3 Alasan Mengapa Anda Harus Menghindari Minum Kopi Saat Perut Kosong

Dipublish tanggal: Jul 2, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 20, 2019 Waktu baca: 3 menit
3 Alasan Mengapa Anda Harus Menghindari Minum Kopi Saat Perut Kosong

Menyeruput secangkir kopi sambil membaca berita terbaru di handphone merupakan hal pertama yang mungkin banyak dilakukan orang setelah bangun tidur di pagi hari. Namun tahukah Anda, kenikmatan minum kopi dengan perut kosong dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan?

Efek minum kopi saat perut kosong

Kopi memiliki manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya untuk mencegah kerusakan DNA. Tetapi, hal ini baru akan bekerja jika Anda telah mengisi perut dengan makanan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi kopi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Alih-alih menyehatkan, minum kopi saat perut kosong malah bisa memicu reaksi berbahaya dalam tubuh. Berikut selengkapnya.

1. Menekan produksi hormon kortisol

Minum kopi dengan perut kosong atau ketika pagi sebelum sarapan dapat merangsang produksi hormon kortisol lebih banyak. Hormon kortisol adalah komponen penting yang memengaruhi jam biologis (ritme sirkadian). 

Jam sikardian merupakan alarm alami tubuh yang berfungsi untuk membantu menentukan siklus tidur (agar terbangun di pagi hari dan menimbulkan rasa mengantuk di malam hari), produksi hormon, pengaturan suhu tubuh, respons kekebalan tubuh dan metabolisme tubuh, serta berbagai fungsi tubuh lainnya.

Di pagi hari, produksi hormon kortisol begitu banyak untuk membangunkan tubuh. Ketika Anda langsung minum kopi setelah bangun tidur, hal ini dapat menyebabkan produksi kortisol semakin banyak dan tubuh akan resisten terhadap kortisol tersebut. 

Artinya, ketika tubuh terbiasa dengan kadar kortisol tinggi dengan minum kopi di pagi hari, maka tubuh Anda jadi kurang berstamina tiap kali Anda tidak minum kopi saat pagi. Hal ini membuat tubuh jadi ketergantungan terhadap kafein

Semakin lama dibiarkan, ketergantungan tubuh akan kafein justru menyebabkan tubuh menjadi kebal terhadap efek kafein. Alhasil, tubuh makin terjebak dengan kebiasaan minum kopi di pagi hari demi membangunkan tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

2. Mudah merasa stres dan cemas

Kafein dalam kopi dapat merangsang sistem saraf jadi lebih aktif. Terlalu banyak minum kopi dapat mempercepat denyut jantung hingga membuat tekanan darah melonjak drastis. 

Di samping itu, minum kopi juga dapat memicu kegelisahan, stres, dan perubahan suasana hati. Lantas, apa hubungannya?

Tingkat serotonin berada pada kadar yang rendah setiap pagi. Serotonin adalah hormon pemicu rasa tenang dan bahagia yang diproduksi otak

Ketika Anda minum kopi saat perut kosong di pagi hari, hal ini bisa memperburuk kondisi emosional Anda. Selain itu, ketika Anda cemas, detak jantung akan semakin cepat sehingga Anda jadi lebih rentan terhadap efek kopi. 

Baca Selengkapnya: Penyebab Jantung Berdebar Sesudah Minum Kopi

Untuk mengatasi bahaya minum kopi saat perut kosong, cobalah sertakan dengan makan sedikit sembari minum kopi. Makanan dapat membantu memberikan efek menenangkan pada sistem pencernaan dan sistem saraf.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

3. Asam lambung naik

Hampir seluruh jenis kopi terbukti dapat merangsang produksi asam di dalam perut, sehingga cairan asam lambung yang ada di dalam perut berada dalam jumlah yang cukup banyak. Tetapi jika perut sudah terisi makanan terlebih dahulu, maka hal tersebut dapat membatasi jumlah asam lambung yang dihasilkan.

Minum kopi saat perut kosong dapat memperbesar efek stimulasi karena tidak ada hal lain dalam proses penyerapan. Sifat korosif kuat yang dimiliki oleh asam lambung dapat merusak lapisan lambung dan menimbulkan iritasi asam lambung, sehingga menyebabkan mulas dan terjadi gangguan pencernaan.

Tips aman jika ingin minum kopi di pagi hari

Nah, sekarang Anda tahu bahwa minum kopi saat perut kosong di pagi hari tidaklah tepat. Namun, jika Anda merasa ada yang kurang lengkap di pagi hari kalau belum menyeruput secangkir kopi, mungkin Anda dapat mengikuti saran berikut ini tanpa harus merasa mulas setelahnya. 

1. Sarapan terlebih dahulu

Usahakan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum minum kopi di pagi hari. Dengan begitu, perut Anda jadi memiliki bahan untuk diolah sehingga asam lambung tidak akan menggerus dinding lambung Anda. 

2. Tambahkan susu

Jika tidak terbiasa sarapan, tambahkan sedikit susu ke dalam kopi hitam Anda. Hal ini dapat membantu menambahkan asupan vitamin dan nutrisi lainnya pada tubuh sekaligus mengurangi efek buruk kafein pada perut kosong.

3. Berikan jeda waktu

Hangatnya kopi di pagi hari akan lebih bermanfaat bagi tubuh jika Anda menikmatinya beberapa waktu setelah bangun tidur. Begitu mata terbuka jangan langsung minum kopi, tetapi berilah jeda satu atau dua jam setelah bangun tidur agar lebih aman.

Baca Juga: Masyarakat Indonesia Doyan 'Ngopi', Tapi Apakah Jumlahnya Sudah Aman?

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tips to Brew Coffee That Won't Irritate Your Stomach. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/coffee-that-wont-cause-stomach-upset-4146967)
Substances Found in Coffee That Irritate Stomach. WebMD. (https://www.webmd.com/digestive-disorders/news/20100322/brewing-gentler-java#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app