Perawatan Tubuh

5 Manfaat Menarik Pijat Payudara Bagi Wanita

Dipublish tanggal: Jul 20, 2019 Update terakhir: Mar 9, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Manfaat Menarik Pijat Payudara Bagi Wanita

Pijat payudara adalah salah satu teknik yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan payudara seorang wanita. Menurut Texas Institute of Functional Medicines, pijat payudara adalah tindakan memijat d payudara secara perlahan, menggunakan tekanan ringan hingga sedang dalam berbagai gerakan pengangkatan dan penekanan yang lembut. 

Manfaat Pijat Payudara

Anda dapat melakukan pijatan payudara pada diri sendiri atau dengan bantuan pasangan. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Tujuan utama melakukan pijat payudara adalah untuk membersihkan racun-racun berbahaya yang mengganggu kesehatan tubuh Anda; Namun, selain itu ada banyak manfaat lain yang didapatkan dari pijat payudara. Berikut adalah 5 manfaat pijat payudara yang mungkin Anda dapatkan :

1. Untuk wanita menyusui

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pijat payudara mungkin memiliki banyak manfaat bagi wanita menyusui. Pijat payudara dapat meningkatkan kualitas ASI ketika dilakukan pada tahun pertama setelah melahirkan. Pijat juga dapat membantu meningkatkan aliran susu. 

Sebuah studi pada tahun 1994 menunjukkan bahwa kombinasi menyusui dan memijat berfungsi untuk mengosongkan saluran susu dan mendorong produksi ASI yang lebih banyak. 

Pijat juga dapat membantu mencegah dan mengobati masalah pasca melahirkan seperti pembengkakan, penyumbatan saluran susu, atau mastitis, dan infeksi jaringan payudara.

2. Identifikasi dini Kanker Payudara

Pemeriksaan payudara sendiri dan pijat adalah cara untuk mengidentifikasi kanker payudara pada tahap paling awal. Menurut sebuah laporan tahun 2011, sekitar 25 persen wanita dapat mendeteksi kanker payudara melalui pemeriksaan sendiri dengan pijat payudara. 

18 persen lainnya menemukan kanker secara tidak sengaja.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mendeteksi kanker pada tahap awal dapat meningkatkan hasil pengobatan, pijat payudara sangat baik untuk dijadikan bagian dari rutinitas Anda.

3. Memperbaiki penampilan payudara

Beberapa orang mencoba memijat payudara sebagai cara untuk memperbaiki penampilan payudara yang kendur. Memijat payudara dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan payudara melalui pijatan. 

Pijat payudara dapat dilakukan menggunakan minyak tertentu, seperti minyak zaitun, dalam upaya membantu meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

Walaupun manfaat pijat payudara dalam memperbaiki penampilan masih diragukan kebenarannya, tetapi dalam satu penelitian, para peneliti menemukan bahwa striae gravidarum - atau yang lebih sering disebut sebagai stretch mark, dapat dicegah dengan memijat kulit dengan menggunakan minyak. 

Sebuah penelitian membagi 2 kelompok wanita hamil. Kelompok wanita hamil pertama diminta untuk menggunakan minyak almond pada tubuh mereka tanpa pijatan, sedangkan kelompok wanita hamil kedua memijat tubuh mereka selama 15 menit sehari menggunakan minyak almond.

Hasil penelitian menunjukan, para wanita yang menggunakan minyak almond dan dipijat memiliki lebih sedikit stretch mark. Walaupun sebenarnya minyak almond sendiri tidak memberikan banyak manfaat.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

4. Manfaat pijat payudara untuk sistem limfatik

Jaringan payudara Anda memanjang sampai ke area di bawah ketiak Anda. Ada banyak kelenjar getah bening di bagian tubuh, pemijatan payudara dapat membantu merangsang sistem limfatik Anda.

Sistem limfatik Anda bertanggung jawab untuk membantu tubuh mengeluarkan racun. Jika Anda telah menjalani operasi pada kelenjar getah bening, Anda mungkin akan mengalami penumpukan cairan limfatik yang disebut lymphedema

Menurut sumber terpercaya, lebih dari 1 dari 5 orang dengan kanker payudara mengembangkan limfedema. Gejalanya meliputi pembengkakan di lengan, payudara, atau dada. Biasanya, hal ini disebabkan oleh operasi atau radiasi. 

Sebuah studi tahun 2004 meneliti kombinasi antara pemasangan bebat tekan dan pijat untuk mengobati limfedema pada payudara. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasangan bebat tekan bersamaan dengan memberikan pijatan pada payudara dapat mengatasi limfedema lebih baik dibandingkan dengan pemasangan bebat tekan saja.

Bahkan jika Anda tidak mengalami lymphedema, pijat payudara dapat membantu membuang racun tubuh yang terperangkap di dalam sistem limfatik.

5. Meredakan nyeri otot

Jika Anda merasa nyeri otot, pijat payudara dapat membantu meredakan ketegangan pada otot dada. Kegiatan tertentu seperti latihan di gym atau olahraga dapat membuat otot dada tegang dan nyeri.

Pijatan pada payudara bisa memberikan efek relaksasi yang lebih lama daripada memijat punggung saja. Faktanya, jika Anda hanya memijat punggung Anda, otak Anda masih akan merasakan ketegangan di dada ketika proses pemijatan selesai. 

Akibatnya, otak akan mengirim sensasi ketegangan pada punggung untuk menyeimbangkan kembali sensasi tegang pada dada.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to use nipple stimulation to induce labor. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322326.php)
Breast Massage: Benefits, How to, for Breastfeeding, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/breast-massage)
Healthy Breasts for Life: Diet, Exercise, Mammograms, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/women/guide/a-lifetime-of-healthy-breasts)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app