6 Bahaya yang Mengintai Wanita Merokok

Dipublish tanggal: Mei 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
6 Bahaya yang Mengintai Wanita Merokok

Saat ini, perokok tidak hanya identik pada pria saja, akan tetapi sekarang ini juga banyak para wanita yang sudah terbiasa dengan kebiasaan merokok. Semua perokok memiliki ancaman kesehatan yang dapat mengganggunya, akan tetapi wanita memiliki risiko yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pria.

6 Bahaya Merokok bagi Wanita

Bagi wanita yang merokok, Anda harus mengetahui 6 jenis bahaya yang dapat mengancam Anda, diantaranya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

1. Merokok dapat meningkatkan penyakit katarak

Katarak merupakan penyakit mata yang mana pada bagian lensa matanya terlihat seperti kabut. Penyakit katarak tidak hanya menyerang bagi perokok aktif saja, akan tetapi para perokok pasif pun juga memiliki risiko serangan penyakit katarak. 

Bagi wanita yang merokok cenderung memiliki peluang serangan penyakit katarak dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok.

2. Merokok dapat menimbulkan penyakit rematik atau rheumatoid arthritis

Penyakit rematik bisa menimbulkan sendi bengkak maupun sendi tubuh akan merasa panas. Penyakit rematik terkadang tidak menimbulkan gejala apa pun, akan tetapi Anda akan merasa sering merasakan sendi nyeri dan kaku. Wanita yang sering merokok bisa meningkatkan serangan penyakit rematik.

Apabila Anda menghentikan kebiasaan merokok, Anda bisa menghindari penyakit rematik. Sedangkan merokok akan mengarahkan pada fungsi imun yang menjadi faktor genetik. 

Kebiasaan merokok memang bisa menghambat aktivitas apapun, karena kesehatan akan terganggu, sehingga hindari kebiasaan merokok agar kesehatan Anda tidak terganggu.

3. Merokok dapat mengurangi kepadatan pada bagian tulang

Merokok bisa menghasilkan radikal bebas berupa molekul yang dapat menyerang pada pertahanan tubuh. Keseimbangan hormon Anda bisa mengganggu kesehatan akibat dari radikal bebas. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Enzim yang dihasilkan hati bisa merusak estrogen, sehingga hal ini akan memicu kehilangan pada kepadatan tulang. Sedangkan estrogen mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan tulang.

4. Menimbulkan depresi apabila tidak sedang merokok

Banyak orang yang menganggap bahwa merokok bisa menenangkan penggunanya. Selain menenangkan, kandungan nikotin yang ada di dalam rokok pun juga bisa menimbulkan efek berupa ketergantungan. Apabila Anda ketergantungan untuk terus merokok dan tidak kesampaian, maka hal ini bisa menimbulkan depresi.

Depresi yang ditimbulkan oleh perokok aktif disebabkan karena adanya perubahan aktivitas neurotransmitter yang ada di dalam otak. Dengan demikian, hal ini akan semakin berpeluang menimbulkan depresi.

5. Merokok dapat menyebabkan penyakit kanker paru-paru

Bagi kaum wanita yang sering merokok, berpeluang memiliki serangan penyakit kanker paru-paru. Sedangkan untuk kanker paru-paru ini pun juga dapat menimbulkan kematian. Penyebab dari kanker paru-paru ini disebabkan karena kanker paru-paru bisa merambat ke wanita yang lebih sering merokok.

Kanker paru-paru inilah yang bisa disebabkan karena penghinaan tembakau dan nikotin yang ada di dalam rokok, sehingga hal ii bisa menimbulkan racun pada saat masuk dalam tubuh.

6. Memiliki siklus haid yang tidak teratur

Selain mengganggu sistem kesuburan wanita ternyata merokok juga memiliki risiko terhadap siklus haid yang tidak teratur. Semakin sering Anda merokok, maka hal ini bisa menimbulkan rasa nyeri pada saat Anda sedang menstruasi.

Seorang wanita memang memiliki anggota tubuh yang berbeda dibandingkan dengan pria. Hal ini dikarenakan seorang wanita memiliki organ tubuh untuk mengandung, sehingga semakin sering Anda merokok, asap dan nikotin akan semakin banyak pula masuk ke dalam tubuh, sehingga hal ini akan berdampak pada kesehatan Anda yang bisa terganggu.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Smoking: A Women’s Health Issue. U.S. Food and Drug Administration (FDA). (https://www.fda.gov/tobacco-products/health-information/smoking-womens-health-issue)
The Unique Dangers of Smoking for Women. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/smoking-womens-health-perspective-3520429)
The Meanings of Smoking to Women and Their Implications for Cessation. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4344676/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app