Ketahui Tips Cara Ajaib Untuk Mengecilkan Lengan

Dipublish tanggal: Feb 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 30, 2019 Waktu baca: 4 menit
Ketahui Tips Cara Ajaib Untuk Mengecilkan Lengan

Apakah diantara Anda ada yang memiliki lengan yang ukurannya relatif cukup besar? Ya walau tidak menimbulkan penyakit, namun lengan yang besar dan bergelambir tentunya akan mengganggu pemandangan mata bukan apalagi lengan ialah salah satu anggota tubuh yang sering terlihat baik untuk wanita maupun pria. 

Banyak model-model pakaian sekarang ini yang fokusnya ialah ‘memamerkan’ kecantikan lengan atau terbuka di bagian lengan. Nah untuk Anda yang mempunyai lengan besar dan bergelambir, pastinya ada rasa kurang ‘pede’ atau percaya diri bukan bila memakai pakaian yang menonjolkan bagian lengan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Disini khusus untuk Anda, akan dibahas mengenai bagaimana cara mengecilkan lengan tanganmu.

Penyebab lengan tangan membesar

Lengan tangan ialah salah satu bagian tubuh yang akan dengan mudahnya membesar begitu berat badan seseorang mengalami kenaikan, namun akan sulit untuk mengecilkannya kembali walau orang tersebut sudah dalam posisi diet atau menurunkan berat badan. 

Lengan besar dan bergelambir umumnya disebabkan karena adanya tumpukan lemak dalam jaringan kulit lengan yang menutupi otot-otot di dalamnya. 

Di dalam lengan manusia terdapat 3 macam otot yaitu otot deltoid, otot trisep dan otot bisep. Ketiga otot ini akan bekerja sama saat kamu menggerakan tanganmu.

Berikut ini ialah tiga penyebab alasan utama mengapa lengan tanganmu bisa membesar:

1. Faktor Lemak Tubuh

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Lengan yang besar dan bergelambir bisa terjadi karena lengan jarang digunakan untuk bergerak dan berolahraga sehingga tumpukan lemak yang ada di lengan makin hari makin menumpuk dan banyak, otot dalam lenganpun menjadi makin lemah karena tidak dipakai dan dilatih dengan baik. 

Hal ini biasanya didorong oleh kenyataan bahwa banyak dari kamu memiliki pola makan dan hidup yang tidak sehat dimana terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, junkfood dan berbagai makanan berlemak lainnya. 

Mulailah ubah gaya hidupmu dengan makan makanan yang sehat serta berolahraga dengan cara melatih otot lenganmu yang akan membantu pembakaran kalori dan lemak pada jaringan kulit di lengan sehingga dipercaya mampu untuk mengurangi tingkat lemak pada lengan. 

2. Faktor Hormonal

Perubahan hormon memang kejadian yang tak terelakan terjadi bagi tubuh manusia terutama bagi wanita.  Produksi hormon testosteron pada wanita  dapat  mengalami penurunan dan kenaikan. 

Namun penurunan hormon testosterin tentunya akan memberi dampak bagi tubuh seorang wanita seperti pembesaran pada lengan tangan. Meski demikian, hormon testosteronpun dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein serta pola hidup sehat dan berolahraga dengan rutin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

3. Faktor Usia

Seiring berjalannya usia seseorang, maka jaringan kulit juga akan mudah untuk mengendur dan tidak kencang lagi sehingga pembesaran lengan dikarenakan faktor usia ialah kejadian yang memang alami terjadi dan tidak dapat dihindari. Cara mengecilkannya pun hanya dengan rutin berolahraga atau dengan bedah atau operasi plastik.

Cara mengatasi lengan yang membesar

1. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami

Lengan tangan membesar biasanya terjadi akibat kenaikan lemak dalam tubuhmu, maka dengan itu Anda dianjurkan untuk dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, protein dan vitamin agar kamu mendapat asupan gizi yang sehat dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang akan membantu proses pengecilan lengan secara efektif.

2. Mengatur waktu makan

Waktu makan yang baik memang kita kenal 3 kali dalam sehari namun untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan dan mengecilkan lengan tahap awal, Anda bisa mengatur waktu makanmu menjadi 5 kali dalam sehari namun dalam jumlah yang sedikit sehingga perut tidak mudah merasa lapar.

3. Melakukan olahraga dan latihan pada lengan

Latihan dan olahraga tentunya sangat dibutuhkan untuk Anda yang ingin mengecilkan lengan tanganmu. Berikut ini ialah beberapa tips berolaharga yang cocok untuk mengecilkan lengan:

  • Push Up
    Ya, tentunya kamu semua sudah mengetahui cara push up bukan. Gerakan dalam push up dipercaya dapat mengecilkan dan mengencangkan otot tanganmu sehingga lemak dan gelambir dalam lengan bisa menghilang secara perlahan bila kamu rutin melakukannya.

    Buat Anda yang baru memulai push up, kamu bisa push up dengan frekuensi yang sedikit dulu di hari-hari awal dan dinaikan di hari hari berikutnya misalnya hari ini push up 20 kali, besok 25 kali, lusa 30 kali dan seterusnya.
  • Lompat Tali
    Cara mengecilkan lengan tangan berikutnya adalah dengan lompat tali. Olahraga simpel ini ternyata terbukti efektif untuk mengecilkan lengan. Tidak hanya lengan, lompat tali juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan paha juga. Lakukan lompat tali setiap pagi. Terus tingkatkan intensitasnya agar lengan semakin cepat mengecil.
  • Menggunakan barbel
    Mulailah dengan menggunakan barbel berukuran 1 kg untuk masing-masing tangan. Lakukanlah beberapa gerakan mudah pada awalnya dengan frekuensi waktu yang singkat dahulu, baru lama-lama waktunya diperpanjang.

    Beberapa gerakan mudah dalam memainkan barbel seperti mengangkat barbel keatas berulang-ulang dengan lenganmu, lalu memiringkan lengan yang sudah memegang barbel secara terus menerus dan cara-cara mudah lainnya. Lakukanlah secara rutin untuk hasil yang lebih cepat. 
  • Berenang
    Pastinya semua dari Anda tentu menyukai olahraga satu ini, walau letih, berenang ialah olahraga yang menyenangkan karena berada di dalam air terbukti membuat tubuh kita akan merasa lebih rileks dan santai.

    Berbagai gaya dalam olahraga berenang seperti gaya kupu-kupu, gaya katak dan sebagainya umumnya menggunakan lengan sebagai sumber tenaganya. Ini menyebabkan lenganmu akan lebih cepat mengecil.

Demikianlah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan tanganmu, ingat hal-hal tersebut tidak bisa hanya satu kali dipraktekan ya, Anda butuh rajin dan rutin dalam menempuh berbagai cara diatas untuk mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Lose Arm Fat: Diet Tips, Workouts and Treatments. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/how-to-lose-arm-fat-3495177)
How to Lose Arm Fat: The Truth. Women's Health. (https://www.womenshealthmag.com/weight-loss/a19992232/arm-fat/)
How to Lose Arm Fat: The Best Arm Workouts to Try. The Healthy. (https://www.thehealthy.com/exercise/how-to-lose-arm-fat/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Panduan Berenang Gaya Bebas Untuk Pemula
Panduan Berenang Gaya Bebas Untuk Pemula

Jika Anda ingin tahu cara berenang gaya bebas untuk berolahraga, atau untuk kompetisi, pelajarilah cara menggerakkan lengan, menendang kaki, dan bernapas dengan benar saat berenang. Berikut pada artikel ini akan membahas panduan cara berenang gaya bebas untuk pra pemula.

Buka di app