Amankah Mencerahkan Wajah dengan Asam Kojic?

Asam kojic merupakan salah satu bahan yang dipercaya ampuh untuk mencerahkan wajah. Tetapi apakah asam kojic ini benar ampuh dan aman digunakan untuk kulit? Simak pembahasan selanjutnya
Dipublish tanggal: Jun 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 6, 2019 Waktu baca: 2 menit
Amankah Mencerahkan Wajah dengan Asam Kojic?

Mendapatkan kulit putih dan cerah merupakan dambaan bagi semua orang. Banyak cara yang dilakukan, mulai dari perawatan menggunakan krim wajah yang di jual di pasaran hingga konsultasi dengan dokter. Asam kojic merupakan salah satu bahan yang dipercaya ampuh untuk mencerahkan wajah. 

Tetapi apakah asam kojic ini benar ampuh dan aman digunakan untuk kulit? Simak pembahasan selanjutnya

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Apakah asam kojic?

Asam kojic dipercayai sebagai bahan yang ampuh untuk mencerahkan kulit. Pembuatan senyawa asam kojic terdiri dari beberapa jenis jamur seperti Acetobacter, Penicillium, dan Aspergillus. 

Selain sebagai bahan pencerah wajah, asam kojic juga biasa ditemukan dalam makanan tertentu yang difermentasi, seperti sake Jepang, anggur beras dan kecap.

Bagaimana cara kerja asam kojic?

Asam kojic digunakan sebagai bahan pencerah kulit karena interaksinya terhadap protein yang disebut tirosinase. Dr. Alaina J. James dari University of Pennyslvania Medical Center mengatakan bahwa asam kojic bekerja dengan cara mencegah fungsi tirosinase spesifik yang disebut chatecolase. 

Enzim tersebut berperan dalam membuat senyawa melanin. 

Melanin merupakan pigmen warna yang dapat mempengaruhi rambut, kulit, dan warna mata. Asam kojic dapat menghambat kemampuan protein tirosinase dalam pembuatan melanin, sehingga asam kojic dianggap mampu mencegah pigmentasi kulit dan dapat membantu mencerahkan warna kulit.

Produk yang mengandung asam kojic

Saat ini asam kojic sudah banyak ditemukan di berbagai produk kosmetik. Biasanya senyawa asam kojic digunakan untuk serum, krim, pembersih dan sabun wajah. Konsentrasi asam kojic yang diperbolehkan sebagai pencerah kulit biasanya hanya 1% atau kurang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Produk kosmetik seperti sabun dan pembersih yang mengandung asam kojic biasanya disarankan untuk segera dicuci setelah pemakaian. Sedangkan serum dan krim wajah dibuat sedemikian rupa supaya dapat diserap dalam kulit. Selain itu masker wajah juga diracik untuk digunakan pada kesempatan tertentu.

Krim dan pembersih dapat digunakan digunakan sehari-hari. Oleh sebab itu, kandungan asam kojic dalam berbagai kosmetik sudah disesuaikan dengan jenis pemakaiannya sehingga produk kosmetik tersebut aman digunakan. Umumnya produk yang mengandung asam kojic digunakan untuk wajah dan tangan.

Bagaimana keefektifan asam kojic dalam mencerahkan kulit?

Reaksi penggunaan asam kojic dapat berbeda pada setiap orang. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 2-6 minggu untuk melihat efeknya di kulit Anda. Namun sebaiknya Anda mengkonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika berencana ingin menggunakan asam kojic sebagai produk kosmetik Anda.

Dokter dapat memberi informasi lebih lanjut mengenai dosis dan cara penggunaannya supaya efek yang dihasilkan lebih maksimal.

Sebelum Anda menggunakan asam kojic pada wajah, ada baiknya Anda mengoleskan terlebih dahulu ke tangan atau belakang telinga lalu diamkan selama 15 menit. Apabila terjadi efek gatal atau kemerahan berarti kulit Anda tidak cocok dengan produk tersebut.

Hentikan penggunaan asam kojic jika timbul reaksi kemerahan, ruam, iritasi atau nyeri dan segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penanganan yang tepat. Jika tidak terjadi efek penggunaan negative, Anda bisa melanjutkan penggunaan.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Manfaat lain asam kojic

Asam kojic juga mempunyai manfaat lainnya bagi kulit seperti:

Antimikroba

Kandungan antimikroba yang terdapat pada asam kojic dapat membantu mengatasi masalah jerawat akibat infeksi dan perkembangbiakan bakteri jahat di kulit serta dapat menyamarkan bekas luka yang ditimbulkan jerawat.

Antijamur

Asam kojic juga ditemukan di beberapa produk antijamur guna menambah khasiatnya. Mungkin asam kojic juga dapat membantu mengobati infeksi jamur pada kulit seperti infeksi jamur, kurap, dan kutu air.

Anti Penuaan kulit

Asam kojic dipercaya dapat menyamarkan bintik-bintik penuaan atau bekas luka. Selain itu, asam kojic diketahui dapat memperbaiki kerusakan kulit seperti kulit kusam, keriput akibat sinar matahari dan radikal bebas.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Burnett, Christina & Bergfeld, Wilma & Belsito, Donald & Hill, Ronald & Klaassen, Curtis & Liebler, Daniel & Marks, James & Shank, Ronald & Slaga, Thomas & Snyder, Paul. (2010). Final Report of the Safety Assessment of Kojic Acid as Used in Cosmetics. International journal of toxicology. 29. 244S-73. 10.1177/1091581810385956. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/49688993_Final_Report_of_the_Safety_Assessment_of_Kojic_Acid_as_Used_in_Cosmetics)
Wang YH, et al. (2015). Quantitative determination of α-arbutin, β-arbutin, kojic acid, nicotinamide, hydroquinone, resorcinol, 4-methoxyphenol, 4-ethoxyphenol, and ascorbic acid from skin whitening products by HPLC-UV. DOI: (https://doi.org/10.5740/jaoacint.14-123)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app