8 Cara Agar Bibir Tidak Hitam dan Kembali Cerah

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 17, 2022 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 5 menit
8 Cara Agar Bibir Tidak Hitam dan Kembali Cerah

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Terlalu sering terkena sinar matahari dan dehidrasi dapat membuat warna bibir yang semula kemerahan berubah menjadi tampak kehitaman;
  • Asap rokok membuat kulit lebih cepat kehilangan kelembapannya sehingga lebih mudah dehidrasi dan meningkatkan risiko bibir hitam;
  • Hati-hati, produk perawatan bibir yang kualtiasnya rendah malah bisa membuat bibir jadi lebih hitam dan risiko alergi;
  • Pada kondisi hiperpigmentasi atau melasma, kulit bibir akan mengalami bintik-bintik hitam atau coklat yang lebih kontras terhadap sekitarnya;
  • Gunakan topi saat bepergian di luar ruangan atau gunakan sunscreen dengan SPF minimal 15 untuk melindungi bibir dari sengatan matahari;
  • Anda bisa memanfaatkan campuran lemon dan madu atau membuat scrub minyak zaitun dan gula agar bibir tidak hitam;
  • Klik untuk mendapatkan lip balm atau produk perawatan kecantikan lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Bibir yang merah merona alami dan sehat tentu jadi dambaan semua orang karena memperindah senyum dan penampilan. Namun, sebagian orang merasa kesulitan mencapai kondisi itu karena bibir mereka yang kehitaman. Jika Anda mengalaminya, mari simak cara agar bibir tidak hitam dan kembali cerah berikut ini.

Apa penyebab bibir kehitaman?

Kulit bibir merupakan bagian dari kulit wajah yang sangat sensitif. Hal itu terjadi karena bibir terdiri dari lapisan tipis dan banyak terdapat ujung saraf serta tidak memiliki kelenjar keringat

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Bibir via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket bibir hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b16 bibir

Ada beberapa hal yang dapat memengaruhi warna bibir. Secara umum, penyebab bibir hitam atau terlihat kusam adalah:

1. Sering terpapar sinar matahari

Bibir sama halnya dengan kulit yang memiliki lapisan yang memungkinkan terjadinya pigmentasi. Jika terlalu sering terkena sinar matahari, warna bibir yang semula kemerahan juga bisa berubah menjadi tampak kehitaman.

2. Dehidrasi

Selain bikin bibir pecah-pecah, dehidrasi juga bisa membuat bibir jadi kehitaman karena kekurangan suplai air. Kondisi bibir yang kering kadang menimbulkan luka yang begitu sembuh akan meninggalkan area kehitaman. Nah, bekas luka inilah yang juga ikut membuat bibir jadi lebih kusam.

3. Gaya hidup tak sehat

Merokok, konsumsi alkohol, dan penggunaan obat-obatan terlarang juga dapat menyebabkan perubahan warna pada bibir. 

Smoker melanosis merupakan kondisi bibir kehitaman yang kerap dialami oleh perokok akibat pengaruh rokok. Sementara zat asam pada alkohol bisa jadi pemicu munculnya bintik hitam di bibir. Konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan dehidrasi tubuh.

Baca juga: Tidak Merokok Tapi Bibir Tetap Menghitam? 6 Hal Ini Penyebabnya

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

4. Kosmetik berkualitas rendah

Coba cek lagi mengenai kualitas kosmetik yang Anda punya. Hati-hati, produk perawatan bibir yang kualtiasnya rendah malah bisa membuat bibir jadi lebih hitam, lho! Bahkan, bahan kimia tertentu pada kosmetik seperti lipstik atau lip balm juga bisa menimbulkan alergi sehingga perlu diwaspadai.

5. Konsumsi kafein berlebih

Kandungan kafein pada kopi dan teh bisa tidak ramah dengan bibir bila jumlahnya berlebihan. Senyawa ini dapat menyebabkan perubahan warna bibir menjadi lebih gelap.

6. Bibir kurang terawat

Bibir yang sehat membutuhkan perawatan ekstra seperti sunscreen, lip balm ,dan vitamin. Saat dibiarkan tidak terawat, berbagai kondisi bisa membuatnya jadi lebih hitam.

7. Hiperpigmentasi (melasma)

Pada kondisi hiperpigmentasi atau melasma, kulit bibir akan mengalami bintik-bintik hitam atau coklat yang lebih kontras terhadap sekitarnya. Penyebabnya beragam, mulai dari paparan sinar matahari hingga pengaruh hormon atau obat-obatan.

Berbagai cara agar bibir tidak hitam

Setelah mengetahui penyebab bibir hitam, Anda perlu berhati-hati menjaga warna bibir agar jangan sampai menjadi kusam. Namun, kalau sudah telanjur menghitam, ikuti panduan berikut untuk menjaga bibir tetap cerah merah merona dan tidak hitam:

1. Hindari sering terkena sinar matahari

Salah satu cara menjaga bibir tetap sehat adalah dengan menghindarkannya paparan sinar matahari terlalu lama. Hal ini dikarenakan sinar UV dari matahari dapat memicu pigmentasi pada kulit bibir.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Bibir via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket bibir hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b16 bibir

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan topi saat bepergian di luar ruangan atau gunakan sunscreen dengan SPF minimal 15 untuk melindungi bibir dari sengatan matahari.

2. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya membahayakan paru-paru, tapi juga bibir yang ikut terkena imbasnya. Asap rokok akan membuat kulit lebih cepat kehilangan kelembapannya sehingga lebih mudah dehidrasi

Bahan kimia pada filter rokok juga dapat memicu munculnya bercak hitam pada bibir. Maka itu, mulai sekarang hindari rokok untuk kesehatan bibir Anda.

Baca juga: 7 Cara Alami Memerahkan Bibir dengan Jeruk Nipis

3. Cerahkan bibir dengan lemon dan madu

Bibir yang terlanjur kehitaman akibat beberapa faktor tadi dapat dipulihkan dengan bantuan madu dan sari lemon. Madu dikenal dengan kemampuannya melembapkan kulit dan menjaganya dari infeksi, sementara sari lemon mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan bibir. Kombinasi kedua bahan ini merupakan salah satu cara agar bibir tidak hitam.

Begini cara menggunakan madu dan lemon untuk mencerahkan bibir:

  • Siapkan 1 sendok teh (sdt) madu, 1 sdt sari lemon, dan handuk basah;
  • Campurkan madu dan sari lemon, lalu aduk hingga tercampur rata;
  • Oleskan campuran tadi pada keseluruhan bibir sambil lakukan pijatan agar lebih meresap;
  • Diamkan kurang lebih 20 menit sebelum membersihkannya dengan handuk basah;
  • Lakukan cara ini 2-3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

4. Scrub bibir dengan minyak zaitun dan gula

Perawatan bibir menggunakan scrub dapat mengangkat lapisan kulit luar bibir sekaligus mencerahkan bibir yang hitam. Salah satu bahan alami yang cukup ampuh adalah campuran minyak zaitun dan gula. 

Gula sudah terkenal akan kemampuannya sebagai scrub alami yang dapat menghaluskan kulit. Sedangkan minyak zaitun sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit bibir dan membuatnya lebih lembut.

Cara agar bibir tidak hitam menggunakan minyak zaitun dan gula adalah sebagai berikut:

  • Siapkan gula dan mangkuk kecil, lalu tuangkan minyak zaitun sedikit demi sedikit hingga terbentuk pasta yang cukup padat;
  • Oleskan pasta ini pada bibir sambil dipijat perlahan secara melingkar agar scrub gula bekerja mengangkat lapisan kulit. Hindari menggosok terlalu kuat dan lakukan cara ini kurang lebih 2 menit saja;
  • Bersihkan bibir setelahnya dan jangan lupa oleskan lip balm untuk menjaga bibir tetap terlindung dan lembab;
  • Lakukan cara ini 2-3 kali seminggu hingga didapat hasil yang memuaskan.

5. Jangan biarkan bibir kering

Dehidrasi atau terlalu lama terpapar sinar matahari dan angin dapat membuat bibir jadi kering. Keringnya bibir dapat memicu bercak kusam yang menutupi lapisan merah bibir.

Oleh karena itu, selalu gunakan lip balm atau sunscreen khusus bibir saat akan melakukan kegiatan di luar ruangan yang berisiko terkena paparan sinar matahari dan angin. Selain itu, cukupi kebutuhan air agar tubuh tetap terhidarasi. Jangan lupa perbanyak konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air agar bibir tetap sehat terhindar dari dehidrasi.

6. Pilah-pilih kosmetik yang akan digunakan

Kosmetik berkualitas rendah umumnya diproduksi dari bahan yang tidak ramah untuk bibir. Jika digunakan terus-menerus, produk tersebut malah bisa mengubah warna bibir menjadi lebih hitam.

Oleh karena itu, mulailah menyeleksi kosmetik yang Anda gunakan. Pastikan produk perawatan bibir yang Anda pilih sudah teruji kualitasnya agar kesehatan bibir tetap terjaga.

7. Kurangi konsumsi kafein

Kafein memang sangat membantu saat tubuh saat membutuhkan energi lebih untuk terjaga. Namun, efek konsumsi kopi atau teh secara berlebihan dapat jadi pemicu perubahan warna pada bibir.

Kerena itu, sebaiknya hindari konsumsi lebih dari 5 cangkir kopi atau teh sehari, atau Anda dapat mensiasatinya menggunakan pipet agar tidak terkena bibir.

Baca juga: Kopi dan Kafein: Jumlah Aman dan Efeknya Pada Tubuh

8. Gunakan krim pencerah bibir

Banyak orang menyukai cara ini karena dinilai lebih praktis untuk membuat bibir tidak hitam, meskipun harganya tergolong mahal. Produk krim pencerah bibir umumnya juga sudah dilengkapi dengan SPF 15 atau SPF 20 untuk melindungi bibir dari bahaya sinar UV.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yoshimura M, et al. (2005). Inhibitory effect of an ellagic acid-rich pomegranate extract on tyrosinase activity and ultraviolet-induced pigmentation. DOI: (https://doi.org/10.1271/bbb.69.2368)
Skin pigmentation disorders. (2018). (https://medlineplus.gov/skinpigmentationdisorders.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app