7 Makanan Baik untuk Kesehatan Organ Kewanitaan

Dipublish tanggal: Mei 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
7 Makanan Baik untuk Kesehatan Organ Kewanitaan

Menjaga kesehatan tubuh tentunya tidak boleh sembarangan. Sebagai seorang wanita menjaga kesehatan tubuh tidak hanya menjaga kecantikan wajah dan tubuh luar, namun kesehatan organ intim kewanitaan tentunya tidak boleh diabaikan.

 Organ kewanitaan ini seringkali dilupakan perawatannya, padahal organ satu ini tentunya membutuhkan perawatan yang intensif.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Termasuk cara merawat organ kewanitaan adalah dengan memperhatikan asupan makanan keseharian. Lantas, makanan apa sajakah yang harus dikonsumsi? Berikut ulasannya.

1. Yoghurt

Bakteri baik yang secara alami ada di dalam vagina adalah bakteri lactobacilus. Bakteri ini berfungsi untuk mempertahankan pH alami pada vagina. Keberadaan bakteri baik ini juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan jumlah jamur Candida di vagina. 

Normalnya, jamur ini hanya ada dalam jumlah yang sedikit. Namun, jika ada masalah terhadap keseimbangan bakteri baik pada vagina maka dapat menyebabkan jumlah jamur ini meningkat.

Yoghurt secara alami mengandung bakteri baik yang baik bagi tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi makanan maupun minuman probiotik dapat menjauhkan anda dari kondisi di atas.

2. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mencegah kanker dan penyakit lainnya. Namun, menurut penelitian terbaru ditemukan bahwa sering mengkonsumsi bawang putih dapat mencegah pertumbuhan jamur Candida yang tidak wajar pada area vagina. 

Dengan sering mengkonsumsi vagina, anda dapat dijauhkan dari risiko infeksi pada vagina dan juga keputihan yang berlebihan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

3. Ikan

Ikan ternyata sangat bermanfaat untuk wanita, terutama untuk organ kewanitaan. Ikan, bahkan baik untuk meredakan rasa sakit pada perut bagian samping anda. Nyeri ketika haid disebabkan oleh senyawa inflamasi seperti prostaglandin yang  berfungsi untuk kontraksi otot rahim. 

Respon inflamasi ini dapat diredakan dengan mengkonsumsi asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan tuna dan salmon.

4. Tahu Tempe dan Edamame

Tahu dan tempe merupakan makanan murah meriah. Namun, siapa sangka makanan yang berasal dari kedelai ini dapat menyeimbangkan kelembaban vagina . Menurut ahli, DeLucia, bahwa kedelai yang terkandung hawa tempe, edamame, dan tahu mengandung isovlafins yang berperan seperti halnya estrogen

Tingkat hormon estrogen dalam tubuh mempengaruhi tingkat kelembaban vagina. Kelembaban vagina yang tepat akan membantu menjaga organ intim ini lebih elastis karena dilapisi oleh cairan yang pas kadarnya.

Makanan seperti tahu, tempe dan edamame juga memiliki sifat hidrofilik yang dapat memasok banyak kadar air untuk organ kewanitaan. Hal ini akan mencegah organ kewanitaan ini menjadi kering.

5. Nanas

Nanas merupakan jenis buah-buahan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk kesehatan area Miss V. Dengan sering mengkonsumsi buah-buahan kaya serat akan membuat tubuh menjadi sehat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Dengan sering mengkonsumsi buah seperti nanas bahkan dapat membuat aroma dan rasa cairan vagina lebih baik dan sesuai dengan pH alaminya yang asam.

6. Cabai

Cabai tidak hanya dapat menambah rasa pedas yang dapat meningkatkan selera makan, namun juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan organ kewanitaan. Dengan banyak mengkonsumsi cabai bahkan dapat membantu anda menurunkan berat badan. 

Kandungan zat capsaicin yang ada pada cabai akan membantu meningkatkan sirkulasi darah serta merangsang kesehatan vagina.

7. Kacang almond

harus dipahami bahwa kacang-kacangan mengandung lemak baik yang berfungsi untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap sehat. Selain baik untuk kesehatan tubuh, lemak dari kacang-kacangan juga baik untuk menjaga hormon estrogen agar tetap seimbang. 

Dalam kacang almond juga mengandung vitamin B yang dapat mengurangi rasa sakit pada organ intim saat melakukan hubungan seksual.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 Superfoods Women Should Eat. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/10-superfoods-women-should-eat/)
The Six Super Foods Every Woman Needs. WebMD. (https://www.webmd.com/women/features/six-super-foods-every-woman-needs#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app