Apa itu Telapak Kaki Rata (Flat Feet)?

Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa itu Telapak Kaki Rata (Flat Feet)?

Telapak kaki rata, juga disebut pes planus, adalah kelainan bentuk yang terjadi ketika lengkungan kaki menghilang dan bersentuhan dengan tanah.

Diagnosis telapak kaki rata biasanya melibatkan pemeriksaan visual kaki, didukung oleh tes pencitraan. Perawatan mungkin melibatkan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, penyangga lengkung ortotik, latihan kaki dan, yang lebih jarang, pembedahan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Antara 20 persen dan 30 persen populasi umum memiliki tingkat kelangkaan telapak kaki rata.

Anatomi kaki

Kaki manusia memiliki 33 sendi, yang menyatukan 26 tulang yang berbeda. Ini juga memiliki lebih dari 100 otot, tendon, dan ligamen.

Lengkungan  pada alas kaki menyediakan pegas ke langkah dan membantu mendistribusikan berat badan di seluruh kaki dan tungkai. Struktur lengkungan menentukan bagaimana postur dan langkah seseorang untuk berjalan. Lengkungan harus kokoh dan fleksibel untuk beradaptasi dengan tekanan dan berbagai permukaan.

Ketika orang-orang memiliki kaki yang rata, kaki mereka dapat berguling ke sisi dalam ketika mereka berdiri dan berjalan. Ini dikenal sebagai overpronation, dan itu juga dapat menyebabkan kaki menunjuk keluar.

Banyak orang dengan telapak kaki rata tidak memiliki gejala, tetapi pada kondisi yang lain akan mengalami berbagai gejala yang umumnya tergantung pada tingkat keparahan kondisinya.

Apa yang menyebabkan Telapak kaki rata?

Kondisi ini mungkin disebabkan oleh kelainan bawaan (terjadi pada saat kelahiran) atau dapat berkembang seiring waktu, paling sering akibat usia atau cedera.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Kaki datar biasanya dikaitkan dengan pronasi kaki yang berlebihan. Berbeda dengan pronasi normal (di mana kaki berguling secara merata dari tumit ke ujung jari kaki), overpronasi terjadi ketika lengkungan turun ke bawah dan ke dalam saat kaki menyentuh tanah.

Karena kecenderungan overpronasi, kaki datar kurang mampu menyerap goncangan, membuat stres terus-menerus pada kaki, pergelangan kaki, dan lutut. Overpronation menyebabkan rotasi tibia (tulang kering) yang berlebihan, meningkatkan risiko splints tulang kering.

Faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan risiko telapak kaki rata seperti:

Gejala Telapak kaki rata

Banyak orang memiliki kaki yang rata tidak menimbulkan gejala. Tetapi yang lain mungkin mengalami gejala-gejala berikut:

  • Kaki terasa sakit atau pegal, terutama di area lengkungan dan tumit
  • Bagian dalam telapak kaki Anda menjadi bengkak
  • Kesulitan bergerak, berjalan, dan berdiri seimbang
  • Nyeri punggung dan kaki

Terapi untuk Telapak kaki rata

Perawatan non bedah

Telapak kaki rata pada orang dewasa sering tidak memerlukan perawatan dan pengobatan. Hanya sekitar 25 persen dari mereka dengan Telapak kaki rata yang kaku akan mengalami rasa sakit, kondisi ini dapat dikurangi dengan pemberian obat nyeri.

Perawatan juga harus mencakup latihan yang meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan lengkung kaki. Beberapa teknik yang digunakan di bidang fisioterapi antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Senam kaki

Senam yang melibatkan aktivitas yang memperkuat otot intrinsik kaki. Seperti berjalan di atas kelerang, serta memperkuat jari-jari dan tumit untuk menopang badan.

Runner’s stretch

Runner’s strech dapat digunakan untuk memperpanjang otot betis dan tendon Achilles,

Downward dog

Ini merupakan bagian dari yoga yang juga bertujuan untuk memperpanjang dan memperkuat otot betis dan tendon Achilles.

Massage

Terapi pijat seperti menggulingkan bola di bawah kaki Anda, dapat membantu meningkatkan fleksibilitas lengkung sambil mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Terapi bedah

Operasi kaki datar mungkin menjadi pilihan apabila Telapak kaki rata tidak membaik dengan perawatan non bedah.

Pembedahan untuk telapak kaki rata bisa relatif sederhana atau sangat kompleks, tergantung pada usia pasien, tingkat keparahan kaki datar dan gejalanya.

Jenis-jenis Operasi Telapak kaki rata antara lain:

  • Implan: Seorang ahli bedah menempatkan implan di belakang kaki untuk menopang tulang.
  • Struktural: Operasi Telapak kaki rata yang umum melibatkan pemindahan tendon dengan pemotongan tulang atau fusi sendi untuk mencapai penataan kembali.
  • Fusi: Pada kasus tahap akhir yang lebih lanjut, fusi sendi besar mungkin diperlukan untuk menopang lengkung kaki.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Adult Acquired Flatfoot. OrthoInfo. (Accessed via: https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/adult-acquired-flatfoot/)
Flat Feet and Fallen Arches - Symptoms and Causes. Patient. (Accessed via: https://patient.info/foot-care/heel-and-foot-pain-plantar-fasciitis/flat-feet-and-fallen-arches)
Flat Feet. American Academy of Family Physicians. (Accessed via: https://familydoctor.org/condition/flat-feet/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app