Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

5 Olahraga Efektif Mengecilkan Perut

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 844.657 orang

Perut rata dan kencang merupakan impian semua orang. Tidak hanya laki-laki, banyak juga perempuan yang menginginkan perut rata. Anda dapat mengecilkan perut dengan berolahraga dengan teratur. Selain itu, melakukan olahraga juga harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan mengatur jumlah kalori yang masuk. 

Melakukan olahraga tanpa mengatur jumlah kalori yang masuk akan membuat otot perut tidak terbentuk. Sebaiknya olahraga dilakukan secara teratur minimal 3 kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit. Berikut beberapa olahraga yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut.

Senam aerobik

Senam aerobik merupakan salah satu olahraga yang dapat membakar kalori secara efektif. Melakukan aerobik secara teratur juga akan membantu Anda mendapatkan perut yang rata. 

Senam aerobik memiliki ritme dan intensitas gerakan yang teratur, sehingga asupan oksigen tidak mudah habis serta kalori dapat terbakar secara lebih efektif. Olahraga ini biasanya dimulai dengan pemanasan, gerakan inti, dan ditutup dengan gerakan pendinginan.

Berenang 

Berenang juga dapat membantu Anda mendapatkan perut yang rata. Hampir sama dengan senam aerobik, berenang juga efektif melakukan pembakaran lemak secara bertahap. 

Berenang merupakan olahraga yang aman dan nyaman, karena tidak membebani kaki untuk menopang tubuh. Oleh karena itu, penderita obesitas sangat disarankan melakukan olahraga renang untuk mengurangi lemak dalam tubuh.

Joging

Olahraga yang paling mudah untuk mendapatkan perut rata adalah joging atau lari santai. Biasakan melakukan jogging setiap hari minimal 30 menit. Melakukan jogging efektif membakar 500 hingga 900 kalori. Jika tidak sempat melakukan jogging, Anda bisa menggantinya dengan naik turun tangga.

Bersepeda

Bersepeda dapat membakar kalori secara bertahap serta membantu mengecilkan perut secara efektif. Bersepeda selama 30 menit efektif membakar hingga 300 kalori. Selain dapat membakar lemak, bersepeda juga dapat melatih otot paha dan tungkai menjadi lebih kuat.

Olahraga otot perut

Olahraga otot perut sangat efektif untuk membakar lemak di perut, sehingga perut akan kencang dan rata. Namun, para wanita kebanyakan takut untuk melatih otot perut. Dikhawatirkan otot perut akan terbentuk dan tampak menonjol. Otot perut pada wanita dilindungi oleh lemak, sehingga otot perut tidak akan menonjol ketika dilatih. Jadi tidak perlu khawatir lagi untuk melatih otot perut Anda. Beberapa olahraga otot perut yang dapat dilakukan antara lain.

Sit up

Sit up merupakan olahraga yang sering dilakukan untuk membentuk otot perut. Olahraga ini dilakukan dengan posisi terlentang dan lutut ditekuk. Kemudian angkatlah tubuh menuju ke lutut dan turunkan kembali tubuh ke lantai secara perlahan. Lakukan gerakan ini dengan melakukan pernapasan secara teratur.

Back up

Back up memiliki gerakan yang berkebalikan dengan sit up. Back up dilakukan dengan posisi tengkurap, kemudian angkatlah badan menuju ke atas. Saat melakukan gerakan ini jangan lupa mengatur pernapasan.

Sikap lilin

Sikap lilin juga dapat dilakukan untuk melatih otot perut. Sikap lilin dilakukan dengan mengangkat kedua kaki ke atas. Kemudian letakkan kedua tangan di pinggang untuk menopang kedua kaki. Tahan posisi ini beberapa detik, kemudian secara perlahan turunkan kaki.

Gerakan bersepeda

Jika tidak memiliki sepeda, Anda dapat melakukan gerakan seolah-olah bersepeda di rumah. Gerakan ini dimulai dengan berbaring di atas matras, kemudian angkat kedua kaki dan gerakkan menyerupai mengayuh sepeda.  Selain efektif melatih otot perut, gerakan ini juga efektif melatih otot paha dan kaki.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit