3 Jenis Obat Apotek untuk Mengatasi Rasa Gatal Pada Vagina

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 20, 2019 Waktu baca: 2 menit
3 Jenis Obat Apotek untuk Mengatasi Rasa Gatal Pada Vagina

Rasa gatal yang ada di dalam vagina dapat disebabkan karena adanya infeksi dan bakteri jahat yang ada di dalam vagina. Untuk menangani rasa gatal yang dapat menyerang pada vagina, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. 

Apabila rasa gatal tersebut berkepanjangan dan tidak segera sembuh, jangan ragu untuk membawanya ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antibiotik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 24

Pada saat Anda melakukan periksaan ke dokter, maka Anda akan mendapatkan pemeriksaan secara lengkap pada bagian fisik, test urine dan pemeriksaan riwayat kesehatan Anda. 

Dengan melalui pemeriksaan inilah yang akan memudahkan Anda untuk menemukan obat yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Jika Anda tidak ingin pergi ke dokter, Anda bisa pergi ke apotek untuk mendapatkan obat gatal pada vagina.

Berikut ini 3 daftar obat apotek yang ampuh untuk mengatasi rasa gatal pada vagina hanya dalam 4 hari, yaitu:

Obat yang diberikan melalui uretra, vagina atau anus

Obat yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatal pada bagian vagina yang disebabkan oleh anti jamur dapat diatasi menggunakan obat supositoria maupun obat miconazole

Jenis obat ini dapat berupa krim maupun tablet yang dapat digunakan melalui uretra, vagina maupun melalui anus. Obat jenis ini dapat meleleh, larut dalam suhu tubuh dan melunak.

Untuk mengatasi rasa gatal tersebut Anda dapat memasukan obat jenis ini ke dalam vagina dan biarkan beberapa menit agar obat bisa larut dengan sendirinya. Meskipun Anda bisa menemukannya di apotek, Anda pun juga harus mengkonsultasikan kepada dokter perihal penggunaan obat jenis ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Perlengkapan P3K via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 3

Obat krim khusus untuk vagina

Penggunaan krim khusus untuk vagina pun juga bisa menghilangkan rasa gatal yang disebabkan karena adanya infeksi jamur di dalam vagina. Apabila Anda ingin menggunakan krim khusus ini, Anda bisa membelinya di apotek tanpa harus dengan resep dokter. 

Pada biasanya, obat krim ini dijual dan dilengkapi dengan aplikator yang memiliki fungsi supaya katakan pada krim yang nantinya digunakan sesuai dosis yang telah dianjurkan.

Idealnya krim khusus untuk vagina digunakan pada saat malam hari menjelang tidur. Pastikan bahwa Anda menggunakan krim khusus pada saat Anda sudah tidak melakukan aktivitas fisik apa pun agar krim dapat melakukan penyerapan secara sempurna pada bagian kulit luar yang ada di vagina.

Obat oral untuk membunuh jamur dalam vagina

Obat untuk mengobati vagina yang gatal tidak hanya dengan menggunakan obat krim maupun tablet, akan tetapi penggunaan obat oral pun juga bisa dijadikan sebagai melakukan pengobatan pada infeksi jamur yang dapat digunakan untuk membunuh jamur yang disebabkan oleh serangan infeksi dan melakukan pencegahan agar bakteri tidak kembali tumbuh lagi.

Apabila Anda ingin mengkonsumsi jenis obat ini, maka Anda dapat mengkonsumsi nya satu kali dalam dosis 50mg agar bisa mengatasi infeksi jamur pada vagina. Untuk pemakaiannya Anda bisa membaca petunjuk pemakaian yang terdapat dalam kemasan obat.

Selain ke 3 jenis obat di atas, apabila Anda pergi k dokter, maka dokter akan meresepkan antibiotik untuk vagina yang mengalami rasa gatal. Sedangkan untuk rasa gatal tersebut bisa terjadi karena adanya bakteri gonore yang telah terinfeksi vagina. Melalui penggunaan antibiotik inilah yang dapat membunuh bakteri agar terhindarkan dari vagina. 

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app