15 Cara Alami Menghilangkan Bibir Hitam Paling Ampuh

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 18, 2022 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
15 Cara Alami Menghilangkan Bibir Hitam Paling Ampuh

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Scrub bibir dengan dapat membantu mengikis sel kulit mati di bibir, sedangkan scrub kunyit bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan warna bibir;
  • Tak hanya mampu mencerahkan bibir, mengoleskan madu ke bibir secara rutin juga bisa melembabkan sekaligus membuat tampilan bibir menjadi pink menawan;
  • Raspberry mengandung beragam mineral dan vitamin penting yang bisa membuat tampilan bibir lebih segar. Cocok dibuat scrub bibir;
  • Sensasi dingin dan segar dari timun dapat mencegah pembentukan melanin yang menghitamkan warna bibir;
  • Klik untuk mendapatkan lip balm atau produk perawatan kecantikan lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Setiap wanita pasti ingin memiliki bibir berwarna kemerahan yang teksturnya lembut dan lembab. Akan tetapi, sayangnya, ada banyak faktor yang menyebabkan warna bibir jadi berubah kehitaman dan tampak kurang terawat. Tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bibir hitam secara alami, bahkan bahan-bahannya ada di rumah Anda, lho!

Mengapa warna bibir bisa menjadi lebih gelap?

Gaya hidup seseorang ternyata dapat menjadi salah satu penyebab bibir hitam dan menggelap. Yang paling umum adalah karena paparan sinar UV, kebiasaan merokok, alergi, konsumsi kafein berlebihan, ketidakseimbangan hormon, serta usia. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Bibir via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket bibir hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b16 bibir

Warna bibir juga bisa tampak lebih gelap kalau Anda menderita gangguan medis tertentu seperti anemia, penyakit kuning, dermatitis, lentigo, hingga sianosis. Selain itu, produk kosmetik bibir abal-abal atau yang beraroma terlalu kuat juga bisa membuat warna bibir lebih gelap daripada biasanya.

Baca juga: Tidak Merokok Tapi Bibir Tetap Menghitam? 6 Hal Ini Penyebabnya

Cara menghilangkan bibir hitam secara alami

Kabar baiknya, masalah bibir gelap dan hitam dapat diatasi dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Bahkan, kebanyakan di antaranya mungkin sudah tersedia di rumah Anda.

Berikut beberapa resep mudah untuk menghilangkan bibir hitam secara alami:

1. Scrub gula

Scrub bibir dengan gula bertujuan untuk mengikis sel kulit mati di bibir. Caranya, campurkan 3 sendok gula dengan 2 sendok mentega, lalu gosokkan pasta pekat tersebut ke permukaan bibir.

Tekstur gula yang kasar dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati, sedangkan mentega bekerja dengan meningkatkan warna sekaligus menghaluskan permukaan bibir. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Bibir via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket bibir hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b16 bibir

Supaya warna bibir semakin cerah, lakukan scrub dengan gula ini 2-3 kali seminggu.

2. Scrub kunyit

Selain gula, ada lagi bahan yang bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan warna bibir, yakni kunyit. Caranya mudah, kok. Anda cukup mencampurkan bubuk kunyit dengan sedikit susu sampai terbentuk pasta yang pekat.

Basahi bibir dengan air, lalu gosokkan scrub perlahan dengan bantuan sikat gigi. Setelah pasta kunyit memenuhi permukaan bibir, diamkan selama 2-3 menit dan gosok lagi selama beberapa menit.

Akhiri proses ini dengan menepuk bibir yang sudah mengering. Jika sudah, Anda dapat mengoleskan lip balm supaya bibir tetap lembap dan tidak berubah jadi kehitaman.

3. Perasan lemon

Karena lemon bersifat mencerahkan, buah asam satu ini bisa dipakai sebagai bahan alami yang dapat mencerahkan warna bibir maupun kulit. Setelah memeras lemon, oleskan airnya ke permukaan bibir dan pijat secara merata. Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur.

Selain menggunakan airnya secara langsung, Anda juga bisa mencampurkan lemon dengan gula sebagai scrub. Gosokkan dengan gerakan melingkar agar kulit bibir tidak terluka. Lakukan perawatan ini sebelum tidur dan lihat perbedaannya dalam 1-2 bulan ke depan.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Bibir via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket bibir hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b16 bibir

4. Minyak kelapa

Dalam wadah kecil, campurkan 1 sendok teh (sdt) perasan lemon segar dan minyak kelapa. Setelah tercampur rata, tambahkan 2 sdt gula dan masukkan sedikit demi sedikit hingga terbentuk adonan bertekstur pekat. 

Oleskan pasta tersebut ke bibir, lalu gosokkan dengan gerakan melingkar. Anda bisa menggunakan sikat gigi supaya proses scrubbing berjalan optimal. Setelah selesai, bilas bibir dengan air hangat, lalu aplikasikan lip balm atau lip gloss.

Jika masih ada sisa, pasta tadi bisa disimpan dan bertahan 1 minggu, lho! Cukup pindahkan scrub ke wadah penyimpanan dan simpan dalam lemari es untuk penggunaan selanjutnya.

5. Madu

Madu merupakan bahan alami lainnya yang dapat menghilangkan bibir hitam. Oleskan madu ke seluruh permukaan bibir setiap malam dan biarkan  mengering di bibir sepanjang malam. Tak hanya berpotensi mencerahkan bibir, madu juga bisa melembabkan sekaligus membuat tampilan bibir menjadi pink menawan.

Baca juga: Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Bukan Hanya Dehidrasi Saja

6. Akar bit

Warna ungu yang terkandung dalam akar tanaman bit dapat mengurangi warna gelap pada bibir secara berkala.

7. Lip balm strawberry

Agar memiliki bibir halus, campurkan 1 sendok lumatan strawberry dengan 2 sendok petroleum jelly. Gunakan lip balm ini setiap hari untuk memperoleh bibir berwarna pink.

8. Scrub raspberry

Jika Anda memiliki banyak buah raspberry di rumah, tak ada salahnya menyisihkan sedikit untuk membuat scrub bibir. Raspberry mengandung beragam mineral dan vitamin penting yang bisa membuat tampilan bibir lebih segar.

Cara membuatnya, campurkan raspberry dengan lidah buaya dan madu. Gosokkan pasta ke bibir, lalu bilas setelah 10 menit. Setelah itu, oleskan lip balm supaya tampilan bibir semakin cerah.

9. Minyak zaitun

Kalau tak ada madu atau lemon di rumah, Anda dapat memanfaatkan minyak zaitun. Gosokkan minyak zaitun ke bibir sebelum tidur di malam hari agar tampilan bibir lebih cerah dan mengilap keesokan harinya.

10. Ekstrak mawar

Air mawar yang dicampur dengan madu juga dapat mencerahkan bibir hitam, lho! Anda juga bisa mencoba metode lain, yaitu dengan merendam kelopak mawar ke dalam susu, lalu teteskan sedikit madu, dan aplikasikan adonan ke bibir sebelum tidur.

11. Delima

Kandungan buah delima efektif untuk mencerahkan sekaligus melembabkan bibir. Buat sendiri pasta delima yang terdiri dari lumatan buah delima, air mawar, dan sedikit susu.

Oleskan pasta tadi ke area bibir setiap hari. Cara lainnya, Anda juga dapat mencampurkan jus delima dengan jus akar bit atau wortel untuk mencerahkan bibir secara instan.

12. Timun

Gosokkan potongan timun ke bibir secara rutin setiap malam sebelum tidur. Hal ini akan membuat bibir Anda terasa dingin dan segar sehingga pembentukan melanin yang dapat menghitamkan warna kulit dapat dicegah.

13. Kentang

Sama seperti timun, kentang juga bisa mencerahkan warna kulit bibir yang gelap. Anda tinggal menggosok-gosokkan potongan kentang ke bibir selama beberapa menit. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

14. Minyak almond

Minyak almond dapat melembabkan, melembutkan, sekaligus mencerahkan bibir gelap. Agar lebih efektif, campurkan beberapa tetes minyak almond dengan madu dan gunakan secara rutin.

15. Baking soda

Tambahkan sedikit air dalam baking soda, lalu gunakan sikat gigi untuk menggosokkan adonan ke bibir dengan gerakan melingkar. Setelah itu, oleskan pelembab alami seperti minyak kelapa atau zaitun agar bibir terasa kenyal dan sehat.

Nah, ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bibir hitam. Anda bisa mencobanya satu persatu dan temukan sendiri metode yang efektif untuk mengembalikan warna bibir Anda yang merah merona secara alami. Sudah siap mencobanya?

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yoshimura M, et al. (2005). Inhibitory effect of an ellagic acid-rich pomegranate extract on tyrosinase activity and ultraviolet-induced pigmentation. DOI: (https://doi.org/10.1271/bbb.69.2368)
Skin pigmentation disorders. (2018). (https://medlineplus.gov/skinpigmentationdisorders.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app