11 Makanan Penyebab Keputihan Menjadi Banyak

Ada banyak sekali faktor penyebab timbulnya keputihan yang berlebihan. Dari segi makanan inilah jenis makanan yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan dalam jumlah yang banyak.
Dipublish tanggal: Jun 17, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
11 Makanan Penyebab Keputihan Menjadi Banyak

Keputihan yang banyak membuat Anda merasa tidak nyaman. Ada banyak sekali faktor penyebab timbulnya keputihan yang berlebihan. Dari segi makanan inilah jenis makanan yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan dalam jumlah yang banyak.

1. Mentimun

Semua orang sudah menanamkan hal ini bawah mentimun berisiko membuat keputihan menjadi banyak. Hal ini karena mentimun memiliki kandungan zat dan senyawa yang dapat membuat produksi hormon estrogen pada wanita meningkat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Jika jumlah hormon ini semakin banyak maka produksi lendir yang keluar pada vagina juga akan semakin banyak.

2. Tape singkong

Makan tape singkong juga dapat membuat tingkat keputihan Anda menjadi semakin parah. Makanan ini dapat membuat produksi lendir menjadi naik. Tidak perlu meninggalkan tape, Anda bisa mengonsumsinya hanya saja dengan jumlah yang tidak berlebihan.

3. Telur

Ternyata telur yang kaya protein dan kalori jika dimakan secara berlebihan dapat membuat jumlah keputihan Anda meningkat. Anda perlu mengontrol jumlah telur yang dimakan setiap harinya. Maksimal hanya boleh 3 sampai 4 telur saja perharinya.

4. Minuman berwarna

Anda perlu mengurangi minum minuman berwarna yang mengandung pewarna dan pemanis buatan. Minuman ini dapat membuat virus dan bakteri di dalam vagina menjadi berkembang pesat. Hal ini yang membuat keputihan meningkat sebagai reaksi menghadapi virus dan bakteri.

5. Nanas

Nanas juga termasuk ke dalam jenis buah yang dapat membuat Anda mengalami keputihan dalam jumlah banyak. Lendir akan keluar dengan banyak jika makan nanas banyak sekali. Bahkan jika sedang hamil nanas dapat membuat Anda berisiko mengalami keguguran.

6. Bengkuang

Selanjutnya, makanan yang harus Anda hindari adalah bengkuang. Jangan makan dalam jumlah yang banyak karena memicu produksi lendir meningkat. Kandungan air di dalam bengkuang membuat lendir di dalam tubuh menjadi lebih banyak.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

7. Udang

Buat Anda yang suka sekali dengan udang jangan makan terlalu banyak karena bisa menyebabkan keluarnya banyak keputihan. Kandungan protein yang tinggi mempengaruhi jumlah keputihan Anda. Jadi kontrollah diri dengan baik saat memakan udang.

8. Makanan Pedas

Makanan pedas juga dapat membuat Anda mengalami keputihan. Solusinya saat sedang makan makanan pedas perlu dinetralisir dengan banyak minum air putih. Terlebih saat sudah mendekati masa menstruasi, Anda harus sangat menjaga makanan yang dimakan.

9. Makanan Kalengan

Selanjutnya makanan yang berisiko membuat Anda mengalami keputihan berlebihan adalah makanan kaleng karena kandungan pengawet yang tinggi. Makanan kalengan bahkan berisiko menyebabkan Anda mengalami penyakit kronis

Sangat disarankan untuk tidak makan makanan kaleng dalam jarak waktu yang dekat.

10. Keju

Keju merupakan jenis makanan yang sering digabungkan dengan yang lainnya seperti buah atau pun roti. Keju memiliki kandungan kalsium yang tinggi dengan manfaat untuk menguatkan tulang. 

Hanya saja jika berlebihan memakannya dapat menyebabkan keputihan Anda menjadi lebih banyak dari biasanya.

yang baik, hanya saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan wanita. Mengonsumsi berlebihan akan keju ternyata bisa menjadi penyebab dari keputihan yang berlebih.

11. Gorengan

Makanan gorengan merupakan jenis makanan yang sangat tidak baik dikonsumsi dalam jumlah banyak. Kandungan minyak di dalam makanan dapat mempengaruhi tekanan darah Anda. Sejalan dengan itu dapat membuat Anda mengalami keputihan yang banyak.

Ini makanan yang harus dihindari karena dapat membuat keputihan menjadi banyak. Anda bisa belajar untuk menguranginya saja. Namun Anda yang bisa menilai sendiri apakah terjadi perubahan pada tubuh. Jika dirasa tubuh sudah tidak sehat jangan dipaksakan untuk tetap makan makanan tersebut.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2017). Cholangiocarcinoma (bile duct cancer). (http://www.mayoclinic.org/bile-duct-cancer/)
Cholangiocarcinoma (bile duct cancer). (n.d.). (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0001336/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app