Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Fisik

Memahami Jam Biologis Bekerja Tubuh Manusia

Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
Memahami Jam Biologis Bekerja Tubuh Manusia

Setiap orang pada umumnya memiliki rutinitas yang konsisten, ketika rutinitas tersebut berubah maka akan memberikan dampak yang terasa. Contoh sederhana ketika anda bangun lebih siang dari biasanya. Dampak yang akan anda rasakan biasanya akan merasa kesulitan untuk berkonsentrasi sepanjang hari tersebut. 

Hal ini terjadi karena anda tidak mengikuti jadwal kerja biologis dalam tubuh anda. Untuk itu sangat penting sekali bagi anda memahami ritme alami yang ada dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Memahami Jam Biologis Tubuh Manusia

Jam kerja biologis merupakan sebuah ritme sirkadian. Sistem kerja jam biologis ini mengikuti semua perubahan yang terjadi pada aktivitas fisik, perilaku, mental dalam kurun waktu 24 jam. 

Jam biologis ini biasanya dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, selain itu juga diatur oleh faktor alami yang ada di dalam otak manusia. Jam biologis seseorang ini mampu menentukan siklus tidur, suhu tubuh, produksi hormone dan lainnya.

Setiap tubuh manusia ternyata memiliki jadwal-jadwal tertentu saat organ tersebut dapat bekerja secara maksimal atau beristirahat. Apabila anda mampu memahami ritme jadwal jam biologis anda sendiri tentunya sangat baik dalam membantu meningkatkan kualitas kerja anda. Berikut ini ada data sirkulasi tubuh harian manusia selama 24 jam.

Pukul 00.00 – 02.59

Pada jam-jam tersebut ternyata terdapat perubahan hormon dalam tubuh untuk mengirimkan sinyal otak agar anda istirahat. Otak anda akan membersihkan diri dari sisa racun yang tertimbun selama seharian. Anda disarankan untuk tidak makan atau minum karena pada jam tersebut usus sedang proses pembersihan.

Pukul 03.00-05.59

Pada jam tersebut suhu tubuh anda akan ada pada titik terendah. Pada jam ini terjadi pengalihan energi dari menghangatkan untuk fungsi lain seperti memperbaiki kulit atau melawan infeksi.

Pukul 06.00- 08.59

Pada jam tersebut pembuluh darah anda akan menjadi kaku, untuk itu darah anda akan lebih kental. Itu artinya tekanan darah anda pada level tertinggi. Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit jantung untuk menghindari olahraga pada jam tersebut karena rawan menyebabkan serangan jantung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Pukul 09.00 – 11.59

Jam- jam ini merupakan waktu yang paling baik untuk anda bekerja dan beraktivitas. Dalam hal ini tubuh anda sedang memproduksi hormone stress yang bertugas untuk anda lebih waspada.

Pukul 12.00- 14.59

Jam ini merupakan jam yang paling cocok untuk istirahat. Mengingat pada jam tersebut tubuh anda sedang disibukkan dengan sistem kerja pencernaan. Hal ini menyebabkan tingkat kewaspadaan akan semakin menurun.

Pukul 15.00- 17.59

Pada sore hari ini biasanya suhu tubuh akan meningkat. Tentunya bagi anda yang ingin berolahraga, jam ini paling bagus. Kerja jantung dan paru-paru akan lebih maksimal.

Pukul 18.00-20.59

Pada jam ini yang harus anda perhatikan adalah masalah makanan. Pada jam ini disarankan anda untuk tidak makan banyak, karena akan membuat pencernaan anda tidak bekerja dengan baik. pada jam ini hati sedang memaksimalkan untuk memproduksi protein serta tubuh anda akan membersihkan darah dari zat racun.

Dampak Apabila Jam Biologis Terganggu

Apabila jam biologis manusia terganggu maka dapat beresiko munculnya berbagai masalah seperti obesitas, insomnia, diabetes, dan masih banyak lainnya. selain itu apabila jam biologis anda tidak teratur maka dapat menyebabkan resiko daya tahan tubuh melemah. 

Hal ini disebabkan produksi protein yang dibutuhkan tubuh tidak seimbang. Sehingga usahakan agar selalu menepati jadwal yang sudah diatur secara alami oleh jam biologis anda sendiri.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Morning People, Night Owls, and Circadian Rhythms: How Your Body’s Clock Affects You. WebMD. (https://www.webmd.com/sleep-disorders/find-circadian-rhythm)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit