Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Aktivitas Rumah yang Dapat Dilakukan Untuk Membakar Kalori

Update terakhir: NOV 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 707.856 orang

Beberapa artikel memuat tentang “aktivitas rumah yang dapat dilakukan untuk membakar kalori”, walaupun terdengar sangat meyakinkan, tetapi apakah fakta dibaliknya dapat dipertanggungjawabkan? Untuk lebih jelasnya mari disimak artikel yang satu ini.

Fakta Mengenai Kalori yang Dibakar Saat Melakukan Aktivitas Sehari-hari

Merapikan Tempat Tidur 

Merapikan tempat tidur dapat membakar 70 kalori per jam, setara dengan mengkonsumsi 1 nastar, atau melakukan 20 menit Pilates.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mencuci dan Melipat Pakaian

Anda dapat membakar 148 kalori per jam saat mencuci dan melipat cucian, yang berarti Anda dapat mengkonsumsi setengah piring nasi - atau melewatkan sesi olahraga selama 40 menit.

Menyetrika

Satu jam menyetrika dapat membakar 157 kalori, setara dengan 1 sajian keripik, atau 30 menit melakukan aerobik air.

Menyapu 

Menyapu dapat membakar 161 kalori per jam, atau setara dengan 3 buah coklat ukuran kecil. Anda harus bersepeda selama 30 menit untuk membakar kalori dengan jumlah yang sama.

Membakar sampah

Membakar sampah selama satu jam dapat membakar 166 kalori yang setara dengan segelas susu coklat. Anda harus melakukan senam aerobik selama 20 menit untuk membakar kalori dengan jumlah yang sama.

Membersihkan rumah menggunakan vacuum cleaner

Membersihkan rumah menggunakan vacuum cleaner dapat membakar 175 kalori per jam, setara dengan mengkonsumsi caffe latte, atau melakukan jogging selama 20 menit.

Membersihkan Jendela.

Membersihkan jendela selama satu jam dapat membakar 231 kalori. Anda harus melakukan 25 menit olahraga untuk membakar jumlah kalori yang sama, atau setara dengan mengkonsumsi donat berisi krim.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Menggosok kamar mandi.

Menggosok kamar mandi dapat membakar 256 kalori per jam, yang setara dengan menghabiskan waktu selama 20 menit untuk jogging.

Mencuci mobil. 

Menghabiskan satu jam mencuci mobil dapat membakar 314 kalori, setara dengan 1 potong brownies, atau setara dengan 45 menit berenang.

Mengepel lantai. 

Mengepel lantai dapat membakar kalori sebanyak seperti mencuci mobil (314 per jam), yang setara dengan menjalani kelas tinju selama 45 menit.

Jadi, Apakah Melakukan Pekerjaan Rumah Lebih Baik Daripada Berolahraga?

Namun yang menjadi masalah utama dari manfaat dalam menjalani pekerjaan rumah pada data di atas adalah jumlah kalori yang terbakar dapat dicapai jika aktivitas tersebut dilakukan selama satu jam. 

Anda bisa membakar 240 kalori per jam dengan menyapu lantai! Oke, tapi siapa yang menyapu lantai selama satu jam? Jika Anda tidak tinggal di istana yang megah, mungkin Anda hanya akan membutuhkan waktu 10 menit.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Untuk Tetap Aktif Di Rumah?

Daripada hanya mengandalkan kegiatan rumahan untuk membakar lemak, disarankan bagi Anda untuk lebih memilih melakukan olahraga yang didesain untuk dilakukan di rumah, dengan melakukan latihan ini, Anda dapat melatih otot-otot besar yang dapat memberi Anda stabilitas dan kekuatan pada otot-otot inti. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Seperti halnya melakukan pekerjaan rumah, Anda tidak memerlukan peralatan khusus untuk dapat berolahraga.

Berikut adalah empat jenis latihan yang dapat Anda lakukan di rumah:

  • Push-up: Gerakan yang sempurna sangat penting saat Anda melakukan push-up. Mulailah dengan variasi yang dapat Anda lakukan dengan teknik yang baik. Anda dapat maju ke tingkat berikutnya ketika Anda dapat melakukan 10 hingga 12 repetisi tanpa kesulitan.
  • Lunges: Mulailah dengan melakukan satu set lunges sederhana yang dapat membantu membangun otot bokong dan paha Anda. Gunakan dinding atau kursi untuk menjaga keseimbangan jika diperlukan. Ketika Anda dapat melakukan 10 hingga 12 lunge pada setiap kaki tanpa dukungan, cobalah lunge depan atau variasi lainnya.
  • Squat: Squat dapat melatih otot-otot utama di tubuh bagian bawah dan membantu membentuk bokong dan paha menjadi kencang. Selalu lakukan squat dengan jarak kaki terpisah selebar pinggul. Pinggul Anda harus turun, seolah-olah Anda sedang duduk di kursi.
  • Plank: Latihan plank dapat dilakukan untuk memperkuat otot-otot perut dan otot-otot yang menopang punggung Anda. Mulailah dengan menahan posisi plank selama 15 detik. Saat Anda sudah lebih kuat, perpanjang durasi menjadi 30 detik dan akhirnya 90 detik.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit