8 Jenis Makanan Pencegah Kulit Kering

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Jenis Makanan Pencegah Kulit Kering

Kulit yang bersih dan terhindar dari kering menjadi incaran banyak orang, orang hanya wanita saja, akan tetapi para pria pun juga mendambakan kulit yang bersih dan cerah. Ada banyak cara yang dapat untuk dilakukan agar kulit bisa terlihat lebih cerah. 

Cara yang bisa untuk Anda lakukan pun juga cukuplah sederhana, karena Anda bisa merawat kulit melalui makanan yang Anda konsumsi.Untuk mencerahkan kulit dan menghindari kulit kering, Anda bisa mengkonsumsi 8 jenis makanan berikut ini

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Makanan yang mengandung banyak vitamin A

Untuk menemukan vitamin A, Anda bisa menemukannya melalui makanan berdaun hijau gelap, ubi, wortel dan labu. Kandungan vitamin A memiliki kegunaan untuk memperbaiki kulit yang mengalami kerusakan serta kulit yang mati dan pecah-pecah bisa teratasi dengan baik. 

Jika Anda ingin kulit terhindar dari kering, Anda harus secara rutin mengkonsumsi vitamin A secara rutin.

Makanan dengan kandungan Omega-3

Makanan yang mengandung omega 3 dapat Anda temukan pada ikan tuna, ikan salmon, kacang walnut, alpukat dan yang lainnya. Melalui omega 3 yang cukup tinggilah yang akan mengembalikan tekstur kulit yang kenyal dan kenyang. Dengan mengkonsumsi omg 3 secara rutin, kulit Ada yang kering dapat teratasi dengan baik.

Makanan tinggi zinc untuk meregenerasi sel kulit

Makanan yang memiliki kandungan zinc tinggi dapat menguatkan kulit dan meregenerasi pada sel kulit supaya terhindarkan dari yang namanya kerusakan kulit, termasuk kulit kering. Maka dengan zinc yang tinggi bisa Anda dapatkan dari kalkun, kacang-kacangan, daging tanpa lemak dan daging.

Buah-buahan yang berasal dari keluarga sitrus

Buah-buahan yang berasal dari keluarga sitrus dapat mendorong kolagen sekaligus membuat kulit menjadi tampak berkilau. Buah dari keluarga sitrus yaitu buah dengan kandungan vitamin C seperti grapefruit, lemon dan jeruk. Jika Anda mengkonsumsi buah-buahan sitrus, memberikan kesan awet muda.

Air putih yang tercukupi untuk menghindari dehidrasi

Kulit yang terhindar dari kering adalah kulit yang dehidrasi dengan cukup. Dengan demikian, maka mengkonsumsi banyak air putih akan membantu kulit mendapatkan dehidrasi secara penuh. Semakin sering Anda mengkonsumsi air putih, maka akan meregenerasi sel kulit sekaligus mengunci kelembaban kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ikan untuk menjaga kelembaban kulit

Jenis ikan yang dapat memperkuat dan menjaga kelembaban kulit yaitu ikan tuna dan ikan salmon. Kedua jenis ikan tersebut memiliki kandungan berupa lemak omega 3 yang cukup tinggi.

Vitamin E untuk meremajakan kulit

Vitamin dapat digunakan sebagai pelindung UV secara alami, sehingga dengan kandungan vitamin E inilah yang dapat meremajakan kulit. jika Anda secara teratur mengkonsumsi vitamin E, kulit akan terjaga kelembabannya dan terhindarkan dari kulit kering.

Alpukat, buah pencegah penuaan dini

Gangguan pada kulit dapat menimbulkan penuaan dini, salah satunya yaitu gangguan pada kulit kering. Untuk melakukan pencegahan tersebut, Anda dapat mengkonsumsi buah alpukat untuk mengembalikan kulit Anda agar terjaga kelembabannya. 

Buah alpukat memiliki kandungan berupa monosaturated fat yang ampuh untuk mengurangi inflamasi kulit.

Kulit yang kering bisa saja disebabkan karena kulit mengalami kekurangan pada bagian kadar kelenjar minyak, khususnya di bagian kulit atas sebum. Apabila hal ini terus menerus terjadi, maka hal ini bisa berdampak buruk pada kulit yang terlihat kusam dan cepat kering.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pomarède, N.. (2007). Food intake and the skin: Psoriasis, atopical dermatitis, dry skin, photoprotection, acne and ageing. Nouvelles Dermatologiques. 26. 12-16.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/289701077_Food_intake_and_the_skin_Psoriasis_atopical_dermatitis_dry_skin_photoprotection_acne_and_ageing)
Habibzadeh, Nasim. (2019). The Impact of Food Intakes on Skin Health Mini Review.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/338126698_The_Impact_of_Food_Intakes_on_Skin_Health_Mini_Review)
Draelos, Zoe. (2013). Aging skin: The role of diet: Facts and controversies. Clinics in dermatology. 31. 701-6. 10.1016/j.clindermatol.2013.05.005.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/258100918_Aging_skin_The_role_of_diet_Facts_and_controversies)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app