Makanan dan Diet Sehat

5 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

Mungkin banyak diantara kamu yang pernah terpikir, termasuk juga penulis, “Ada gak ya makanan yang enak tapi bikin langsing?” Kalau dipikir dengan logika pastinya gak ada. Karena makanan untuk kesehatan pun biasanya rasanya agak hambar. 

Namun kini kamu patut gembira karena makanan enak tapi bikin langsing ada di Indonesia. Makanan itu adalah buah semangka. Salah satu artis yang pernah menjalani diet menggunakan buah semangka adalah Nikita Mirzani. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Penasaran kan apa yang membuat buah ini enak tapi bagus untuk diet? Berikut adalah penjelasannya.

Fakta tentang Semangka

Semangka adalah buah berbentuk bulat dengan kulit berwarna hijau muda dengan lurik-lurik berwarna hijau tua. Buah ini memiliki lapisan berwarna putih dan agak keras yang berfungsi melindungi daging buah agar tidak hancur. 

Daging buah semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Umumnya daging buah semangka berwarna merah, namun saat ini ada juga yang berwarna kuning. 

Buah dengan nama latin Citrullus Lanatus ini berasal dari Negara Afrika bagian selatan Gurun Sahara. Tumbuhan semangka merambat dan memiliki dua macam bunga yaitu bunga jantan dan bunga betina. 

Buah semangka kaya akan vitamin dan mineral seperti kalsium, asam folat, vitamin c, dan masih banyak lagi. Kebanyakan orang menyukai semangka tanpa biji, padahal biji semangka dapat diolah dan memiliki rasa seperti kuaci.

Jenis-jenis Semangka

Berdasarkan asalnya terdapat dua jenis buah semangka yaitu semangka lokal dan semangka hibrida. Buah semangka lokal terdiri dari buah semangka Sengkaling dan Bojonegoro. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Semangka ini diberi nama sesuai daerah budidayanya dan keduanya termasuk jenis semangka yang memiliki biji. Semangka Sengkaling dibudidayakan karena bijinya dapat ditanam kembali. Semangka Bojonegoro  dibudidayakan karena bijinya digunakan untuk pembuatan kuaci.

Semangka jenis kedua yaitu semangka hibrida. Semangka jenis ini rata-rata memiliki biji yang cukup sedikit bahkan hampir tidak ada. Semangka jenis hibrida yang dibudidayakan di Indonesia yaitu sweet beauty, golden crown, new dragon, farmer giant, yellow baby dan quality. 

Dari keenam jenis semangka hibrida yang sering kita temui adalah semangka yellow baby dan quality. Semangka yellow baby merupakan semangka dengan jenis berbeda karena memiliki daging buah berwarna kuning. 

Selain itu warna kulitnya juga berbeda dibandingkan kulit semangka lain yaitu berwarna hijau muda dengan corak hijau tua. Sementara semangka jenis quality memiliki ciri khas berat perbuah dapat mencapai 7,5 kg, daging berwarna merah dan tidak berbiji.

Manfaat mengkonsumsi Buah Semangka

1. Mencegah penegangan pada otot

Salah satu kandungan dalam buah semangka yaitu asam amino citrulline bermanfaat dalam mencegah penegangan pada otot. Menurut penelitian, zat ini baik dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dan lemak dalam pembuluh darah

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Hal ini bisa terjadi karena zat tersebut mampu membuang asam laktat penyebab rasa lelah pada tubuh sehingga tubuh mampu beraktifitas kembali. Mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat mencegah aterosklerosis pada jantung dan kaku pada otot.

2. Mengobati Peradangan

Peradangan atau inflamasi yang dimaksud disini contohnya adalah sariawan, amandel, kanker dan sebagainya. Semangka mengandung lycopene yang merupakan obat alami dan paling efektif untuk peradangan dibandingkan karotenoid lain. 

Lycopene merupakan antioksidan yang baik melawan pengaruh buruk yang berasal dari luar tubuh. Kandungan lycopene dalam buah semangka lebih banyak dibandingkan buah lainnya seperti tomat. Jadi wajar saja apabila penderita peradangan akan lebih cepat sembuh dengan mengkonsumsi semangka.

3. Mengatasi dehidrasi

Semangka adalah buah yang sangat dicari di musim panas. Hal ini tidak asing karena mengkonsumsi buah semangka di saat-saat itu merupakan nikmat hakiki. Kandungan air dalam buah semangka melebihi 90%. 

Kandungan air sebanyak ini sangat membantu dalam mengatasi dehidrasi. Mengkonsumsi buah ini saat dehidrasi dapat mengembalikan stamina tubuh sehingga lebih bugar dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

4. Membantu menurunkan berat badan

Pastinya kamu tidak asing lagi jika mendengar diet GM. Buah semangka sering dijadikan pilihan menu ketika menjalani diet GM. Memakan buah semangka membuat kamu mudah kenyang karena kandungan airnya yang cukup banyak. 

Selain mengenyangkan, konsumsi buah ini juga membantu melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya bagus dalam mencegah sembelit.

5. Mengurangi mual-mual pada ibu hamil

Selain lycopene, asam amino dan air kandungan penting lain dalam buah semangka adalah asam folat. Asam folat merupakan komponen penting yang dibutuhkan janin dalam pembentukan sel saraf. 

Apabila kamu sedang merencanakan kehamilan atau sedang hamil, sebaiknya buah semangka masuk ke dalam daftar menu kamu. Kandungan buah semangka juga bagus untuk mencegah keram otot yang sering dihadapi ibu hamil. 

Wajar saja bila buah ini cocok dijadikan salah satu buah untuk rujak karena rasanya yang segar bagus untuk mengurangi rasa mual yang tidak nyaman saat hamil.

Setelah mengetahui manfaat semangka untuk kesehatan dan kecantikan kamu pasti akan menjadikan konsumsi buah ini sebagai rutinitas. Buah ini merupakan jawaban bagi kamu yang selalu bertanya-tanya, “ada gak sih makanan enak tapi bikin tubuh sehat dan cantik?”

Disclaimer:

Isi dari artikel ini adalah manfaat buah semangka secara umum. Sebelum mengikuti saran dalam artikel ini ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau ahli gizi. Hal ini dikarenakan apa yang sesuai dilakukan oleh sebagian orang belum tentu sesuai kamu lakukan.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The wonders of watermelon Health System. Mayo Clinic Health System. (https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/the-wonders-of-watermelon)
7 health benefits of watermelon, according to a dietitian. Well+Good. (https://www.wellandgood.com/good-food/health-benefits-of-watermelon/)
The Health Benefits of Watermelon. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-health-benefits-of-watermelon)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app