9 Tips Agar Anak Sehat dan Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
9 Tips Agar Anak Sehat dan Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Setiap ibu pastinya menginginkan anak sehat dan cerdas. Bayi yang sehat bisa diartikan dengan memiliki bentuk fisik yang sempurna, berkulit bersih dan berambut lebat. Untuk mendapatkan bayi yang  sehat dan cerdas, fokuskan diet ibu selama hamil dengan mengonsumsi makanan  berikut:

1.Suplemen kehamilan dengan asam folat
Suplemen kehamilan dengan asam folat harus secara rutin dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat merupakan nutrisi penting yang membantu membentuk sel otak serta menyediakan nutrisi seperti vitamin B12 yang membantu pembentukan sel darah merah pada bayi. Selain itu, suplemen asam folat juga menyediakan vitamin C yang memproduksi kolagen untuk kecantikan kulit bayi serta vitamin D yang membantu pembentukan tulang. Makanan yang merupakan sumber nutrisi asam folat meliputi sayuran berdaun seperti bayam dan sereal sarapan yang diperkaya dengan zat besi serta asam folat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

2.Makanan yang kaya omega-3
Asam omega-3 merupakan nutrisi penting untuk produksi sel-sel saraf bayi yang nantinya akan mengirimkan impuls elektrik ke otak dan mengirimkan pesan ke organ-organ tubuh lainnya. Dapatkan manfaat omega-3 dari ikan salmon, telur, biji rami giling, walnut, bayam, tahu, kacang-kacangan dan sereal yang diperkaya dengan zat besi untuk bayi yang sehat dan cantik. 

3.Buah dan sayuran
Di dalam buah dan sayuran terdapat kandungan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan otak bayi. Dapatkan antioksidan dari pepaya, sayuran berdaun hijau tua, tomat dan bluberi. Bersihkan bagian luar sayuran dan buah sebelum dimakan agar janin mendapatkan nutrisi yang bebas kuman dan pestisida untuk fisik yang sempurna. 

4.Makanan yang kaya akan zat besi
Selama hamil, konsumsi zat besi harus dilipatgandakan karena zat besi memegang peranan penting dalam menghantarkan oksigen kepada bayi. Kebanyakan ibu hamil mengawali kehamilan dengan tubuh yang kekurangan zat besi, yang membuat rahim kekurangan oksigen untuk janin. Alhasil, kurangnya oksigen membuat pertumbuhan IQ dan fisik bayi yang sempurna menjadi terhambat. Pastikan Anda tidak kekurangan zat besi selama hamil dengan banyak mengonsumsi ayam, sereal yang diperkaya dengan zat besi, kacang-kacangan dan daging sapi bebas lemak.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How can healthy living choices prevent birth defects?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/287991.php)
Maintaining a Healthy Pregnancy. Healthline. (https://www.healthline.com/health/pregnancy/healthy-pregnancy)
Health & Baby - Your Guide to a Healthy Pregnancy. WebMD. (https://www.webmd.com/baby/guide/default.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app