleransi makanan

Banyak penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa produk susu fermentasi - misalnya, yogurt yang mengandung probiotik seperti Lactobacillus acidophilus - bahkan mungkin efektif dalam mengobati diare terkait antibiotik pada orang dewasa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Konsumsi susu bear brand saat sedang diare

Mungkin beberapa orang berpikir karena susu bear brand lebih steril dan tidak mengandung kuman penyebab diare, maka susu bear brand memiliki manfaat yang berbeda dengan susu biasa. 

Hal ini mungkin benar, namun hingga saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan mengenai mengkonsumsi susu beruang dapat mengatasi diare.

Susu beruang memang memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan, khususnya saat seseorang mengalami diare. Saat seseorang mengalami diare, mereka membutuhkan makanan yang mengandung sumber gizi yang mengandung tinggi protein seperti yang terdapat di dalam susu beruang. 

Selain itu, orang dengan diare membutuhkan asupan cairan yang adekuat. Anda dapat mengkonsumsi susu bear brand untuk memenuhi asupan nutrisi Anda saat sedang mengalami diare. 

Namun jika dengan mengkonsumsi susu, Anda mengalami gejala yang bertambah parah, hentikan konsumsi susu dan segera periksakan diri Anda ke dokter .

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit